Resep Gulai Hati Ampela Masakan Padang

Cara memasak gulai hati dan ampela ayam khas Minang, dengan campuran kentang dan pete.

 


Apa kabar, teman-teman?


Hati dan ampela ayam yang diikat dengan usus, biasanya merupakan salah satu menu yang ada di kedai nasi padang. Masakan berkuah santan yang warnanya merah agak oranye karena cabe giling, serta rasanya pun gurih pedas. Tentu pedasnya bisa kita sesuaikan dengan selera masing-masing.


Gulai hati ampela enak untuk dicampur dengan beberapa lauk, maupun sayur lainnya. Bisa dengan daun singkong, yang menjadi khas sayuran Minang. Tapi daun singkong kalau digulai, kuahnya nanti jadi agak-agak encer ya. Kalau mau kuahnya tetap terlihat agak kental, daun singkongnya direbus atau dikukus terpisah aja, trus nanti pas mau makan tinggal diguyur kuah deh.


Kemudian bisa juga dengan terong ungu atau hijau, tinggal dimasak bareng kisaran 15 menit. Mau dicampur dengan jengkol, yang juga merupakan salah satu gulai khas Minang, haha… Rebus dulu jengkolnya kurang lebih 15 menit, geprek sampe merekah, kemudian masak di dalam kuah gulai kisaran 15 menit.


Kali ini, saya memasak gulai hati ampela ayam dengan campuran kentang. Biasanya kayak gulai ayam atau gulai hati ampela gini, memang dicampur dengan kentang. Begitupun dengan dendeng batokok yang biasanya juga dicampur kentang.


Oh ya, kalau teman-teman berencana mau masak dendeng batokok juga, bisa mampir ke link ini ya -) Resep Dendeng Batokok Campur Kentang


Memasak hati ampela, terkadang suka kurang empuk. Biasanya ya karena memasaknya kurang lama. Adapula yang rasa bumbunya kurang meresap, jadinya amis-amis itu. Ini bukan berarti kuah gulainya kurang enak, tapi mungkin waktu memasaknya juga yang terbilang sebentar.


Saya memasak gulai kisaran 30 menit untuk gulai telur dan udang. Sementara untuk gulai hati ampela ini, saya memasaknya kurang lebih 45 menit. Gulai yang dimasak agak lama ini, selain kuahnya mengental dan bumbunya jadi lebih meresap, gulainya juga jadi nggak cepat basi.


Resep gulai udang campur pakis, bisa mampir ke link ini ya -) Resep Gulai Udang Masakan Padang


Kemudian untuk kentangnya, biasanya gulai khas Minang itu kentangnya nggak dikupas. Biar kuah gulainya nggak jadi lodoh juga. Cukup direndam kentang biar tanahnya rontok, kemudian dibersihkan dengan sabuk cuci piring. Jangan pake sabunnya ya, hahahah…


Nggak lupa ampela yang teman-teman gunakan itu udah dibersihkan ya, hahahah…. Eh tapi biasanya kalau kita beli mah udah dibersihin ya. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya…

 


Cara memasak hati ampela campur kentang dan pete, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


10 pasang hati dan ampela ayam

4 buah kentang

1 papan pete

1 liter santan dari 1 butir kelapa

 

2 sdm cabe giling

20 buah cabe rawit hijau, giling kasar

1 ruas ibu jari lengkuas, geprek

8 lembar daun jeruk, buang tulangnya

 

1 lembar daun kunyit, sobek-sobek

1 batang sereh, geprek

1 buah asam kandis

1 sdt garam

½ sdt kaldu bubuk

 

Bumbu gilingnya:

8 siung bawang merah

3 siung bawang putih

½ ruas ibu jari jahe

 

½ ruas ibu jari kunyit

½ sdt lada

1 sdt ketumbar

 


Ini dia cara memasak gulai hati ampela campur kentantang dan pete:


Masukkan santan, bumbu giling, cabe giling, lengkuas, cabe rawit, daun jeruk, daun kunyit, serta sereh. Masak hingga mendidih sembari sering diaduk ya, biar santannya nggak gumpal. Gunakan api sedang aja.


Kalau udah mendidih, masukkan hati dan ampela. Masak dengan api sedang. Aduknya sesekali aja nggak apa-apa.


15 menit kemudian, masukkan kentang. Kentangnya dibelah 2 aja, tanpa dikupas. Bersihkan aja kulitnya dengan sabuk cuci piring.


Kalau udah 30 menit, masukkan pete. Biasanya kalau kuliner Minang ini petenya memang nggak dikupas, cuma dibuang pinggirannya aja. Kalau pete di Jakarta seringkali suka berulat, ini dibelah dua aja. Lanjut masak.


40 menit kemudian, masukkan asam kandis. Masak 5 menit lagi ya.


Jadi total memasak dari mulai hati ampela dimasukkan itu kurang lebih 45 menit.

 


Ini pedasnya sedang, dengan kuah gulai yang agak kental. Kalau teman-teman mau yang lebih pedas, tambahin aja cabe rawit hijau atau pake rawit merah aja. Nggak usah cabe giling lagi, apalagi kalau beli, biasanya asin.


Ini rekaman cara memasaknya ya…



Oke, itu dia resep gulai hati ampela masakan padang, campur kentang dan pete yang saya buat. Moga bermanfaat bagi teman-teman semua ya, terutama penyuka kuliner Minang. Makasih banyak ya udah mampir.

3 comments:

  1. Sbnrnya ga bisa yaa beli rempela thok jgn pake ati 🤣? Di pasar langgananku ga bisa. Soalnya di rumah itu ga ada yg suka ati mba, pada maunya rempelo hahahah. Jadi pasti kalo masak atirempelo bakal sisa semua ati nya 😅

    Aku save dulu, walo kurang yakin kapan mau dimasak. Tapi kalo gulai khas Minang mah, udh dipastikan favoritku. Pokoknya kalo gulai sumatera dijamin enaklah, Krn rempahnya banyak 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah mba Fanni kebalikan keluarga saya. Disini malah ga suka ampelanya xixixixi.. Andai kita tetanggaan kita bisa bagi 2, mba fanni ampelanya saya atinya... Hahahahah

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P