5 Tradisi Unik Perayaan Malam Tahun Baru di Dunia

Ada banyak cara untuk merayakan malam pergantian tahun. Mulai dari liburan, berkumpul, maupun makan malam bersama. Hingga beberapa tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat di berbagai negara. Berikut ini 5 tradisi unik perayaan malam tahun baru, dari beberapa negara di dunia.

 


Apa kabar, teman-teman?


Perayaan malam tahun baru udah dilakukan ribuan tahun yang lalu, oleh bangsa Babilonia yang disusul oleh masyarakat Romawi Kuno, kayak yang udah saya rangkum sebelumnya dalam artikel Tradisi Perayaan Tahun Baru pada Awalnya


Makin ke sini, perayaan malam tahun baru pun dilakukan oleh masyarakat dari berbagai negara. Mulai dari berlibur ke suatu tempat bersama-sama. Adapula yang kumpul keluarga maupun bersama teman-teman, sembari menikmati makan malam dengan kuliner khas tahun baru.


Pada beberapa negara, ternyata ada yang melakukan tradisi unik untuk menyambut malam pergantian tahun. Mulai yang romantis dengan pesta bunga di pantai, adapula pesta lempar piring dan gelas, serta harapan untuk dapat jodoh dan hamil di tahun yang baru nanti. Hemm…


Oh ya, mungkin teman-teman ada yang pingin menyimak proses terjadinya tahun baru Masehi, bisa mampir ke artikel Sejarah Tahun Baru Masehi ya.

 


Berikut ini 5 tradisi unik pada beberapa negara di dunia, saat merayakan malam tahun baru:


 

Lempar Piring dan Gelas ke Rumah Orang


Di Denmark, saat menjelang malam pergantian tahun, pemilik rumah akan menyiapkan piring dan gelas yang udah lama. Buat makan malam? Oww tidakkk… Buat disambitin ternyata, pemirsahhh…


Jadi pas detik pergantian tahun, piring dan gelas beling itu akan disambitin ke pintu rumah kerabat maupun teman-teman. Makin tinggi tumpukan beling, menandakan kalo si empunya rumah merupakan orang yang terkenal.


Lempar piring dan gelas ini bertujuan untuk mengusir roh jahat, serta ngasih keberuntungan di tahun depan nanti.


Selain itu, juga ada tradisi melompat dari atas kursi bareng-bareng. Ini diibaratkan, kalau mereka tuh udah siap untuk melompat pada tahun selanjutnya. Anjayyy... udah kayak lagunya Sheila on 7 aja, haha... Ku siap untuk melompat lebih tinggiii... 

 


Melompati 7 Gelombang di Pantai


Kalau di Brazil, perayaan malam tahun baru berpusat di pantai Copacabana, Rio de Jeneiro. Di sana, masyarakat Brazil akan memakai pakaian serba putih, sebagai tanda kesucian diri. Hemm… kurang lebih sama ya dengan kita.


Pantai Copacabana pun juga akan dipenuhi oleh rangkaian bunga, serta lilin putih – sebagai bentuk penghormatan pada Yemanja, sang dewa air. Harapannya biar kehidupan di tahun baru nanti akan mendapat berkah yang melimpah.


Selain itu, masyarakat Brazil juga akan melompati 7 gelombang sembari menyebutkan 7 permintaan. Kalau misalnya teman-teman ikut melompati 7 gelombang ini, bakalan minta apa? Kalau saya, minta banyak duit tentunya, hahahahah…

 


Menaburkan Garam di Pintu Rumah


Masyarakat Turki juga punya tradisi unik saat perayaan malam tahun baru. Begitu masuk detik pergantian tahun, mereka akan membuka pintu rumah dan menaburkan garam.


Harapannya tentu juga untuk mendapat keberuntungan dan kelimpahan rezeki pada rumah tersebut, di tahun yang baru nanti.

 


Meletakkan Bunga Enteng Jodoh di Bawah Bantal


Saat perayaan malam tahun baru, pada gadis Irlandia akan mengambil bunga mistletoe - semacam tumbuhan parasit untuk ditarok di bawah bantal. Dengan tidur menggunakan bantal yang di bawahnya ada bunga tersebut, nantinya anak gadis akan menjumpai calon suami di tahun yang baru – walau cuma dalam mimpi.


Ehh… jangan cuma di dalam mimpi aja ya, yesss… Harus beneran ketemu dong di tahun baru nanti, hahahah…

 


Memakai Celana Dalam Merah


Ya ampun ini ada-ada aja deh, hahaha… Jadi di Italia tuh kalau pas perayaan malam tahun baru, mereka akan memakai celana dalam merah. Warna itu dianggap sebagai pelambang kesuburan. Jadi harapannya di tahun baru nanti, para pejuang garis dua akan segera hamil.


Adududuwww… seru juga ya. Moga teman-teman yang para pejuang garis dua di sini, juga diberikan buah hati di tahun baru nanti.

 

 

Oke, itu dia 5 tradisi unik saat perayaan malam tahun baru, pada beberapa negara di dunia. Moga bisa menambah wawasan teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir.

1 comment:

  1. Mom maaap nih mba, yg perayaan no 1, lempar Piring gelad kaca ke pintu rumah orang, yg bersiin belingnya ntr siapeee 不不不不.

    Nyebelin banget pas bersihinnya itu. Dikira beling enak bersihinnya 不

    Aku tuh udh lama ga ngerayain THN baru. Kayak ya pas masih pacaran trakhir deh. Eh ga Ding, 2012 masih, trus itu trakhir. Capeeeek, kena macet di jalan, hujan pula. Pernah ngerasain tidur di mobil karena ga bisa gerak kawasan ke Bandung.

    Pernah juga tidur di basement parkiran gedung, gara2 again, mobil ga gerak mau kluar.

    Jadi memang uh kapok.

    Palingan pas ke US kemarin juga aku ga enjoy kan. Basah, dingin, jorok, ga ada yg bisa dilihat, boro2 kembang api.

    Mending tidur di rumah 不

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P