Resep So Good Shrimp Wonton Kuah Cuko

Resep So Good Shrimp Wonton Kuah Cuko

Apa kabar, teman-teman?

Selain sambal kacang, kuah cuko merupakan salah satu kuah atau saya menyebutnya sejenis sambal, yang selalu ada sebagai pendamping gorengan takjil. Kalau ngomongin takjil dan juga menu masakan rumah khas Ramadan, pada postingan sebelumnya saya juga udah berbagi cerita. Mungkin teman-teman juga mau mampir di:





Kuah Cuko

Bagi teman-teman yang juga penyuka kuliner khas Palembang, yaitu pempek, pastinya udah hapal banget ya dengan yang namanya kuah cuko. Kuah berwarna coklat kehitaman untuk disantap bersama pempek.

Saya pernah baca kalau katanya kuah cuko yang asli itu, untuk rasa asamnya nggak menggunakan cuka, cukup dengan asam jawa aja. Tapi biasanya cuka juga digunakan untuk makin memperkuat rasa asam pada kuah cuko.

Mana yang lebih enak? Kalau buat saya sih sama aja, haha... Cuma mungkin, ketika kuah cuko dimakan untuk sarapan atau pendamping takjil, rasanya lebih baik yang nggak menggunakan cuka, kayak yang saya masak ini.

Untuk rasa yang makin enak, memasaknya ini mesti sampai agak kental. Jangan cuma sekedar mendidih aja. Penggunaan ebi juga bisa bikin rasa kuah cuko jadi makin mantap.

Kalau di rumah kami, kuah cuko yang rasanya gurih agak pedas ini juga bisa kami santap bersama gorengan, atau bahkan mie dan bihun goreng.


So Good Shrimp Wonton Soup

So Good Shrimp Wonton Soup
So Good Shrimp Wonton Soup
Selain bakso dan juga sosis, So Good ternyata juga punya Shrimp Wonton Soup, alias pangsit udang. Ini cara masaknya pun sama dengan bakso dan juga sosis soup, yaitu tinggal didihkan air, masukkan bahan-bahan lantas masak sekitar 5 menit, abis itu bisa dinikmati dengan bumbu instant-nya.

Pas ke Giant dan melihat So Good Shrimp Wonton Soup lagi, saya pun jadi kepikiran untuk memasak pangsit udang ini dengan kuah cuko, sebagai takjil.

Oh ya, kalau di keluarga kami, menyantap menu pedas sebagai takjil memang udah biasa, haha... Cuma memang, kadar pedasnya dikurangi.

Bagi saya, kenapa pingin menyantap lagi So Good Shrimp Wonton Soup ini?

Porsinya pas. Dalam satu bungkus ini isinya ada 6 dengan ukuran yang sedang. Jadi ini cukup kenyang kok, apalagi kalau dicampur dengan sayuran lainnya macam jagung atau wortel.

Kulit pangsitnya tebal, jadi ketika dimasak nggak cepat hancur, kecuali mungkin kalau diaduk dengan penuh semangat ya, haha...

Ada udangnya yang utuh, bukan udang cincang.

Udah ada bumbu instant-nya. Ini sangat memudahkan, jadi saya nggak perlu bikin bumbu sup lagi.

Selain praktis dan rasanya pun enak, kadar aman serta gizinya tentu juga harus kita perhatikan ya. Label Halal MUI dan juga izin BPOM pastinya udah dimiliki oleh semua produknya So Good. 

Kalau untuk kadar gizi, kita-kita bisa langsung mengeceknya pada web-nya So Good nih, di -> sogood.id

Pic: sogood.id
Yuk sekarang kita mulai masak-masaknya. Oh ya, kalau di sini saya menggunakan 2 kantong So Good Shrimp Wonton, karena memang untuk dimakan bareng-bareng. Kalau teman-teman mau masak 1 kantong aja juga bisa, lalu sisa kuah cukonya bisa disimpan di kulkas untuk masak selanjutnya. Asal jangan kelaman aja ya, hehe...


Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

2 kantong So Good Shrimp Wonton Soup
5 sdm gula merah, pilih yang warnanya agak kehitaman
1 sdm asam jawa

500 ml air
Bumbu So Good Shrimp Wonton Soup


Bumbu gilingnya:

1 bawang putih
3 cabe rawit hijau
2 cabe rawit merah
1 sdt ebi


Lalu ini cara memasaknya ya...

Masukkan air, asam jawa, dan juga gula merah pada panci. Didihkan sembari diaduk. Kalau semuanya belum merata, bisa gunakan api pelan aja dulu, lalu naikkan ke api sedang.

Setelah mendidih, masukkan bumbu giling. Masak hingga kuah agak mengental. Jangan langsung jadi sedikit juga, karena kuah ini nanti akan digunakan untuk memasak Shrimp Wonton-nya. Pastinya akan meresap dan jadi lebih sedikit kuahnya.

Masukkan bumbu So Good Shrimp Wonton Soup. Jadi rasa garam dan juga gurihnya dari bumbu ini. Mungkin teman-teman juga perlu tambahan garam lagi kalau diperlukan.

Cobain ya rasa asam dan juga manisnya. Kalau rasanya masih kurang, teman-teman bisa tambahkan asam jawa dan gula merah lagi.

Saring kuah biar terpisah dari bumbunya.

Masukkan So Good Shrimp Wonton Soup ke dalam wajan, masukkan kuah cuko. Didihkan hingga Shrimp Wonton matang mengembang. Ini kurang lebih cuma 5 menit.

Masukkan bubuk cabe dari So Good Shrimp Wonton-nya.

Resep So Good Shrimp Wonton Kuah Cuko
So Good Shrimp Wonton Kuah Cuko

Cara masaknya juga bisa dilihat di video yang saya buat ini ya:


Kuah cuko yang saya masak ini rasanya nggak begitu pedas. Teman-teman tinggal atur aja ya penggunaan cabenya. Disantap bersama So Good Shrimp Wonton Soup pastinya makin mantap.

So Good Shrimp Wonton Soup ini saya beli di Giant seharga 15 ribu, untuk ukuran 84 gram. Satu kantong isinya ada 6 buah.

Mampir juga di resep masakan saya lainnya di -> Olahan So Good 

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba ya...


Tulisan ini merupakan materi lomba resep #MasakanRumahKhasRamadan yang diadakan oleh So Good bersama Blogger Perempuan Network

#SoGoodXBPN #LebihBaikSoGood

16 comments:

  1. Wah aku baru tahu yang produk ini mbak. Beneran komplit ya varian so good

    ReplyDelete
  2. Udang dan petis perpaduan yang bikin laper

    ReplyDelete
  3. Aku juga baru tahu klo ada produk pangsit udang dr so good.. sering ketemunya nugget sama ayam itu soalnya..

    Kmu mah kreatif nit..pangsit yang biasanya ketemu sm bakso...kmu temuin sm kuah mpek2..

    ReplyDelete
  4. Dan aku jd tahu kalo bikin cuko itu segampang ini huahahaha.. Kirain susah loh.. Siiip mba. Aku jd pgn beli wantonnya. Kayaknya memang lbh enak dijadiin kuah cuko drpd sop biasa

    ReplyDelete
  5. Waaah alternatif lain pengganti yg kangn mpek2. Btw.. di Palembang mah buat sarapan pagi, ta. Waktu ade ke rmh saudara di muara enim, pagi2 dikasih sarapan cuko plus mpek2nya pasti.

    Tapi ini cukonya dikasih bumbu instan dr so goodnya ya? Jadi kepo mau tcoba ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena wontonnya ini ada bumbu instant-nya, jadi sekalian dipake aja. Kalau Ummi nggak mau pakai, bisa pakai garam aja. Nanti bumbu instant-nya buat bikin sup :D

      Delete
  6. Wah keren perpaduan Indonesia dan china. Tidak perlu susah lagi nih lipet lipet kulit.

    ReplyDelete
  7. Duh baca ini aku langsung mupeng pengin makan pempek hahaha. Btw, agak susah yaa dapetin ya wonton itu...aku ngidam2 pingin nyicipin lhoo. Nice recipe Mbaa...aku mau niru bikin kuah cukonya, ah.

    ReplyDelete
  8. Ternyata pakai gula merah ya kuah Cuko itu. Kemana saja diriku haha. Btw So Good banyak juga varian nya. Ga cuma sekedar nugget atau bakso ya. Sebagai penggemar makanan praktis olahan siap saji, suka dengan resep yang disuguhkan. Gampang dan praktis untuk ditiru. Ikutan nyoba ahh.. harganga juga terjangkau sama kayak seporsi bakso xixi

    ReplyDelete
  9. Kok gak kepikiran bikin kayak gini ya? Saya suka mati gaya kalau masak So Good yang varian wounton ini. Hmm, bener juga dikassih kuah cuko pasti lebih nendang

    ReplyDelete
  10. Selama ini kalau makan pempek saya paling suka kuah cukanya hehe, pempeknya suka juga tapi masih lebih suka kuahnya, segerr..

    Cocok nih mbak, pangsit So Good disiram kuah cuka khas pempek, apalagi pedesnya kerasa, bakalan keringetan dan huhah huhah. Jangan lupa irisan mentimunnya yang banyak yaa.. :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tinggal dibikin pedes aja nih mba :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P

Mohon maaf untuk menghindari serangan spam anonymous, komen cuma bisa untuk akun yang punya G+ ya :)