Resep So Good Shrimp Wonton Kuah Cuko

Resep cara membuat So Good Shrimp Wonton Kuah Cuko

Apa kabar, teman-teman?

Selain sambal kacang, kuah cuko merupakan salah satu kuah atau saya menyebutnya sejenis sambal, yang selalu ada sebagai pendamping gorengan takjil. Kalau ngomongin takjil dan juga menu masakan rumah khas Ramadan, pada postingan sebelumnya saya juga udah berbagi cerita. Mungkin teman-teman juga mau mampir di:




Kuah Cuko

Bagi teman-teman yang juga penyuka kuliner khas Palembang, yaitu pempek, pastinya udah hapal banget ya dengan yang namanya kuah cuko. Kuah berwarna coklat kehitaman untuk disantap bersama pempek.

Saya pernah baca kalau katanya kuah cuko yang asli itu, untuk rasa asamnya nggak menggunakan cuka, cukup dengan asam jawa aja. Tapi biasanya cuka juga digunakan untuk makin memperkuat rasa asam pada kuah cuko.

Mana yang lebih enak? Kalau buat saya sih sama aja, haha... Cuma mungkin, ketika kuah cuko dimakan untuk sarapan atau pendamping takjil, rasanya lebih baik yang nggak menggunakan cuka, kayak yang saya masak ini.

Untuk rasa yang makin enak, memasaknya ini mesti sampai agak kental. Jangan cuma sekedar mendidih aja. Penggunaan ebi juga bisa bikin rasa kuah cuko jadi makin mantap.

Kalau di rumah kami, kuah cuko yang rasanya gurih agak pedas ini juga bisa kami santap bersama gorengan, atau bahkan mie dan bihun goreng.

So Good Shrimp Wonton Soup


So Good Shrimp Wonton Soup
So Good Shrimp Wonton Soup
Selain bakso dan juga sosis, So Good ternyata juga punya Shrimp Wonton Soup, alias pangsit udang. Ini cara masaknya pun sama dengan bakso dan juga sosis soup, yaitu tinggal didihkan air, masukkan bahan-bahan lantas masak sekitar 5 menit, abis itu bisa dinikmati dengan bumbu instant-nya.

Pas ke Giant dan melihat So Good Shrimp Wonton Soup lagi, saya pun jadi kepikiran untuk memasak pangsit udang ini dengan kuah cuko, sebagai takjil.

Oh ya, kalau di keluarga kami, menyantap menu pedas sebagai takjil memang udah biasa, haha... Cuma memang, kadar pedasnya dikurangi.

So Good Shrimp Wonton Soup ini porsinya pas. Dalam satu bungkus ini isinya ada 6 dengan ukuran yang sedang. Jadi ini cukup kenyang kok, apalagi kalau dicampur dengan sayuran lainnya macam jagung atau wortel.

Kulit pangsitnya tebal, jadi ketika dimasak nggak cepat hancur, kecuali mungkin kalau diaduk dengan penuh semangat ya, haha... Plus ada udangnya yang utuh, bukan udang cincang. Udah ada bumbu instant-nya. Ini sangat memudahkan, jadi saya nggak perlu bikin bumbu sup lagi.

Selain praktis dan rasanya pun enak, kadar aman serta gizinya tentu juga harus kita perhatikan ya. Label Halal MUI dan juga izin BPOM pastinya udah dimiliki oleh semua produknya So Good. 

Kalau untuk kadar gizi, kita-kita bisa langsung mengeceknya pada web-nya So Good nih, di -> sogood.id

Pic: sogood.id
Yuk sekarang kita mulai masak-masaknya. Oh ya, kalau di sini saya menggunakan 2 kantong So Good Shrimp Wonton, karena memang untuk dimakan bareng-bareng. Kalau teman-teman mau masak 1 kantong aja juga bisa, lalu sisa kuah cukonya bisa disimpan di kulkas untuk masak selanjutnya. Asal jangan kelaman aja ya, hehe...

Cara membuat So Good Shrimp Wonton Kuah Cuko, bahan-bahan yang perlu disiapkannya adalah:

2 kantong So Good Shrimp Wonton Soup
5 sdm gula merah, pilih yang warnanya agak kehitaman
1 sdm asam jawa

500 ml air
Bumbu So Good Shrimp Wonton Soup


Bumbu gilingnya:

1 bawang putih
3 cabe rawit hijau
2 cabe rawit merah
1 sdt ebi

Lalu ini cara memasak So Good Shrimp Wonton Kuah Cuko ya...

Masukkan air, asam jawa, dan juga gula merah pada panci. Didihkan sembari diaduk. Kalau semuanya belum merata, bisa gunakan api pelan aja dulu, lalu naikkan ke api sedang.

Setelah mendidih, masukkan bumbu giling. Masak hingga kuah agak mengental. Jangan langsung jadi sedikit juga, karena kuah ini nanti akan digunakan untuk memasak Shrimp Wonton-nya. Pastinya akan meresap dan jadi lebih sedikit kuahnya.

Masukkan bumbu So Good Shrimp Wonton Soup. Jadi rasa garam dan juga gurihnya dari bumbu ini. Mungkin teman-teman juga perlu tambahan garam lagi kalau diperlukan.

Cobain ya rasa asam dan juga manisnya. Kalau rasanya masih kurang, teman-teman bisa tambahkan asam jawa dan gula merah lagi.

Saring kuah biar terpisah dari bumbunya.

Masukkan So Good Shrimp Wonton Soup ke dalam wajan, masukkan kuah cuko. Didihkan hingga Shrimp Wonton matang mengembang. Ini kurang lebih cuma 5 menit.

Masukkan bubuk cabe dari So Good Shrimp Wonton-nya.

Resep cara membuat So Good Shrimp Wonton Kuah Cuko
So Good Shrimp Wonton Kuah Cuko

Cara masaknya juga bisa dilihat di video yang saya buat ini ya:


Kuah cuko yang saya masak ini rasanya nggak begitu pedas. Teman-teman tinggal atur aja ya penggunaan cabenya. Disantap bersama So Good Shrimp Wonton Soup pastinya makin mantap.

So Good Shrimp Wonton Soup ini saya beli di Giant seharga 15 ribu, untuk ukuran 84 gram. Satu kantong isinya ada 6 buah.

Mampir juga di resep masakan saya lainnya di -> Olahan So Good 

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba ya...
nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.