Resep Semur Betawi Hati Sapi

Cara memasak Semur Betawi Hati Sapi. Resep olahan hati sapi.

Resep Masakan Betawi
Semur Betawi Hati Sapi
Apa kabar, teman-teman?

Karena tinggal di lingkungan Betawi, jadi kami memang cukup familiar dengan masakan Betawi. Dulu di sekitar rumah ini rasanya ada beberapa yang berjualan masakan Betawi. Menu yang dijual salah satunya ya Semur Betawi – potongan daging sapi yang dimasak dengan kuah kecap serta beberapa bumbu rempah.

Nggak cuma daging sapi aja, terkadang Semur Jengkol Betawi juga ada. Mau yang harga lebih ekonomis atau untuk variasi makan aja, potongan tahu, tempe, serta telur pun juga enak untuk dimasak dengan bumbu semur.

Kali ini saya berbagi resep masakan Semur Betawi olahan hati sapi ya. Mungkin bisa untuk variasi masakan selain Semur Betawi Daging Sapi.

Kalau dibandingkan dengan daging sapi, hati sapi memang lebih cepat empuknya. Makanya penggunaan air pun dikurangi. Lalu untuk kecapnya, pilih kecap yang warnanya lebih kehitaman. Biasanya saya bikin semur kalau pas ada kecap kampung. Ada yang homemade dan kemasan juga yang diproduksi di kampung. Tapi kalau lagi nggak ada sih, saya pake kecap Bango aja, karena warnanya cukup hitam.

Untuk memasak Semur Betawi Hati Sapi ini, saya lihat resepnya di web Sajian Sedap. Tapi ada beberapa bahan yang saya tambahkan dan kurangi, untuk menyesuaikan selera aja. Saya juga menambahkan sedikit gula merah, biar kuahnya terlihat mengental dan untuk rasa manisnya juga. Lalu saya tambahkan irisan cabe merah juga biar masakannya kelihatan lebih berwarna, hehe...

Cara membuat Semur Betawi Hati Sapi, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

500 gram hati sapi
1 buah tomat, belah empat, iris
1 batang daun bawang, iris

3 lembar daun salam
Sedikit kayu manis
2 sdm gula merah (+_ 1 bonggol kecil)

5 sdm kecap manis
1 liter air (+_ 5 gelas sedang)
Secukupnya minyak goreng


Bumbu gilingnya:

5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
½ sdt lada

1 sdt ketumbar
3 buah cengkeh
½ bulatan biji pala

¼ sdt jinten
2 buah kemiri, gongseng
½ ruas ibu jari jahe
Secukupnya garam

Lalu ini ya cara memasak Semur Betawi Hati Sapi:

Potong-potong hati sapi, lalu cuci dan tiriskan.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu giling, tomat, daun bawang, daun salam, dan kayu manis. Tumis hingga harum.

Masukkan air, kecap, dan gula merah. Didihkan.

Masukkan hati sapi. Masak dengan api sedang hingga kuah terlihat mengental.

Resep Masakan Betawi
Semur Betawi Hati Sapi
Hati sapi empuknya lebih cepat ketimbang daging sapi. Jadi memasak dengan api sedang nggak apa-apa. Lalu kalau untuk menggunakan kecapnya, bisa masukkan per-satu sendok dulu. Kadang ada kecap yang digunakan 3 sendok aja, warna kuahnya udah kelihatan hitam.

Karena pake lada, jadi Semur Betawi Hati Sapi yang saya buat ini ada sedikit rasa pedasnya. Rasa rempahnya berasa, dan karena dimasaknya agak lama sampe kuahnya mengental, jadi hati sapinya ini nggak berasa amis.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-
teman ya.

Mampir juga di resep olahan daging sapi saya lainnya...
nita lana faera
nita lana faera

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

1 comment:

  1. Halooo Mizz Nita apa kabar? Wah, tau2 ada menu berwarna hitam ternyata olahan hati sapi ya. AKu sih ga doyan makan hati hewan hihihii :D Pakai kayu manis juga ya biar aromanya makin sedap. Kecap kampung emang enak banget kok. Namanya buatan rumahan pasti spesial rasanya. Emang sih kalah merek dengan yang di iklan tapi bisa bikin masakan maknyus!

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P