Rekomendasi Kecap untuk Semur Betawi

Semur Betawi terkenal akan kuahnya yang kental, warnanya yang hitam pekat, serta bumbu rempahnya yang berasa. Selain menggunakan beberapa rempah dan dedaunan, pemilihan kecap juga nggak kalah penting, untuk menghasilkan rasa yang pas. Berikut ini rekomendasi kecap yang saya gunakan untuk memasak semur betawi. Mulai dari kecap lokal yang sering digunakan oleh orang Betawi, hingga brands yang udah terkenal secara nasional.

Apa kabar, teman-teman?


Bertahun-tahun tinggal di lingkungan Betawi, bikin saya jadi terbiasa dengan beberapa masakan Betawi. Salah satunya adalah semur betawi. Dulu di dekat rumah kami, ada Enyak atau ibu-ibu yang berjualan masakan betawi, bermodalkan meja makan aja yang digelar di depan rumah. Adapula Enyak yang ruang tamunya disulap menjadi semacam mini kedai masakan betawi. Jadi kami bisa santap langsung, layaknya makan di warteg.


Semur betawi umumnya terbuat dari olahan daging sapi. Seiring waktu, variasi masakan pun diciptakan, hingga jadilah semur betawi ada yang dari olahan ayam, telur, tahu, hingga semur jengkol yang juga nggak kalah ngetopnya, haha...


Semur betawi terkenal akan kuahnya yang kental. Selain itu, warna kuahnya juga hitam medok. Ada juga yang memasak semur betawi dengan warna kuah yang coklat kemerahan. Ini bisa karena semur pedas, atau jenis kecap yang digunakannya kurang hitam. Cuma tetap kuahnya mengental.


Selain itu, semur betawi juga punya rasa rempah yang cukup berasa. Ini perpaduan dari bumbu rempah yang digiling, dengan penggunaan kecap yang berempah. Jadi kecapnya bukan cuma sekedar hitam dan manis aja. Pemilihan kecap ini juga yang membantu kuah semur betawi jadi mengental, walau kalau saya dan beberapa orang juga tetap menambahkan gula merah untuk mengentalkan kuahnya.


Orang Betawi biasanya menggunakan kecap kampung, yang dijual dari mulut ke mulut. Kalau udah nggak tinggal di lingkungan Betawi, tentu ini menyulitkan, haha... Tapi ada juga orang Betawi yang menggunakan kecap lokal, yang tentunya lebih mudah didapat di pasaran.


Emang apaan bedanya, Nit, kecap kampung sama kecap lokal? Kalau kecap kampung ya dibuat dalam kalangan terbatas aja. Sedangkan kecap lokal udah diproduksi secara pabrikan, cuma biasanya masih terkenal dalam daerah itu aja.


Memasak semur memang terbilang gampang. Tapi terkadang ada aja yang bertanya, “Kenapa semur betawi yang saya masak, kuahnya nggak bisa hitam?” Atau, “Kenapa semur betawi yang saya buat, kuahnya encer banget?” Adapula yang nanya, “Kenapa semur betawi yang saya buat, bumbu rempahnya kok kurang berasa?”


Jadi selain takaran bumbu rempah, pemilihan kecapnya juga mesti diperhatikan ya. Ini dia beberapa kecap yang sering saya gunakan untuk memasak semur betawi. Saya urutkan dari yang paling sering saya gunakan ya. Karena kalau kecap yang 1 susah didapat, tentu harus nyari kecap penggantinya, kan.

 


Pilihan Kecap Manis untuk Memasak Semur Betawi:

 


Kecap Cap Bebek


Setelah googling dan belum dapat jawaban yang pas, saya pun seaching di instagram. Dari beberapa kecap kampung yang dijual, saya mendapati seseorang yang post kalau dia dikirimin kecap lokal, yaitu kecap cap Bebek sama ibunya, untuk stok memasak semur betawi.


Saya pun searching kecap cap Bebek ini. Beruntunglah ada Shopee, Tokopedia, dan sejenisnya, haha... Saya yang udah tinggal di kampung ini, jadi tetap bisa belanja di Bekasi. Dua kecap kemasan refill 520 ml itu akhirnya tiba juga... Beli langsung sekalian 2, biar nggak berasa mahal ongkirnya, haha...


Kecap cap Bebek ini diproduksi oleh perusahaan kecap Jaya Sari di Bekasi, Jawa Barat. Ini salah satu brand kecap yang legendaris, sejak tahun 1945. Wehhh... berbarengan dengan Indonesia merdeka, yakkk...


Kecap cap Bebek punya label Halal MUI dan izin P-IRT. Kemasannya ada botol besar berkaca, saya nggak tau ya berapa mililiter. Lalu ada yang refill kemasan plastik 520 ml, kayak yang saya beli. Kemudian ada yang kemasan botol kecil plastik 140 ml.


Ternyata pas saya googling lagi, ada juga Chef yang merekomendasikan, kalau kecap lokal Bekasi yang gambarnya entog, ini enak untuk memasak semur betawi.


Kecap cap Bebek bisa dilihat di link ini ya -) Kecap Cap Bebek

 


Kecap Tjap Ikan Lele


Walaupun kecap lokal dari Jawa, tapi warnanya juga hitam medok dengan rempah yang berasa. Jadi enak juga untuk memasak semur betawi. Pertama kali tau kecap cap Ikan Lele ini, dikasih seseorang pas pulang kampung.


Kecap cap Ikan Lele ini diproduksi oleh Nj. Go Tjwan Hok di Pati, Jawa Tengah. Ini brand kecap legendaris juga, yang diproduksi sejak tahun 1954. Kecap cap Ikan Lele juga punya izin P-IRT nya. Oh ya, kecap ini juga bisa dibilang salah satu rekomendasi oleh-oleh ya...


Berbarengan dengan info kecap cap Bebek juga, Chef tersebut juga merekomendasikan kecap cap Ikan Lele ini untuk masakan yang berkuah.


Kecap cap Ikan Lele ini kemasannya lebih bervariasi. Ada yang kemasan botol kaca 600 ml. Kemasan refill plastik 680 dan 340 ml. Kemasan botol kecil plastik 200 ml. Serta kemasan sachet plastik 50 ml.


Waktu itu saya pake yang kemasan sachet ini sebanyak 2 sachet rasanya. Uwww... semurnya langsung item melekot, haha...


Kecap cap Ikan Lele bisa dilihat di link ini ya -) Kecap Tjap Ikan Lele


 

Kecap Sedaap Kedelai Hitam Special


Kalo ngomongin brand Sedaap, identik banget dengan mie Sedaap ya. Saya pun belakangan baru tau kalau ternyata ada juga ya kecap Sedaap. Awalnya saya beli karena harganya yang lebih murah dibanding kecap Bango, haha...


Pas saya cobain, ternyata warnanya hitam pekat, bikin semur jadi terlihat kental juga, plus rempahnya lebih berasa. Makanya saya menempatkan kecap Sedaap di nomer 3.


Kecap Sedaap merupakan bagian dari keluarga besar PT. Wings Food. Oh ya, kecap Sedaap ini ada 2 macam. Pertama yang warnanya putih macam mie Sedaap gitu. Nah yang saya pake ini yang warnanya hijau.


Kecap Sedaap Kedelai Hitam Special ini ada yang kemasan botol 620 ml dengan extra 100 ml. Kemudian kemasan pouch 550 ml dan 60 ml.


Label Halal MUI dan izin BPOM-nya tentunya ada ya, kayak produk Wings Food lainnya.


Kecap Sedaap Kedelai Hitam Special bisa dilihat di link ini ya -) Kecap Sedaap

 


Bango Kecap Manis


Kecap Bango bisa dibilang merupakan kecap sejuta umat, untuk masakan rumahan, haha... Apalagi iklannya yang hapal di benak banyak orang, “Dari kedelai hitam Malika yang dirawat seperti anak sendiri. Kalau lagi anteng, diciumin. Kalo lagi ngeselin, ditabokin.” Eh nggak gitu juga, deng...


Bango Kecap Manis merupakan bagian dari PT. Unilever Indonesia. Kemasannya cukup banyak nih. Mulai dari kemasan botol kaca 620 ml. Lalu botol plastik 275 ml dan 135 ml. Kemudian kemasan refill plastik 35 ml, 550 ml, 220 ml, dan 60 ml. Serta kemasan sachet 20 ml.


Bango Kecap Manis tentunya juga udah punya label Halal MUI dan izin BPOM.


Bango Kecap Manis bisa dilihat pada link ini ya -) Kecap Bango



Next saya mau nyobain Bango Hitam Gurih. Nanti akan saya place entah di nomor berapa, hehe... Atau kalau nanti ada brands lain, akan saya tambah lagi rekomendasinya.


Rekomendasi kecapnya udah. Tinggal cara memasak semur betawi-nya. Di bawah ini ada pilihan semur betawi yang sering saya masak ya. Tinggal klik aja link-nya:


Semur Betawi Daging atau Hati Sapi


Semur Betawi Ayam


Semur Betawi Tahu Telur

 


Oke, ini dia rekomendasi kecap untuk memasak semur betawi, yang sering saya gunakan. Moga bermanfaat bagi teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir...

4 comments:

  1. Yang kecap cap bebek belum pernah, kalau cap lele ini pernah sekali, dapet oleh oleh dari teman yang rumahnya di Pati. Gurih banget ini kecapnya, aku dapetnya yang rentengan gitu mbak, kira kira satu saset ini takarannya 5 sdm. Enak kecapnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya 1 sachet aja udah banyak ya, karena warnanya item banget kecap lele ini. Saya juga oleh2 dari Jawa ini, haha... Yg sachet pula :D

      Delete
  2. Oalaaaah jadi tergantung dari kecapnya juga ya mba. Aku pikir bisa hitam Krn kluwek 😅. Kayak rawon gitu.

    Cap bebek dan cap ikan lele aku blm pernah liat, TD sempet Gugel dulu PGN tau penampakannya. Kapan2 JD pengen beli deh. Sbnrnya aku jrg sih masak masakan betawi. Tapi kali aja lagi pengen semur jengkol 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo rawon iya pake kluwek. Semur sih kecap aja dan ada yg pake gula merah. Cobain mba fanny, kecap bebek atau lele. Nanti semurnya makin joss, haha...

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P