Resep Semur Betawi Hati Sapi

Semur betawi identik dengan olahan daging sapi berkuah kecap yang kental dan kehitaman, serta bumbu rempah yang berasa. Memasak semur betawi dari olahan hati sapi, tentu sama lezatnya. Berikut ini cara memasak semur hati sapi khas Betawi yang bumbunya nggak ditumis, serta rekomendasi kecap biar kuahnya hitam mengental, hati sapinya pun empuk dan nggak amis.

Semur betawi
Cara memasak semur betawi hati sapi

Apa kabar, teman-teman?

Karena tinggal di lingkungan Betawi, jadi kami memang cukup familiar dengan masakan betawi. Dulu di sekitar rumah, ada beberapa Enyak yang berjualan masakan betawi. Menu yang dijual salah satunya ya semur betawi.

Ada beberapa variasi dari masakan semur betawi. Yang paling umum tentunya semur betawi daging sapi ya. Masakan olahan daging sapi berkuah kecap yang mengental. Kecap yang dipilih pun yang warnanya kehitaman dengan rasa rempah yang kuah. Orang Betawi punya kecap kampung yang khusus ini. 

Tapi, untuk kita nggak tinggal di tanah Betawi (saya sekarang udah di kampung), tetap ada rekomendasi kecap di pasaran, yang bisa terbilang enak untuk memasak semur betawi. Teman-teman bisa klik link ini aja ya -) Rekomendasi Kecap yang Enak untuk Semur Betawi


Nggak cuma daging sapi aja, semur jengkol betawi juga ada. Mau yang harga lebih ekonomis atau untuk variasi menyantap semur betawi, potongan tahu, tempe, serta telur pun juga enak untuk dimasak dengan bumbu semur betawi. Untuk cara memasaknya, teman-teman bisa mampir aja ya ke -) Resep Semur Betawi Telor Ceplok Tahu

Kali ini saya berbagi resep masakan semur betawi olahan hati sapi. Mungkin bisa untuk variasi masakan teman-teman, selain semur betawi daging sapi.

Dibandingkan dengan daging sapi, hati sapi memang lebih cepat empuknya. Cuma, hati sapi biasanya lebih amis. Tapi dengan takaran bawang putih di bawah ini, semur betawi hati sapi yang kita masak, tetap meresap bumbunya, jadi nggak amis.

Untuk memasak semur betawi hati sapi, saya lihat resepnya gabungan dari web Sajian Sedap dan youtube Chef Ari Galih. Lalu untuk tekhnik masaknya, saya contek dari Chef Ari plus diskusi dengan Ummi Ade Ufi yang orang Betawi Otista, hehehe... Saya senang memang ala local cuisine, makanya perlu belajar sana sini, macam mana masak seperti orang-orang lokal. 

Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

Cara membuat semur betawi hati sapi, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

500 gram hati sapi
1 batang sereh, geprek 
3 lembar daun salam 
5 lembar daun jeruk, buang tulangnya

1 ruas ibu jari lengkuas, geprek
Sedikit kayu manis
1 - 2 centong nasi, kecap manis yang warnanya kehitaman
1/2 sdt gula pasir

500 ml air
5 siung bawang merah, iris
1 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk


Bumbu gilingnya:

5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 ruas ibu jari jahe
5 buah kemiri, sangrai

½ sdt lada
1 sdt ketumbar
3 butir cengkeh
1/4 bulatan biji pala
¼ sdt jinten


Lalu ini ya cara memasak semur betawi hati sapi:

Potong-potong hati sapi ukuran rendang, cuci, lalu tiriskan. Biasanya 1/2 kilo ini ada 10 potong. 

Letakkan potongan hati sapi pada wadah masak, lalu masukkan bumbu giling, sereh, daun salam, daun jeruk, lengkuas, kayu manis, dan kecap. Nyalakan api sedang, kemudian aduk merata kurang lebih 10 menit.

Masukkan air, garam, kaldu bubuk, dan gula, kemudian masak dengan api pelan aja hingga kuah terlihat mengental. Biasanya saya masak hati sapi itu, setelah airnya dimasukkan, kurang lebih 1 jam. 

Panaskan minyak, kemudian goreng bawang merah hingga kuning keemasan. 

Kalau udah 30 menit atau hati sapi udah empuk, masukkan bawang goreng, aduk dan masak 5 menit aja. Ini yang bikin semur betawi yang kita masak jadi tambah gurih.

Cobain dulu ya rasa garamnya. 


Note: 

Untuk bumbu yang lebih meresap, teman-teman juga bisa ungkep dulu kurang lebih 1 jam. Bisa juga ungkepnya malam, masukkin kulkas, kemudian paginya dimasak.

Resep Masakan Betawi
Cara memasak semur hati sapi khas Betawi

Karena pake lada, jadi semur betawi hati sapi yang saya buat ini ada sedikit rasa pedasnya. Rasa rempahnya berasa, dan karena dimasaknya agak lama sampe kuahnya mengental, jadi hati sapinya ini nggak berasa amis. 

Ini cabe merah irisnya cuma saya tambahkan aja ya, biar lebih pedas. Yang mau mampir ke semur ayam khas Betawi, bisa ke link ini ya -) Resep Semur Ayam Khas Betawi

Kemudian ini rekaman cara memasak semur jengkol khas Betawi. Teman-teman bisa tonton untuk step memasak semur betawi hati sapi ini ya...


Oke, ini dia resep semur jengkol khas Betawi yang saya masak. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, terutama penyuka kuliner Betawi. Makasih banyak ya udah mampir. 

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P