Resep Asam Padeh Iga

Cara memasak Asam Padeh Iga – olahan tulang iga yang dimasak dengan kuah cabe, serta bumbu rempah lainnya. Salah satu masakan Padang yang nggak menggunakan santan maupun minyak goreng.

Resep Masakan Padang
Asam Padeh Iga
Apa kabar, teman-teman?

Setelah sebelumnya saya udah berbagi Resep Asam Padeh Daging Sapi dan juga Resep Asam Padeh Ikan, kali ini saya mau berbagi cara memasak Asam Padeh Iga. Tulang iga, yang biasa dipanggang atau digoreng, untuk dimasak dengan bumbu asam padeh juga nggak kalah lezatnya. Terkadang ada orang-orang yang kurang suka menyantap daging padat, jadi tulang iga bisa dijadikan pilihan.


Tulangan biasanya digunakan untuk membuat kuah jadi lebih gurih, misalnya untuk kuah baso atau kuah sup. Begitupun dengan kuah asam padeh ini, karena pake tulang iga, kuahnya pun jadi berasa gurih juga.

Kalau memasak Asam Padeh Daging Sapi, saya memang merebus setengah matang secara terpisah. Untuk memastikan dagingnya akan empuk pas udah dicampurkan dalam kuah asam padeh. Tapi kalau untuk memasak tulang iga ini, langsung aja saya campurkan sedari awal. Yang penting tetap menggunakan api kecil ya, biar empuk.

Untuk teman-teman yang mungkin lagi pingin menyantap daging sapi maupun tulang iga, tapi lagi nggak pingin makan yang bersantan atau berminyak, asam padeh ini bisa menjadi pilihan. Kuah asam padeh ini cuma dari air yang dicampurkan dengan cabe giling, tomat, serta bumbu rempah lainnya.

Yang bikin asam padeh jadi makin nikmat adalah penggunaan daun kunyit yang bisa disobek aja atau diiris. Kalau diiris jadi bisa ikut sekalian dimakan. Asam kandis juga yang bikin kuah asam padeh makin enak. Kalau lagi nggak ada stok asam kandis, bisa pake 2 ruas jeruk nipis aja.

Punya stok belimbing wuluh? Ini akan lebih enak lagi kalau dicampurkan pada kuah asam padeh. Kalau pake belimbing wuluh, tomatnya bisa pake 1 aja. Asam padeh juga enak untuk dicampurkan dengan tempe.

Cara membuat Asam Padeh Tulang Iga, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

500 gram tulang iga
2 buah tomat, belah empat, iris
1 lembar daun kunyit, sobek atau iris

2 sdm cabe giling / 15 – 20 cabe merah yang dihaluskan
1 liter air / +_ 5 gelas sedang
1 ruas ibu jari lengkuas, geprek
1 buah asam kandis


Bumbu gilingnya:

8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
½ ruas ibu jari jahe

½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam

Lalu ini ya cara memasak Asam Padeh Iga:

Masukkan air, cabe giling, tomat, daun kunyit, lengkuas, dan bumbu giling. Didihkan sembari sesekali diaduk. Gunakan api sedang ya menjelang mendidih ini.

Masukkan tulang iga, lalu masak hingga empuk dan kuahnya mengental. Gunakan api pelan ya biar empuk. Sesekali diaduk juga ya.
 
Resep Masakan Padang
Asam Padeh Iga
Dengan menggunakan 2 sdm cabe giling ini, pedasnya cukup berasa tapi nggak pedas banget. Terkadang ada cabe giling yang udah dikasih garam, jadi penggunaan garamnya diperhatikan juga ya. Kalau ragu dengan cabe giling yang dibeli jadi, karena kadang suka ada yang kurang bagus, bisa gunakan cabe merah yang dihaluskan aja.

Untuk cara memasaknya, teman-teman juga bisa simak video ini ya...


Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya...

Mampir juga ya di resep olahan daging sapi saya lainnya... 

4 comments:

  1. lgs kebayang pedes, asam gurihnyaaaa :D. makanan fav kalo mama udh mulai masak ini. tp aku lbh seneng yg asam padeh daging sih mba. mungkin krn g ada tulangnya hihihi... kalo udh makan ini, plus nasi panas yaaa, beuughhh, bisa abis banyak :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau daging padat udah nggak perlu copoton tulangnya ya, haha :D

      Delete
  2. Iya ya kadang pas masukin garam tuh lupa2 ingat, kira2 bumbu giling udah ada garamnya atau belum? Bagus ini ya tanpa minyak dan santan. Jadi mulai aman deh makan2nya hehehe.Oh kalau pake belimbing wuluh, tomatnya cukup 1 aja ya, siiip :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau bumbunya racik semua-muanya kan jadi inget ya, kalau ada yang dibeli utuh tambahan ini yang suka lupa, haha :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P