Itiak Lado Mudo dan Ayam Lado Mudo Frozen - Tips Mengemas, Menyimpan, dan Menghangatkan

Cara mengemas itiak lado mudo dan ayam lado mudo frozen, biar aman dan nggak rusak, serta cara memanaskannya ketika dikeluarkan dari chiller atau freezer. Rekomendasi frozen food kuliner Minang atau masakan Padang untuk stok masakan, hampers, maupun rekomendasi jualan online makanan beku.



Apa kabar, teman-teman?


Bagi teman-teman yang pernah atau bahkan seringkali kulineran di daerah Bukittinggi, Sumatera Barat, mungkin udah nggak asing lagi ya dengan itiak lado mudo. Masakan dari olahan bebek yang dimasak dengan cabe ijo, serta beragam bumbu dan dedaunan. Kuliner khas Koto Gadang yang bisa kita jumpai juga, kalau lagi wisata kuliner di Bukittinggi dan sekitarnya.


Selain itiak lado mudo, ayam lado mudo pun juga nggak kalah maknyuss. Bisa juga menjadi pilihan bagi orang-orang yang nggak doyan olahan bebek. Kalau saya sih hajar aja keduanya, haha...


Selain bisa dinikmati pas lagi wisata kuliner, itiak lado mudo dan ayam lado mudo ini tentu bisa kita hadirkan di meja makan, dengan memasaknya sendiri. Dulu pikir saya, masakan ini bakalan susah banget lohh, apalagi itiak lado mudo. Karena daging bebek itu kan emang terkenal amis ya. Bahkan katanya, kalau nggak pintar-pintar memasaknya, rasanya pun bakalan tetap amis dan susah empuknya pula. Ewadawww... hahaha...


Ternyata pas saya nonton youtube-nya Dapur Uni Et, memasak itiak lado mudo nggak sesusah itu kok. Ehciehhh... nita belagu amat, hahahahhh... Maksudnya, ketika saya cobain masak untuk kali pertama, hasilnya langsung oke. Daging bebeknya empuk, plus bumbunya pun meresap yang tentunya nggak amis. Horeyyy...



Nah kalau itiak lado mudo aja udah berhasil, ayam lado mudo tentu lebih gampil. Walau tetap ada tekhnik masak yang agak beda juga ya, biar daging ayamnya nggak gampang hancur.


Kuliner Minang atau masakan Padang umumnya memerlukan waktu yang agak lama. Misalnya kayak ayam lado mudo ini saya masak kisaran 1 jam. Untuk itiak lado mudo tentu lebih lama lagi, bisa kisaran 1,5 jam atau lebih, tergantung tebal daging atau potongannya.


Nah kalau proses memasaknya ini agak lama, rasanya sayang juga kan kalau kita masaknya cuma sedikit. Biasanya saya masak untuk 1 ekor yang dipotong 8.


“Tapi di rumah itu nggak banyak orang, Nit. Kalau masak langsung 1 ekor, siapa yang mau makan?”


Kalau misalnya kayak gini, salah satu solusinya ya kita frozen atau dibekukan aja. Saya pun termasuk orang yang gampang bosan dengan menu masakan. Jadi setiap hari itu saya makan dengan menu yang berbeda, kecuali ada sisa lauk kemarin ya.


Karena memang nggak menggunakan santan juga, jadi itiak lado mudo dan ayam lado mudo ini jadi tetap enak walau di-frozen selama beberapa hari. Bukan berarti menu yang bersantan nggak bisa di-frozen ya. Tapi untuk menu yang nggak pake santan, memang akan lebih aman lah untuk kita simpan di chiller atau freezer selama beberapa hari.


Kecuali rendang ya. Walau menggunakan santan, tapi ada proses memasak yang 4 jam lebih lamanya. Ini akan awet walau sebulan sekalipun di chiller atau freezer. Kalau di chiller bisa lebih lama lagi.


Selain untuk stok masakan, itiak lado mudo dan ayam lado mudo juga bisa dijadikan rekomendasi hampers ya. Karena memang nggak menggunakan santan juga, jadi ya cukup aman lah kalau dikirim lewat jasa ojol sameday.


Kalau untuk keluar kota, saya belum pernah nyoba, jadi mohon maaf saya belum bisa merekomendasikan. Cuma sewaktu di Jakarta, saya pernah kok ngirim ke Depok dan Bekasi lewat ojol sameday.


Membuat masakan yang di-frozen-kan, tentunya ada beberapa yang mesti diperhatikan. Mulai dari mengemas, menyimpan, hingga nanti menghangatkan. Biar masakannya tetap enak ketika disantap, macam baru dimasak, hehe... Oh ya, kuliner Minang itu umumnya memang akan makin enak ketika dipanaskan.

 


 Tips mengemas, menyimpan, dan menghangatkan itiak lado mudo dan ayam lado mudo untuk frozen food:

 


Masak Hingga Benar-Benar Matang


Kalau masak untuk disantap langsung aja, harus yang benar-benar matang, biar daging bebek atau ayamnya empuk, dan kuahnya pun meresap. Apalagi kalau untuk dibekukan, biar peluang basi atau masakan rusak itu terbilang enggak ada.


Berapa lama waktu yang diperlukan dalam memasak itiak lado mudo dan ayam lado mudo? Saya udah nulis sekalian di resepnya ya. Daging ayam dan bebek yang kadar empuknya berbeda, tentu waktu memasaknya pun berbeda. Nanti di bawah saya share link-nya ya.

 


Masak dengan Masih Sedikit Berkuah



Karena nantinya mau dipanaskan, ketika memasak, kuahnya jangan langsung sampe kering atau mengental. Jadi masih agak-agak berkuah aja, biar pas dipanaskan nggak perlu ditambah air lagi.

 


Gunakan Vacuum Sealer


Kalau cuma untuk stok masakan aja, teman-teman bisa gunakan wadah yang tertutup rapat. Lalu kalau untuk berjualan frozen food atau hampers, bisa gunakan plastik vacuum aja dan di-pressed biar lebih awet.


Untuk vacuum sealer, plastik vacuum, dan sejenisnya, saya udah share di -) Sharing Bisnis Rendang Frozen ya.

 


Buat Per-Setengah Ekor


Dulu saya kalau jualan itiak lado mudo dan ayam lado mudo frozen, menggunakan kemasan setengah ekor. Kalaupun pembelinya minta 1 ekor, ini dibuat 2 plastik, karena memang plastik yang saya beli itu ukuran setengah kilo.


Dengan packing yang lebih sedikit, jadi yang dikeluarkan dari freezer atau chiller pun sesuai yang mau dimakan aja.

 


Simpan di dalam Chiller atau Freezer


Kalau memang teman-teman punya chiller, tentu ini akan lebih bagus disimpan di dalam chiller. Tapi kalau memang nggak ada, ya simpan di freezer aja, dan pastikan freezer-nya punya suhu yang stabil ya. Kadang ada kan, freezer yang bunga esnya udah banyak, eh jadinya nggak dingin. Nanti masakannya kalau nggak beku, jadi nggak tahan lama.

 


Cara Menghangatkan Itiak Lado Mudo dan Ayam Lado Mudo Frozen



Untuk menghangatkan masakan yang beku, gunakan wajan anti lengket. Panaskan dengan api agak pelan aja, biar panasnya benar-benar meresap. Takutnya dalamnya itu masih beku atau dingin kan.


Jangan terlalu sering diaduk ya, terutama pas masih agak beku, nanti hancur. Makanya pake wajan anti lengket aja biar nggak hangus.


Pas dikeluarkan dari chiller atau freezer, diamkan dalam suhu ruang dulu ya, biar nggak beku amat.


Selain menggunakan kompor, memanaskannya juga bisa menggunakan microwave dengan suhu medium kisaran 5 menit lah.

 


Berapa Lama Itiak Lado Mudo dan Ayam Lado Mudo Frozen Bisa Disimpan?


Saya nggak merekomendasikan dalam waktu yang lama, macam rendang ya. Karena proses masak dan bumbunya pun beda. Ya setidaknya seminggu oke lah.

 


Tipsnya udah, lalu sekarang tinggal menyiapkan untuk masaknya ya. Untuk resep dan tips memasak itiak lado mudo dan ayam lado mudo yang empuk dan bumbunya meresap, silakan mampir ke sini ya -) Resep Itiak Lado Mudo dan Resep Ayam Lado Mudo.

 


Oke, ini dia tips mengemas, menyimpan, dan menghangatkan itiak lado mudo dan ayam lado mudo frozen. Moga bermanfaat bagi teman-teman untuk stok masakan beku, berjualan frozen food masakan Padang, maupun rekomendasi hampers. Makasih banyak ya udah mampir.. 

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P