Kulineran Khas Betawi di Warung Mak Dower untuk Merayakan Ulang Tahun Jakarta

Merayakan ulang tahun Jakarta dengan kulineran beragam menu Betawi di Warung Mak Dower, restoran khas Betawi di Jakarta Timur.

Apa kabar, teman-teman?

 

Merayakan ulang tahun Jakarta pada tanggal 22 Juni 2022 kali ini, tentu bakalan makin asyik kalau sembari kulineran khas Betawi. Nggak melulu tentang soto atau semur betawi, tapi masakan khas Betawi juga ada beragam banyaknya.

 

Kala itu, barengan dengan teman-teman bloggers juga, kami diajak kulineran seharian sama tim dari Ajinomoto. Girang banget tentunya, haha... Apalagi, kulineran kami di 3 tempat itu, semuanya ke kedai makan yang menyuguhkan menu khas Betawi.

 

Jadi sedari pagi, start dari gedung Ajinomoto di daerah Jakarta Utara, capcuss lah kami menuju Warung Mak Dower di daerah Rawamangun.

 

 

 

Lokasi dan Jam Buka Warung Mak Dower – Restoran Khas Betawi di Jakarta Timur

 


Warung Mak Dower berada di Jl. Pemuda No. 2. Rt: 002 Rw: 04. Jati. Pulogadung. Jakarta Timur. Nggak jauh dari Arion Plaza ini. Rasanya dari perempatan Arion Plaza itu, belok kanan trus lurus aja.

 

Warung Mak Dower buka setiap hari, mulai jam 10 pagi sampe jam 9 malam.

 

Kami berangkat naik bus pariwisata. Sampe di sana, parkirannya juga cukup luas sih, bisa untuk beberapa mobil. Bahkan bus pariwisata yang kami naiki pun bisa terparkir dengan aman.

 


Suasana ala rumah Betawi udah kelihatan mulai dari area depan. Lalu di dalamnya, sesuai dengan namanya “Warung Mak Dower”, memang didesain ala ala warung atau kedai makan Betawi, dengan meja dan kursi panjang dari kayu.

 

Ruangannya cukup luas kok, misal kita mau datengnya rombongan. Kayak kami juga rombongan ada kali sekitar 20 orang lebih.

 

Hiasan dinding ala ala Betawi juga makin menunjukkan kalau kita lagi berada dalam suasana Betawi tempo dulu.

 

 

Menu Khas Betawi di Warung Mak Dower – Restoran Betawi di Jakarta Timur

 


Karena kami undangan, jadi begitu datang memang langsung disuguhkan beragam menu masakan khas Betawi yang seabreg-abreg, hahahah... Yang sedari rumah udah pada sarapan, langsung mendadak laper, hahah...

 

Oh ya, untuk makin melengkapi suasana Betawi, piring-piring sajinya pun juga menggunakan piring jadoel nih, kayak piring motif kembang dan piring kaleng atau enamel pun juga ada.  

 

Ini dia beberapa menu yang kami icip-cicip di Warung Mak Dower. Haduhhh... nama menunya unik-unik banget sih, haha...

 

 

Tutut Ngibrit



Tutut alias keong yang ditumis dngan bumbu kuning agak-agak berkuah. Lalu di atasnya ditaburin daun bawang mentah. Kuahnya ini cukup berasa juga pedasnya.

 

 

Jengkol Nampol

 


Ahaaa... buat penyuka jengkol nih. Ada gulai jengkol dengan bumbu masakan Betawi, yang dimasak dengan santan yang nggak pekat. Saya cuman makan kuahnya aja, haha... Kuahnya ini pedesnya berasa kok. Biji cabenya aja sampe kelihatan kan di kuahnya.

 

 

Cue Ngacir

 


Ikan cue yang digoreng polosan, trus ditaburin bawang goreng yang buanyakkk... Digorengnya ini sedeng ya yang bikin daging ikannya empuk, nggak kelewat kering amat.

 

 

Udang Lenjeh

 


Lenjeh alias genit. Udang yang digoreng, trus dicampur goreng pete kupas. Di atasnya ditaburin bawang goreng. Udangnya lumayan gede-gede nih. Saya makan udang doang, nggak sama petenya, haha...

 

 

Cumi Lenong

 


Cumi asin yang diiris-iris, kemudian ditumis agak-agak berkuah. Karena cumi asin, tentu kuahnya jadi ikut berasa asin. Rasanya pedas juga ini.

 

 

Pecak Bandeng

 


Ikan bandeng yang cukup besar, dibelah kemudian digoreng sedang. Jadi daging ikannya ini berasa empuknya. Saya suka dengan sambal mentahannya ini yang udah mulai berair, jadi ada kuah asam-asamnya, dari jeruk nipis.

 

 

Gabus Pucung

 


Ikan gabus yang dimasak dengan pucung alias kluwek. Kuahnya cukup kental dan rasanya pun pedas manis.

 

Oh ya, kalau teman-teman mau masak Gabus Pucung, mari mampir ke -) Resep Gabus Pucung

 

 

Tulang Jambal Sewot

 


Ikan jambal yang dimasak, rasanya pake santan juga tapi nggak pekat. Trus dicampur dengan pete kupas di atasnya. Karena ikan jambal, tentu rasa kuahnya juga jadi asin. Pedasnya juga berasa nih.

 

 

Genjer Centil

 


Sayur genjer yang ditumis agak-agak berkuah, kemudian dicampurkan dengan potongan oncom. Kayaknya ini pake santan nggak pekat juga deh. Rasanya nggak pedas ya.

 

 

Sambal Terasi

 


Walau menunya udah dominan pedas, tapi sambal terpisahnya juga tetap ada. Sambal terasi dengan rasa pedas manis, buat melengkapi kulineran kitaaa...

 

 

Sayur Asem Betawi

 

Untuk nasi dan sayur asem, kita-kita bisa ngambil sendiri di meja pojokan. Sayur asemnya ini rasanya pedas manis, dan seger banget.

 

 

Es Ondel Ondel

 


Nggak cuma makanan aja, di Warung Mak Dower juga ada minuman yang nggak kalah unik nih, yaitu Es Ondel Ondel.

 

Es dari kuah santan yang mirip kuah es selendang mayang. Lalu isinya ada cendol, tape, agar-agar, ya kayak isian es campur deh.

 

Karena lagi pilek, jadi saya nggak nyobain. Cuma bisa ngelihatin temen-temen yang kayaknya seger banget minum Es Ondel Ondel ini, haha...

 

 

Secara keseluruhan, menu di Warung Mak Dower ini dominan pedas ya, sesuai namanya Mak Dower yang kurang lebih menunjukkan kalau menunya pedas yang bisa bibir dower, uwww... Nggak cuma pedes doang, bumbu rempahnya pun juga berasa, dengan gurih yang pas juga.

 

Apa Warung Mak Dower punya musholla, saya nggak lihat, karena kami sebelum Dzuhur pun udah capcuss. Jadi bisa ditanyakan langsung aja ya ke mimin igeknya. 


Bagi teman-teman yang juga lagi nyari ide masakan Betawi untuk dimasak sendiri di rumah, bisa mampir juga ke -) 5 Rekomendasi Masakan Betawi


Oke, ini dia rekomendasi kulineran khas Betawi di Jakarta Timur. Moga bisa jadi pilihan teman-teman juga ya, bagi penyuka masakan khas Betawi. Makasih banyak ya udah mampir...

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P