5 Resep Masakan Betawi

Merayakan ulang tahun Jakarta, salah satunya bisa dilakukan dengan memasak kuliner khas Betawi. Berikut ini rekomendasi resep masakan betawi tempo dulu, yang menjadi bagian dari budaya asli Jakarta.

Masakan Betawi
5 Resep Masakan Betawi Tempo Dulu


Apa kabar, teman-teman?


22 Juni 2022 nanti, Jakarta akan merayakan ulang tahunnya yang ke 495. Sebagai orang yang menahun tinggal di Jakarta sedari kecil, tentu saya nggak lupa tanggal tersebut, hehe... Apalagi kalau masih tinggal di Jakarta waktu itu, kabar Pekan Raya Jakarta atau PRJ udah dibuka, semacam mengingatkan kami kalau Jakarta sebentar lagi akan berulang tahun.


Jakarta memang nggak lepas dari adat dan budaya Betawi, termasuk juga tentang kulinernya. Karena tinggal di lingkungan Betawi, tentunya saya akrab sekali dengan beberapa masakan betawi. Terutama yang dijual oleh para Mpok dan Enyak di warung rumahan mereka.


Sayangnya makin ke sini, Mpok dan Enyak itu udah pada nggak jualan lagi. Jadilah saya terbiasa untuk memasak sendiri, kalau lagi kangen masakan betawi. Ke sana sini saya belajar, termasuk berdiskusi dengan Ummi Ade Ufi, salah satu Enyak Betawi, hahaha... yang juga seorang blogger di www.adeufi.com


Lalu setelah tinggal di kampung, bukan berarti saya jadi lupa dengan masakan Betawi yang terbiasa saya buat. Sampe sekarang masih tetap saya masak, untuk variasi isi meja makan rumah emak. Alhamdulillah, orang rumah juga doyan-doyan aja sih, dengan suguhan selain masakan padang. Terlebih ibu saya pun dulunya kan juga terbiasa dengan masakan Mpok dan Enyak ini.


Ada beberapa masakan betawi yang sering saya buat, tapi belum semuanya ditulis. Jadi berikut ini rekomendasi kuliner betawi yang pernah saya masak ya.


 

5 Rekomendasi Masakan Betawi untuk Menyambut Ulang Tahun Jakarta


Soto Betawi


Soto Betawi
Resep Soto Betawi

Ada banyak daerah di negeri ini yang turut menyumbang kuliner soto. Salah satu di antaranya adalah Jakarta, dengan soto andalannya yaitu soto betawi.


Soto betawi merupakan masakan dari olahan daging sapi dan jeroan, kemudian dimasak dengan kuah santan, bumbu rempah, serta beberapa dedaunan. Kemudian disantap dengan acar, tomat, emping, kecap manis, dan nggak lupa taburan bawang goreng.


Soto betawi enak untuk disajikan dengan nasi. Mau pake potongan lontong juga enak ini, bisa untuk menu lebaran juga. Soto betawi ada yang dimasak dengan kuah santan dan juga kuah susu.


Cara memasak soto betawi kuah santan, teman-teman bisa langsung mampir aja ya ke -) Resep Soto Betawi Kuah Santan

 


Semur Betawi Daging Sapi


Semur Betawi
Resep Semur Betawi Daging Sapi

Beberapa daerah di pulau Jawa juga punya kuliner semur yang khas. Begitupun dengan Jakarta, yang juga punya semur betawi.


Semur betawi merupakan masakan dari olahan daging sapi, yang dimasak dengan air, kecap, bumbu rempah, serta bebeberapa dedaunan. Kuahnya yang kental, serta warnanya yang hitam medok, menjadi ciri khas dari semur betawi.


Untuk menghasilkan warna yang hitam medok dan kental ini, orang Betawi biasa menggunakan kecap lokal untuk memasak semur betawi. Salah satunya adalah Kecap Bebek, kecap lokal dari Bekasi. Tapi kalau teman-temang nggak punya, pake aja kecap yang warnanya kehitaman.


Semur betawi merupakan salah satu menu lebaran khas Betawi. Biasa disajikan sebagai lauk ketupat sayur godog. Tapi untuk disantap dengan nasi pun juga nggak kalah maknyusnya kan..


Ini dia cara memasak semur betawi dengan kuah yang kental dan warnanya hitam melekot. Resepnya memang menggunakan hati sapi, tapi sama aja kok bumbu dan cara memasaknya. Kalau daging sapi masak lebih lama aja, kisaran 2,5 jam dan airnya ditambahkan aja kalau kurang.


Cara memasak semur betawi, langsung mampir aja ya ke -) Resep Semur Betawi Hati Sapi

 


Semur Betawi Telur Tahu


Semur Betawi
Resep Semur Betawi Telur Tahu

Semur betawi telor ceplok yang dicampurkan dengan tahu goreng, merupakan salah satu variasi bagi kita yang pingin makan semur, dengan bahan yang lebih ekonomis serta memasaknya pun lebih cepat.


Karena telur dan tahu merupakan bahan yang enggak amis, serta memasaknya pun nggak lama, jadi bahan-bahannya pun agak sedikit berbeda ya. Terutama takaran bawang putihnya.


Yuk mampir juga ya ke -) Resep Semur Betawi Telor Ceplok Tahu

 


Sayur Godog


Sayur godog
Resep Sayur Godog Betawi

Sayur godog merupakan masakan dari olahan pepaya muda, yang dimasak dengan kuah santan, bumbu rempah, serta dedaunan. Pemakaian ebi alias udang kering, merupakan salah satu yang khas dari sayur godog. Selain menggunakan pepaya muda, labu siam juga enak untuk dijadikan sayur godog betawi.


Sayur godog betawi punya bumbu dan tekhnik masak yang agak berbeda dengan sayur godog jawa. Jadi rasanya pun ada khasnya masing-masing.


Sayur godog betawi biasa disajikan dengan ketupat atau lontong, sebagai menu utama lebaran khas Betawi. Tapi untuk masakan harian pun juga nggak kalah lezatnya. Apalagi dicampurkan dengan lauk lainnya, misalnya udang atau tetelan. Tinggal kurangi aja kuah santannya, kalau untuk disajikan dengan nasi.


Mari mampir ya untuk melihat cara memasak sayur godog udang -) Resep Sayur Godog Betawi Campur Udang

 


Gabus Pucung


Gabus Pucung
Resep Gabus Pucung

Konon katanya, ini merupakan kuliner khas Betawi yang udah terancam punah. Wah padahal enak banget loh. Moga di beberapa kedai dan resto khas Betawi, tetap disajikan ya masakan gabus pucung ini.


Gabus pucung merupakan masakan dari olahan ikan gabus, yang dimasak dengan air, pucung, bumbu rempah, serta dedaunan lainnya. Pucung merupakan nama lain dari kluwek, yang menjadi bumbu utama kuliner gabus pucung ini.


Gabus pucung enak disantap dengan nasi. Biasanya ibu-ibu yang habis operasi caesar nih, sering disajikan masakan gabus pucung, karena katanya ikan gabus ini bagus untuk pemulihan luka sehabis operasi.


Cara memasak olahan ikan gabus khas betawi, ini dia caranya ya -) Resep Gabus Pucung Betawi

 


Oke, ini dia 5 rekomendasi masakan betawi, sebagai bagian dari merayakan ulang tahun Jakarta. Yang tentunya bisa dimasak kapan aja kan. Moga bermanfaat bagi teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir...

14 comments:

  1. Ya ampunnn auto ngiler kalo lihat menu semur khas Betawi, legit banget,kuah khasnya kental hitam lekat ya mbak. Sampai sekarang aku penasaran banget sama gabus pucung, enak sepertiya ya..Semoga tetap eksis menu menu khas Betawi ini,jangan sampai punah deh apalagi gabus pucungnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kuahnya, karena pake kluwek, jadi kurang lebih kayak kuah rawon sih. Tinggal dipakein ikan gabus aja :D

      Delete
  2. Dalam benakku, masakan betawi ya kerak telor hihi btw, masakannya mirip dengan masakan jawa barat juga ya, ada semur juga, cuman aku belum pernah nyicipin gabus pucung, kayaknya enak yaa.

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah makan gabus pucung, padahal pengen banget tapi agak takut wkwk, amis ga ya?

    ReplyDelete
  4. Oke catet rekomendasinya siapa tahu kapan hari berkesempatan main ke Betawi. Jadi gak bingung mau makan apa. Btw, keliatannya gak terlalu beda sama masakan di Jateng ya. Kayanya bakal cocok

    ReplyDelete
  5. infonya menarik sekali, aku jadi pengen nyobain semur ala betawi ini, bedanya ada gak ya semur ala Palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semur Palembang mungkin sama dengan Semur Padang :D

      Delete
  6. Laaah itu semur tahu dan telor biasa mama buat. Kesukaan ade tuh.. Hahaha
    .

    Keren nita dah bisaasak gabus pucung. Ade aja blm pernah coba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gabus pucung waktu itu lihat di Sajian Sedap :D

      Delete
  7. jadi lapar deh Mbak lihat soto Betawi, semur daging, tahu telurnya juga, duuhh pengen makan deh *eehh
    makanan khas Betawi unik-unik ya... dan jadi ngiler deh pengen icipin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rempahnya ini yg juara, makanya enak2 banget :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P