5 Resep Daging Sapi Kurban Idul Adha Masakan Padang

Punya stok daging sapi kurban, ini dia 5 rekomendasi masakan padang, untuk merayakan Idul Adha dengan beragam kuliner Minang.

Masakan daging kurban
Resep Olahan Daging Sapi kurban Masakan Padang


Apa kabar, teman-teman?


Idul Adha memang identik dengan pemotongan, serta pembagian hewan kurban. Insya Allah, ini akan menjadi tahun kedua saya merayakan Idul Adha di kampung ini.


Kalau di Jakarta dulu, pembagian hewan kurban dilakukan untuk 1 RW, yang dikoordinasi oleh RT masing-masing.


Saya tinggal di 2 masjid yang berdekatan. Jadi hewan kurban itu setidaknya kami menerima 2 kantongan. Biasanya dari 1 masjid itu berisi daging kambing, lalu masjid yang 1 lagi berisi daging sapi. Tergantung hewan apa yang banyak dikurbankan di masjid tersebut.


Belum lagi kalau di rumah ada yang berkurban. Kami akan mendapatkan 1 kantongan lagi yang boleh request, dan biasanya kami minta daging sapi aja. Lalu jatah panitia kurban milik adek pun, juga menambah kantongan hewan kurban di dalam freezer, haha...


Dari setiap kantongan daging itu, dipisahkan daging kambing dan sapi. Untuk daging kambing, biasanya suka dibuat sate kambing berbumbu kecap. Jadi sebelum Idul Adha udah belanja lidi sate, kecap, serta cabe rawit dan bawang untuk sambalnya.


Lalu kalau daging sapi, biasanya dijadikan masakan aja. Kalau lumayan banyak, bisa jadi beberapa masakan. Karena tante biasanya ikut “menyumbang” kantongan daging kurbannya, kemudian terserah saya mau dimasak apa, haha... Dia tinggal bantuin masak dan pulang bawa masakan matang. 


Nah kalau teman-teman mungkin ada yang belum bisa membedakan daging kambing dan daging sapi, bisa mampir ke sini aja ya -) Cara membedakan daging kambing dan daging sapi kurban Idul Adha


Jadi kalau Idul Adha itu, masak-masaknya memang kalau udah H+2. Untuk hari pertama lebaran, biasanya lebih memasak gulai atau goreng ayam aja sih, tanpa menu ketupat juga. Palingan ya bikin pudding, untuk suguhan kalau ada yang main ke rumah.


Selagi nggak mengambil hak orang lain, atau meminta-minta, tentu nggak ada salahnya kan kalau kita menerima kantongan daging kurban beberapa, kemudian mengolahnya menjadi 1 atau beberapa masakan.

 


Tips Mengolah Stok Daging Kurban untuk Masakan Idul Adha

 


Tentukan Menu yang Akan Dimasak


Dari sebelum lebaran, tentukan menu yang akan dimasak. Karena ini akan menentukan bahan masakan yang mau dibeli kan. Setidaknya kita tentukan 1 masakan dulu aja.

 


Beli Bahan Masakan dari Sebelum Lebaran


Setelah kita menentukan menu yang akan dibuat, belilah bahan masakan dari sebelum lebaran. Karena biasanya kalau hari raya, pasar atau warung sayur akan tutup. Kalaupun nggak tutup, kemungkinan akan diserbu pembeli lainnya. Daripada nantinya kurang ini itu, mending disiapkan aja dari sebelum lebaran.

 


Simpan Daging ke dalam Freezer


Biasanya daging kurban itu dibagikan pas sore. Kalau memang nggak mau dimasak langsung, simpan daging kurban ke dalam freezer. Oh ya, saya terbiasa untuk mencuci daging sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Biar freezer-nya nggak bau juga. Kalau teman-teman lebih terbiasa dengan menyimpan daging tanpa dicuci dulu, nggak apa-apa ya.


Kalau untuk dimasak besok paginya sih, simpan di dalam kulkas aja. Misal untuk beberapa hari kemudian, bisa disimpan di dalam freezer. Lalu, kalau teman-teman juga punya chiller, simpan ke dalam chiller tentu akan bikin daging makin awet. 


Cara menyimpan daging kurban di dalam kulkas dan freezer, bisa mampir ke sini aja ya -) Cara menyimpan daging sapi dan kambing kurban 

 


Begini kurang lebih tips mengolah daging kurban untuk masakan Idul Adha. Lalu ini dia beberapa pilihan dari kuliner minang atau masakan padang, yang biasa kami masak dari stok daging kurban.

 


5 Rekomendasi Menu Masakan Padang dari Olahan Daging Sapi Kurban Idul Adha

 


Rendang


Daging kurban
Resep rendang dari olahan daging sapi kurban

Rendang merupakan masakan khas Minang dari olahan daging sapi, yang dimasak dengan santan, cabe giling, serta rempah dan dedaunan. Selain daging sapi, di Sumatera Barat juga ada beberapa jenis rendang dari olahan lainnya, baik dari daging maupun sayuran.


Kalau teman-teman dapat daging padat atau daging yang bercampur tetelan, misalnya ada setengah kilo aja juga bisa dimasak rendang. Nanti campurkan seperempat kilo kentang bulat yang kecil-kecil atau baby potato. Kalau dagingnya bisa sampe sekilo, tentunya akan lebih pas lagi. Nggak lupa ditambahkan kentang bulat atau kacang merah aja, biar jadi lebih banyak.


Untuk resep rendang padang yang kering kehitaman, teman-teman bisa mampir langsung ya ke -) Resep Rendang Hitam khas Padang Pariaman

 


Dendeng Batokok


Daging kurban
Resep dendeng batokok dari olahan daging sapi kurban

Dendeng batokok merupakan kuliner khas Minang dari olahan daging sapi yang direbus, lalu dipotong pipih, kemudian “ditokok” atau digeprek biar tipis dan melebar. Abis itu baru deh digoreng dan dicampurkan dengan sambal balado merah.


Kalau stok daging padat ada sekitar setengah kilo, juga bisa dimasak dendeng batokok aja. Nanti bisa dicampurkan dengan kentang atau tahu.


Dendeng batokok juga terbagi 2 macam, yaitu dendeng lambok dan dendeng masiak. Dendeng lambok atau dendeng basah, merupakan dendeng yang digorengnya asal aja. Tampilannya kayak daging rebus aja.


Sedangkan dendeng masiak atau dendeng kering, merupakan dendeng yang digoreng hingga kering dan kriuk. Warnanya kehitaman tapi nggak hangus ya.


Memasak dendeng masiak memang perlu ada tips khusus, biar kering, kehitaman, dan nggak hangus. Teman-teman bisa mampir langsung aja ke -) Resep Dendeng Masiak

 


Asam Padeh Daging Sapi


Daging kurban
Resep asam padeh daging sapi dari olahan daging sapi kurban

Asam padeh merupakan masakan padang dari olahan ikan, cabe giling, air, dan bumbu rempah serta dedaunan lainnya. Selain asam padeh ikan, asam padeh daging sapi dan iga juga nggak kalah lezatnya.


Dulu saya mengenal asam padeh daging sapi, pas main ke rumahnya temen, tetangga yang masih terhitung sodara. Tiap Idul Adha, ibunya selalu masak asam padeh daging sapi, dan saya disuruh makan. Nggak akan saya sia-siakan itu, haha...


Walau sama-sama orang Minang, tapi dulu saya taunya asam padeh itu ya dari olahan ikan. Karena nenek nggak pernah memasak selain dari itu.


Pas udah bisa masak sendiri, saya sering masak asam padeh daging sapi, bahkan sempat berjualan online juga.


Kalau punya stok daging yang dicampurkan dengan tulang, juga enak ini untuk dimasak asam padeh. Yuk mampir untuk melihat resepnya di -) Asam Padeh Daging Sapi

 


Sop Padang


Daging kurban
Resep sop padang dari olahan daging sapi kurban

Sop padang memang terkenal akan kuahnya yang kaya rempah. Sop padang biasanya menggunakan daging padat juga. Tapi daging sapi yang dicampurkan dengan tulang dan tetelan, juga nggak kalah lezatnya kok.


Sop padang bisa menjadi pilihan untuk menu keluarga, karena anak-anak pun juga bisa ikut makan. Untuk orang dewasa yang suka pedas, sop padang bisa disajikan dengan sambal balado merah dan  kerupuk merah atau emping.


Cara memasak sop padang yang empuk dan berasa rempahnya, yuk mampir ke -) Resep Sop Padang

 


Gulai Baga(r)


Daging kurban
Resep gulai bagar dari olahan daging sapi kurban

Masakan ini mungkin kurang familiar ya, karena jarang ada sih di kedai nasi padang. Gulai baga(r) ini bisa dibilang sup pedas, karena kuahnya menggunakan cabe giling. Oh ya, walaupun namanya gulai, tapi gulai baga ini nggak menggunakan santan ya. Jadi lebih kayak sup aja.


Gulai baga biasanya menggunakan tetelan. Tapi kalau teman-teman mau menggunakan daging sapi yang bercampur tulang, juga enak kok.


Untuk resep gulai baga, teman-teman bisa mampir ke -) Resep Gulai Baga(r) Khas Pariaman

 


Oke, ini dia 5 rekomendasi masakan padang dari olahan daging sapi, yang bisa menjadi pilihan bagi teman-teman untuk mengolah daging kurban saat Idul Adha. Moga bermanfaat bagi teman-teman ya. Makasih banyak ya udah mampir...

11 comments:

  1. Wow, banyak makanannya mba 😍 aku suka bingung masak apa kalo dapet daging kurban. Berhubung ga suka daging, jadi biasanya dikasihkan mama. Hehe.

    Tapi pengin cobain icip icip rendang asli padang deh. ❤

    ReplyDelete
  2. Aku paling bisa masak rendang dan gulai daging sapi. Ya bisa dalam arti enak disantap dan kepengen nambah lagi kata anak2 dan suamiku hahahah :D Membuatnya juga ga banyak. Biasanya suka dapat jatah walaupun sedikit baiknya tetap diterima kan? Yang bumbu asam padeh kapan2 aku mau coba masaknya ah, biar beda menu Iduladha nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak dan sedikitnya tinggal kita sesuaikan dengan masakannya ya, Mba Nurul. Kalo Mba Nurul iya lah udah pasti enak, haha... Diriku kan udah pernah nyobain masakan Mba Nurul.

      Delete
  3. Ibuku suka bikin asam padeh karena dulu pernah kerja di restoran padang jaan mudanya, aku baru tahu kalau kambing enak dibuat asam padeh karena biasanya sapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asam padeh daging sapi aja. Daging kambing buat yg sup dan santan aja :D

      Delete
  4. jadi ingat tahun lalu, Alhamdulillah dapat berapa kantong gitu kebetulan kami juga ikut qurban, jadi ada pembagian dari Masjid, ada 2 Masjid pula, Alhamdulillah
    hmmm penasaran dengan asam pedah daging sapi nih, si Paksu itu suka yang pedas, mau coba ah nanti klo dapat jatah lagi *eehh

    ReplyDelete
  5. Aku dan keluarga tuh orang Jawa. Jadi kurang familiar sama masakan padang. Paling bikin daging kecap atau sate. Tahun lalu nyoba bikin rendang pakai bumbu instan. Terus Ibuku komen dong, kenapa gak dikasih gula atau kecap? Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... iya kalau masakan Jawa terbiasa gula dan kecap ya :D

      Delete
  6. Wah makasih mbak rekomendasi masakan olahan daging kurbannya mbak, jadi makin siap nih menyongsong lebaran haji. Alhamdulillah suka dapat juga dari masjid

    ReplyDelete
  7. Makasih banget resepnya akan aku coba, bakal banyak stok daging biasanya di Idul Adha dari masjid. Insya Allah cobain deh

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P