Resep Ikan Tongkol Balado Masakan Padang

Cara memasak ikan tongkol goreng yang empuk, dengan sambal balado merah. Serta tips bagaimana cara mengggoreng ikan tongkol biar nggak keras dan nggak amis. Rekomendasi kuliner Minang dari olahan ikan.



Apa kabar, teman-teman?


Seringkali saya dengar tentang orang-orang yang nggak doyan makan ikan. Bahkan mendingan makan telor ceplok aja deh, ketimbang makan ikan. Saya pun dulu juga begitu. Tapi sama almarhumah nenek, kagak ada cerita kalo kagak doyan apa yang beliau masak, hahah... Di atas meja udah sedia lidi, buat nyabet kalo isi piring ada yang nggak habis. Iya, makannya diambilin. Karena kalau ngambil sendiri, nasinya sedikit dan nggak ngambil sayur, hihihi...


Adapula orang-orang yang nggak doyan ikan, karena katanya amis. Kalau ini sih, biasanya karena masaknya nggak dibalurkan gilingan bawang putih. Nanti di bawah, kita share bumbu lengkapnya ya, untuk mengaduk ikan sebelum digoreng biar nggak amis.


Ikan tongkol memang harganya lebih murah ketimbang daging sapi. Selain itu, gizinya juga bagus untuk kecerdasan. Makanya disarankan banget bagi anak-anak, untuk menyantap menu olahan ikan.


Dibanding ikan lainnya, saya memang lebih suka ikan tongkol. Apalagi kalau digulai atau dimasak asam padeh. Karena tulangnya besar, jadi gampang misahinnya.


Oh ya, kalau teman-teman mau lihat cara memasak gulai ikan, bisa klik link ini aja ya -) Resep Gulai Ikan Daun Singkong Masakan Padang


Tapi sering juga saya dengar dari teman-teman yang masak ikan tongkol. Kok masih keras ya, sementara kalau masaknya dilamain, ntar gosong. Kok rasanya amis ya. Kok nggak sama sih, kayak yang dijual di kedai nasi padang, hehe...


Berikut ini saya mau share cara menggoreng ikan tongkol biar empuk ya, dan rasanya pun nggak amis.


 

Tips Menggoreng Ikan Tongkol Balado Biar Nggak Keras dan Nggak Amis



 

Rebus dulu dengan Bumbu Bawang Putih


Biar ikan tongkol yang kita goreng jadi empuk, dan nggak berasa amis, sebelum digoreng, kita rebus dulu sebentar dengan bumbu bawang putih. Rebusnya sebentar aja, palingan 5 s/d 10 menit. Ikannya akan setengah empuk dan bumbu bawang putih pun lebih meresap. Jadi ikannya nggak berasa amis.

 


Goreng dengan Api agak Pelan


Menggoreng ikan dan sejenisnya, biar hasilnya kuning keemasan, apinya agak pelan aja, terutama kalau udah mau kering. Ini terutama kalau teman-teman mau menggunakan ikan yang lain dan nggak direbus dulu, jangan goreng dengan api besar. Nanti luarnya hangus, tapi dalamnya nggak matang.

 


Gunakan Wajan Anti Lengket


Menggoreng ikan ini berpeluang lengket ya. Jadi gunakan wajan anti lengket aja. Jangan dibolak-balik melulu, nanti ikannya hancur juga.

 


Sambalnya Pakai Tomat


Ini sih kalau untuk sambal baladonya ya. Khusus untuk goreng ikan, sambal baladonya ini menggunakan irisan tomat. Nanti perhatikan kapan memasukkan tomatnya. Kalau macam bendeng atau udang balado gitu, nggak menggunakan tomat.


Kalau teman-teman mau mampir di resep dendeng balado, bisa mampir ke link ini aja ya -) Resep Dendeng Balado Basah

 


Nggak Pakai Gula


Karena ini masakan padang, jadinya sambal baladonya nggak menggunakan gula ya. Kayak ciri khas masakan padang lainnya.


“Yah tapi saya biasa masak pake gula, Nit.”


Ya nggak apa-apa, kalau masalah selera sih. Kan untuk dimakan di rumah aja, jadi ya disesuaikan aja dengan yang kita dan orang rumah doyan.

 


Oke, sekarang kita siapkan bahan-bahannya ya. Kalau teman-teman nggak suka ikan tongkol, kadang ada yang alergi juga, tukar dengan ikan lainnya aja ya.



 

Cara membuat ikan tongkol balado masakan padang, ini dia yang harus disiapkan:

300 – 500 gram ikan tongkol

½ gelas kecil air

1 buah tomat merah, belah 4 lalu iris

 

½ sdt garam

½ sdt penyedap

Secukupnya minyak goreng

 


Bumbu giling untuk rebusan ikan:

2 siung bawang putih

½ sdt ketumbar

2 ruas jeruk nipis

¼ sdt garam


 

Bumbu giling untuk sambal balado:

20 buah cabe merah

5 buah cabe rawit merah

5 buah bawang merah

2 ruas jeruk nipis

 


Note:


Kalau menggunakan ikan tongkol potong, biasanya 500 gram ini ada 4 potongan kayak di kedai nasi.


Karena cabe merah di Jakarta itu biasanya kurang pedas, jadi dicampur dengan rawit merah.


Jeruk nipis gunanya untuk penggurih juga. Jadi lebih segar.

 


Lalu ini ya cara memasak ikan tongkol balado khas Minang:


Potong 2 atau 3 bagian ikannya, buang insangnya, kemudian cuci hingga bersih.


Campurkan potongan ikan, bumbu giling, dan air. Rebus dengan api pelan kisaran 5 s/d 10 menit. Cobain ya rasa garamnya.


Panaskan minyak, goreng ikan dengan api agak pelan, hingga kuning keemasan.


Karena minyak bekas ikan itu hitam, jadi panaskan minyak yang baru ya. Masukkan gilingan sambal, garam, dan penyedap. Masak dengan api sedang hingga kurang lebih merah.


Kalau udah setengah matang, masukkan irisan tomat, lalu masak lagi kurang lebih 5 menit. Tanda sambal udah matang itu warnanya merah ke oranye, dan wanginya nggak langu lagi.


Campurkan potongan ikan lalu aduk merata. Atau bisa juga disajikan terpisah.

 


Karena sambalnya ini pake tomat, kalau misal masaknya pagi, sorenya jangan lupa dipanaskan. Cara memanaskannya gunakan api pelan, dan kasih sedikit air. Kalau disajikannya terpisah, cukup sambalnya aja yang dipanaskan. Caranya sama ya, gunakan api pelan dan kasih sedikit air.


Oke, ini dia resep ikan tongkol balado masakan padang, yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi masakan teman-teman ya, terutama yang penyuka kuliner Minang. Makasih banyak ya udah mampir...

6 comments:

  1. Nah iya, aku kurang suka pakai tomat karna cepat basi, kak. Lagian baladonya jadi kurang pedas hehehe maklum penyuka pedas. Biasanya di rumahku bikin balado ditambahin bawang batak biar ada ijo-ijo cantik gituu... hmmm jadi pengen makan balado ikan buat maksi nant....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya jadi pingin googling penampakan bawang batak ini. Bikin kuliner medan makin enak dong ya :D

      Delete
    2. Bwang Batak itu wajib kalo utk Tapanuli hahahaha. Mama juga kalo masak balado ikan atau udang, selalu pake daun bawang Batak. Maniiiis rasanya dibanding daun bawang yg biasa. Krn kecil2 kalo daun bawang Batak.

      Aku tuh 3hari sekali selalu beli tongkol mba, tapi utk para anabul di rumah 😄. Kalo di rumah pada ga doyan tongkol Krn hitam2 dagingnya itu 😅. Paling berasa amis . Trus aku pernah abis makan tongkol, mukaku merah bengkak hahahaha. Ga alergi, tapi mungkin tongkol yg aku makan ga seger. Jadi agak trauma

      Gantinya tongkol kami LBH suka tuna kalo utk balado. Mirip soalnya kan teksturnya, dan yg penting ga ada bagian daging yg gelap itu 😅

      Eh jadi tahu kalo rebusnya pake bawang putih biar ga amis. Ntar aku ajarin ke asistenku deh

      Delete
  2. ikan tongkol termasuk ikan yang paling sering dimasak dirumahku mbak :D
    seringnya digoreng biasa aja.
    Dulu aku agak menghindari ikan ini, soalnya durinya pernah aku telen hahaha, dan kadang kalau makannya ga ati ati, gusiku suka ketusuk sama durinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh duri di pinggiran badan ya biasanya suka halus juga :D

      Delete
  3. Aku udah yakin nih sambalnya pakai tomat :D Tongkol balado padang seperti ini kesukaan Rafa dan Fakhri. Tentu makannya di RM. Padang hihihi :D Ga bau amis soalnya tau trik masaknya. Ternyata rebus ikannya pakai bumbu bawang putih ya, mantap nih.

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P