Resep Gulai Ikan Daun Singkong Padang - Nggak Ditumis, Nggak Pake Gula

Cara memasak gulai ikan khas Minang dengan campuran daun singkong. Rekomendasi masakan Padang dari olahan ikan dan daun singkong.


Gulai Ikan Padang
Resep Gulai Ikan Padang Daun Singkong


Apa kabar, teman-teman?


Kampung kami memang berada di daerah pesisir pantai. Mungkin karena ini pula, almarhumah nenek dulu walau udah tinggal menahun di Jakarta pun, cukup sering juga memasak ikan. Entah ikan asam padeh, gulai ikan, maupun goreng ikan.


Selain itu, karena ikan juga cukup bagus kadar gizinya, untuk kami yang masih usia sekolah dulu, makanya sama nenek semacam dipaksa untuk makan ikan, haha... Kalau boleh milih, mendingan makan pake telor ceplok deh. Tapi ya gitu, sama nenek harus doyan banyak jenis masakan.


Lalu ketika saya pulang kampung, tentunya ibu saya malah hampir tiap hari masak ikan. Karena di sini ikan dan hewan laut lainnya lebih murah, udah gitu segar-segar pula. Bahkan di Pantai Ketaping pun ada semacam pasar ikan yang langsung dari hasil tangkapannya para nelayan.


Kalau di kedai nasi padang, gulai ikan biasa dimasak dengan kuah kuning. Ini pedasnya dari cabe rawit hijau yang diketok kasar. Adapula yang memasak gulai ikan dengan kuah berwarna oranye gitu, yang pedasnya menggunakan cabe merah giling.


Mana yang lebih enak? Buat saya sih enak keduanya. Makanya saya suka masaknya tukar-tukar aja, antara gulai kuning atau gulai merah oranye ini. Gulai merah bukannya asam padeh ya, karena kalau asam padeh nggak pake santan.


Memasak gulai ikan, bumbunya lebih sedikit ketimbang gulai ayam atau gulai udang. Matangnya pun juga bisa lebih cepat, karena daging ikan yang lebih lembut. Berikut ini beberapa yang mesti diperhatikan saat memasak gulai ikan khas Minang.


Gulai Ikan Minang
Resep Gulai Ikan Daun Singkong Khas Minang

Tips Memasak Gulai Ikan Masakan Padang, ini dia yang mesti diperhatikan:

 

Bumbunya Nggak Ditumis


Gulai khas Minang itu bumbunya nggak ditumis. Jadi santannya dimasak dengan bumbu dan dedaunan, sampe mendidih banget, baru deh ikannya dimasukkin.

 


Menggunakan Daun Ruku-Ruku


Salah satu yang khas dari gulai ikan masakan padang adalah menggunakan daun ruku-ruku. Tapi kalau di Jakarta dulu, daun ruku-ruku susah juga belinya. Biasanya di rumah orang Minang, suka ditanam di pot. Jadi kalau nggak ada, di-skip aja nggak apa-apa kok. Nanti pake daun kunyit dan serai aja.

 


Pilihan Cabe Menentukan Warna dan Rasa Gulai


Biasanya cabe yang digunakan untuk gulai ikan itu adalah cabe rawit ijo, untuk menghasilkan warna kuah gulai yang kuning.


Lalu kalau menggunakan cabe merah giling, kuah gulainya akan berwarna oranye kemerahan. Biasanya kalau di Jakarta, kalau mau bikin gulai oranye ini saya pake cabe giling, plus cabe rawit merah yang diketok kasar juga. Karena cabe giling di Jakarta itu kurang pedas.


Cabe rawit ijo dan cabe giling punya rasa yang berbeda. Makanya rasa gulainya pun tentu pasti ada bedanya.

 


Kalau Mau Dicampurkan Daun Singkong


Gulai ikan biasanya dicampurkan dengan daun singkong. Pilih daun singkongnya jangan yang tua banget ya, nanti keras. Jangan yang kelewat muda juga, warna hijaunya biasanya pucat.


Gulai ikan yang dicampur daun singkong, biasanya kuahnya akan berkurang pekatnya.

 


Oke, ini dia tips memasak gulai ikan khas Minang. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya. Oh ya, saya biasa memasak ikan itu pake ikan tongkol aja, karena nggak gampang hancur. Ikan tuna juga enak.


Karena ikan tongkol nggak ada, jadi saya pake ikan kembung aja. Nanti teman-teman tinggal sesuaikan aja ya, dengan ikan favorit masing-masing.


Gulai Ikan Padang
Resep Gulai Ikan Daun Singkong Masakan Padang 

Cara membuat gulai ikan daun singkong masakan padang, ini dia bahan-bahan yang mesti disiapkan:


500 gram ikan

1 – 2 genggam daun singkong

1 liter santan dari 1 butir kelapa

20 buah cabe rawit ijo, ketok kasar


 

1 lembar daun kunyit, sobek

1 batang serai, geprek

5 lembar daun ruku-ruku (kalau susah, skip aja)

1 ruas ibu jari lengkuas, geprek


 

1 sdt garam

½ sdt penyedap

2 buah asam kandis

 


Bumbu gilingnya:


8 siung bawang merah

2 siung bawang putih

½ ruas ibu jari jahe

½ ruas ibu jari kunyit

 


Lalu ini ya cara memasak gulai ikan daun singkong khas Minang:


Didihkan santan, bumbu giling, cabe rawit ijo, daun kunyit, serai, daun ruku-ruku, lengkuas, garam, dan penyedap. Masak dengan api sedang sembari sering-sering diaduk, menjelang mendidih.


Kalau udah mendidih, masukkan ikan dan daun singkong.


Masak hingga kurang lebih 30 menit, sejak ikan dan daun singkongnya dimasukkan. Lihat aja sampe ikan dan daun singkongnya empuk ya.


Menjelang matang, masukkan asam kandis.


Cobain dulu ya rasa garamnya.

 


Ini pedasnya cukup berasa kok. Cabe rawit ijonya jangan digiling halus ya, nanti warna kuah gulainya jadi nggak kuning.


Oke, ini dia resep gulai ikan daun singkong masakan padang yang saya buat. Moga bermanfaat ya, terutama bagi teman-teman pecinta kuliner Minang. Makasih banyak ya udah mampir...     

13 comments:

  1. besok aku langsung bikin ah, siapa tau berhasil jadi kaya di fotonya mba Nita. Aku suka banget ikan ini.

    ReplyDelete
  2. Dari sini aku jadi paham kenapa ada penjual online yang menjual cabe rawit hijau sendiri, ada yang menjual cabe rawitnya campur-campur warna.
    Pasti fungsinya untuk menciptakan warna kuah yang berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tergantung kebutuhannya juga ya, Bu Dokter :D

      Delete
  3. Aku suka banget menu ikan dan masakannya ini kayaknya sedap banget mana pedas lagi..sama dengan mamaku suka masak masakan khas kampungnya walau kadang bahan sayurannya harus pesan di saudara di Makassar biar dikirimkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuliner Makassar yg sup pallumara juga enak ini ya, dari ikan juga :D

      Delete
  4. Hmmm penasaran bumbu gak ditumis, mungkin supaya rasa rempah dan daun2nya itu masih bisa terasa asli kali yaa
    Wah ini ide kalau beli ikan kyk gtu bisa dimasak gulai, selama ini bosen digoreng atau bumbu merah melulu haha TFS resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang cara memasak khas Minang nya begitu. Iya rasa kuahnya juga jadi lebih segar :D

      Delete
  5. Aku lagi meresapi resepnya. Karena jujur selama ini kalau masak ikan berkuah santan tuh pasti ikannya aku goreng dulu. Ini langsung ya mba dicemplungin ke kuah tanpa digoreng dl? Waaah kudu kucoba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan kelewat diaduk kalo ikannya udah masuk :D

      Delete
  6. kalau mau bikin gulai khas Padang tuh kepentok di daun kunyit karena gak menanam sendiri huhu, padahal pernah nyoba emang lebih sedap sih. Resepnya bisa jadi inspirasinya nih

    ReplyDelete
  7. Kayaknya resep nita akhir-akhir ini ga pake ditumis bumbunya ya. Jadi lebih sehat nih, soalnya dah dpt gurihnya dari santan juga kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, cara memasak gulai Minang memang begini, haha... Bumbunya gak ditumis

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P