Novel Cerita Ade Karya Nia Ramadhani – Selalu Ada Hikmah Dibalik Perjalanan Hidup

Nia Ramadhani, rasanya kisah hidup dia yang mana yang nggak tertulis oleh media. Tapi melalui novel Cerita Ade, Nia merangkum untold story yang mungkin bisa saling menguatkan bagi sesama anak broken home, anak-anak sandwich generation, serta bagi orang-orang yang pernah melangkah di jalur yang salah.

 


Apa kabar, teman-teman?


Kala itu, di tengah hidup yang terbilang mencapai titik terendah, saya membaca sebuah novel terjemahan. Tentang perjalanan seorang perempuan dengan tumpahan demi tumpahan air mata sedari kecil. Anak yatim piatu yang diantarkan oleh pihak keluarganya ke sebuah asrama, yang nantinya akan mahir dalam sebuah profesi tersebut.


Perjalanan hidup yang terasa begitu pahit, bikin si anak perempuan ini berkali-kali putus asa. Sampe akhirnya ada sebuah momen yang bikin dia akhirnya punya semangat hidup. “Aku harus berhasil menjadi ... !” Ada sebuah impian yang dia kejar, melalui profesi tersebut.


Hingga akhirnya setelah dewasa, berucaplah dia, “Kalau dulu menyerah, mungkin aku nggak akan tau artinya bahagia. Aku nggak akan tau, kalau mimpi yang terasa mustahil sekalipun, bisa tercapai.”


Betapa saya merasa terkuatkan dari novel itu...

 


Novel Cerita Ade Karya Nia Ramadhani


Nia Ramadhani, rasanya bagian hidup dia yang mana yang nggak dijadikan berita oleh media. Maklum, beberapa sinetron yang Nia perankan memang terbilang terkenal, bahkan hingga ke negara tetangga. Begitupun karya Nia lainnya.


Pada post sebelumnya, saya udah menulis, kalau Nia lagi ada project dengan Ayah Pidi Baiq, yaitu novel Cerita Ade. Sebuah kisah hidup Nia yang difiksikan dalam tokoh Ade. Nama tokoh yang juga merupakan nama kecil Nia di tengah keluarga.

 


“Kalau berita tentang Nia Ramadhani bisa kita simak di beberapa media, trus ngapain kita beli bukunya segala?”


Mungkin ada yang bilang begini, tapi malu-malu, haha...


Ketika saya membaca potongan demi potongan isi novel Cerita Ade, pada akun instagram @cerita.ade , saya pun jadi teringat akan novel terjemahan yang saya ceritakan di atas. Tentang perjalanan hidup seorang anak perempuan yang berbeda dengan anak-anak lain, tentang kerja keras, hingga akhirnya bisa mencapai segala impian yang mungkin sama sekali nggak terpikirkan.


Sebuah untold story – cerita yang beberapa potongannya ada yang belum pernah diberikan oleh media.

 


Novel Cerita Ade – Rangkaian Demi Rangkaian Kalimatnya Bisa untuk Saling Menguatkan


Alhamdulillah, ikut senang saya ketika pada akhirnya Novel Cerita Ade udah soft launching pada Senin, 28 November 2022 lalu di Pusat Rehab FAN Campus, Bogor.


Sebuah tempat yang dipilih sebagai pengingat, bahwa di sanalah – di pusat rehabilitasi narkoba itu, Nia menuliskan kalimat demi kalimat draft novel ini. Hingga akhirnya diperlihatkan pada Ayah Pidi Baiq untuk dikoreksi, lalu terbitlah Novel Cerita Ade ini.


Kemudian grand launching pun akan diadakan pada Sabtu, 10 Desember 2022 di Toko Buku Kinokuniya, Grand Indonesia, Jakarta. Uwww... sayangnya saya udah nggak jadi anak Jakarta lagi sih, ahahaha... Jadinya nggak bisa ketemu Nia deh... 


Sebagai orang yang pernah menulis novel juga, saya bisa membayangkan bahagianya Nia ketika melihat karya dia pada akhirnya terbit. Selamat, Nia. Moga best seller ya...


Novel Cerita Ade, bukan merangkum segala berita tentang Nia Ramadhani yang pernah dituliskan oleh media. Bukan pula tentang cerita sukses tentang perjalanan hidup dari dasar hingga ke puncak. Tapi bagi saya, dari yang saya simak pada akun @cerita.ade , novel ini juga ngasih kekuatan untuk orang-orang, yang masa lalunya kurang lebih sama dengan Nia.

 


Novel Cerita Ade memang asyik untuk dibaca siapa aja, terlebih untuk orang-orang yang:

 

Anak Broken Home


Novel ini mengisahkan tentang kasus KDRT dari sudut pandang anak-anak. Bagaimana Nia yang masih di usia balita, udah melihat kasus KDRT ibunya hingga akhirnya orang tuanya memutuskan berpisah.


Nia pun berbagi cerita, bagaimana cara menghilangkan trauma dan tetap percaya akan sosok lelaki dan suami.


Cerita lengkapnya bisa mampir ke link ini aja ya -) Nia Ramadhani dan Cerita Ade tentang Menjadi Anak Broken Home

 


Anak Sandwich Generation


“Enak ya jadi artis, terkenal dan banyak duit!”


Mungkin begini komentar banyak orang. Sebuah untold story yang Nia bagikan, bahwa perpisahan orang tuanya yang menjadikan Nia harus bekerja sepulang sekolah. Bahkan terkadang izin syuting segala. Mungkin cara mencari rezekinya memang beda, tapi Nia juga merasakan kok jadi anak-anak sandwich generation.


Hikmah yang didapat adalah... Nia yang pekerja keras, menjadi nilai plus bagi Mas Ardi Bakrie ketika memilih calon istri. Kerja keras dan hasilnya pula, yang bikin Nia pede hadir di tengah keluarga konglomerat yang harmonis, walau dirinya merupakan anak broken home.

 


Anak Broken Home yang Sedang Mendekati atau Didekati Seseorang


Dibesarkan dalam kondisi orang tua terpisah, membuat Nia jadi makin hati-hati dalam memilih jodoh. Terlebih ketika dipertemukan dengan Mas Ardi Bakrie – yang banyak teman perempuannya, haha...


Nia ogah, walau Mas Ardi banyak duit, hihihi... Tapi kalau kata Tuhan berjodoh, ya bersatu juga. Alhamdulillah langgeng hingga sekarang punya anak 3 ya...


Cerita lengkapnya juga udah saya post ya di -) Nia Ramadhani dan Cerita Ade tentang Sosok Lelaki di Mata Perempuan Mandiri

 


(Calon) Orang Tua dan Mertua


Kebayang nggak sih, misal melakukan sebuah kesalahan, yang terbilang memalukan bagi keluarga besar suami yang pebisnis terkenal. Tentu ada rasa takut dan malu. Tapi Pak Ical Bakrie dan Ibu justru malah tetap merangkul.


Tidak ada keluarga yang sempurna. Papa nggak akan menjauhi anak-anak dalam kondisi apapun. Kurang lebih begini pesan Pak Ical pada Nia dan Mas Ardi. Bahkan karena kasus itu pula, hikmahnya mereka jadi makin dekat dan makin menjaga anak-anak dengan segala nasihatnya.


Bahkan ketika soft launching novel Cerita Ade pun, ayah dan ibunda mertua Nia juga menyempatkan hadir. Indah ya...


Mertua yang baik, hubungan menantu dan mertua yang harmonis, juga Nia bagikan dalam novel Cerita Ade ini.


 

Yang Pernah Salah dalam Melangkah


Teman-teman mungkin ngikutin juga beritanya, kalau pada kisaran Juli 2021 lalu, Nia dan Mas Ardi ditangkap karena penggunaan narkoba. Kemudian mereka berdua pun menjalani rehabilitasi.


Selesai rehab, Nia dan Mas Ardi lebih banyak menghabiskan waktu dengan berolahraga. Terutama Nia yang mengikuti beberapa marathon.


Jadi novel ini pun juga menguatkan bagi siapa aja yang pernah melakukan kesalahan, harus tetap punya semangat untuk bangkit. Mengubah diri menjadi yang lebih baik dan makin dekat pada Tuhan. Ini pula yang menjadi hikmah bagi Nia dan Mas Ardi atas masalah narkoba pada tahun lalu.

 


Oke, ini dia sharing saya tentang Novel Cerita Ade, karya Nia Ramadhani dengan menggandeng Ayah Pidi Baiq. Moga bermanfaat untuk teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir.. 

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P