Resep Nasi Goreng Padang

Nasi goreng khas Minang punya ciri khas akan warnanya yang kemerahan, serta ada rasa pedasnya. Disajikan dengan telur, irisan timun dan lalapan yang sesuai, serta kerupuk merah yang menjadi ciri khas kuliner Minang. Berikut ini cara membuat nasi goreng padang yang gurih agak pedas.


Nasi Goreng
Nasi Goreng Padang

Apa kabar, teman-teman?


Dulu semasa ngajar di Apartemen Kalibata, pernah saya dibeliin nasi goreng padang. Bos saya memang orang Minang juga. Saat itu saya malah baru tau kalau ada nasi goreng khas Minang, haha...


Begitu bungkusnya dibuka, nasi gorengnya kelihatan kemerahan, karena penggunaan cabe giling dan kecapnya yang cuma sedikit. Dilengkapi juga dengan telur ceplok, irisan selada, timun, tomat, serta nggak ketinggalan kerupuk merah – yang menjadi ciri khas kuliner Minang.


Nasi gorengnya juga dilengkapi dengan dendeng batokok yang dipotong kecil-kecil, diaduk dengan nasi gorengnya. Lalu yang paling saya suka tentu rasa bumbunya, perpaduan pedas, gurih, dan agak manis karena tetap pake kecap ya.


Setelah saya tinggal di kampung ini, sampai sekarang belum nyobain nasi goreng padang yang bumbunya seenak itu, hahah... Susah ya, sedari awal udah nyobain langsung yang premium. Selain itu yang namanya nasi goreng kan dijualnya malam ya. Sementara saya kadang pingin sarapan nasi goreng.


Ketika lagi lihat akun youtube-nya Dapur Uni Et, wah ternyata ada resep nasi goreng padang. Saya pun baru tau, kalau ternyata yang bikin gurih itu karena menggunakan udang rebon juga.


Jadi kalau nasi goreng jawa menggunakan ebi, nasi goreng padang ini menggunakan udang rebon. Buat teman-teman yang belum tau bedanya ebi dan udang rebon, bisa mampir ke link ini aja ya -) Bedanya Ebi dan Udang Rebon

 


Tips Memasak Nasi Goreng Biar Matang Sempurna


Memasak nasi goreng bisa dibilang gampang, tapi nyatanya ada juga orang-orang yang gagal memasaknya. Entah nasinya jadi lengket dan lembek, kurang kering, kegosongan, dan macam-macam pokoknya.


Bahkan kemarin itu di tiktok ada yang share video kalau dia masak nasi goreng, udah kayak hampir jadi bubur, saking lembeknya. Kemudian di kolom komennya juga ada yang bilang, “Saya udah berapa tahun, masak nasi goreng gagal terus.”


Ada yang bilang, kalau masak nasi goreng itu menggunakan beras pera, biar bulir nasinya bagus. Cuma nggak mungkin kalau buat saya, memasak nasi yang khusus buat nasi goreng aja. Apalagi seringkali, nasi goreng dibuat untuk menghabiskan sisa nasi yang udah dingin.


Ini dia beberapa yang perlu diperhatikan saat ingin memasak nasi goreng:

 


Gunakan Nasi yang Udah Dingin


Memasak nasi goreng memang nggak mesti nunggu ada nasi sisa dulu. Kalaupun nasi yang masih hangat dalam magic com juga bisa. Jadi ketika terpikir mau masak nasi goreng, keluarkan dulu nasi yang akan digunakan. Sementara kita menyiapkan ini itu, nasi putihnya udah hilang panasnya.

 


Simpan Nasi di Dalam Kulkas


Ini dia kalau pingin bulir nasinya akan lebih bagus. Ketika teman-teman berencana mau sarapan nasi goreng, sedari malam nasi putihnya bisa disimpan di dalam kulkas dulu. Baru paginya dikeluarkan.

 


Gunakan Api yang Konsisten Sedang dari Awal hingga Selesai


Kadang kita berpikir, takut nasi gorengnya hangus, jadi begitu hampir matang, apinya dipelankan. Baiknya penggunaan api konsisten api sedang, sejak nasinya dicampurkan, hingga matang. Yang terpenting kalau udah hampir matang, aduk lebih sering ya, biar nggak gosong.

 


Gunakan Kuali Kampung


Khusus untuk memasak nasi goreng jawa dan nasi goreng padang, saya lebih suka menggunakan kuali kampung. Wangi-wangi khas asapnya itu lebih maknyuss kalau pake kuali kampung, udah gitu keringnya juga bagus.  Kalau nasi goreng Chinese baru saya pake wajan anti lengket, karena kan nggak perlu kering amat.


Tapi kalau teman-teman nggak punya, atau kompornya menggunakan kompor orang kaya yang flat, haha... Ya pake wajan yang selalu digunakan aja.

 

Ya kurang lebih ini tips memasak nasi goreng dari saya. Mungkin teman-teman juga ada tips lainnya, nanti bisa share aja ya. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

 

Nasi Goreng
Nasi Goreng Khas Minang

Cara membuat nasi goreng padang, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


200 - 250 gram nasi putih

3 siung bawang merah, iris

1 siung bawang putih, chop, iris

1 batang daun bawang, ambil ijonya aja, iris

 

2 sdt cabe giling

1 sdt udang rebon

¼ sdt garam

¼ sdt penyedap

 

1 sdt kecap

Secukupnya minyak goreng

 


Pelengkap:


Telur ceplok

Timun dan tomat, iris

Kerupuk merah


 

Lalu ini ya cara memasak nasi goreng khas Minang:


Sebelum kualinya kotor, kita ceplok telur dan goreng kerupuk dulu ya.


Panaskan sedikit minyak, kemudian tumis bawang merah dan bawang putih hingga kuning keemasan.


Campurkan daun bawang, cabe giling, ebi, garam, dan penyedap. Tumis hingga wanginya menguar. Cabenya udah nggak bau langu lagi ya.


Masukkan nasi, lalu aduk merata.


Tuang kecap ke pinggiran kuali, bukan di atas nasi ya. Biar lebih wangi. Aduk lagi hingga merata.


Sajikan nasi goreng dengan telor ceplok, irisan timun dan tomat, serta kerupuk merah.

 


Ini saya pas mau masak, baru ngeh kalau cabe gilingnya habis. Jadi pake cabe dari sambal goreng ikan, haha... Kalau pake cabe giling, warnanya akan lebih merah.


Kalau teman-teman mau bikin pake dendeng batokok juga, biar jadi nasi goreng padang yang premium, haha... Bisa mampir ke link ini ya -) Resep Dendeng Batokok


 Ini sedikit rekamannya ya...

 


Lalu kalau ingin lihat cara memasak mie goreng padang, bisa mampir ke link ini ya -) Resep Mie Goreng Padang


Oke ini dia resep nasi goreng padang yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi sarapan teman-teman ya. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P