Bedanya Ebi dan Udang Rebon untuk Masakan

Kalau nggak ada ebi, apa bisa ditukar dengan udang rebon? Selain ukurannya yang berbeda, ebi dan udang rebon juga memiliki kegunaan yang berbeda. Mari simak bedanya, manfaat ebi dan udang rebon dalam sebuah masakan.



Apa kabar, teman-teman?


Ebi dan udang rebon. Karena memang sama-sama udang kecil, terkadang ada yang menganggap kalau keduanya punya kegunaan yang sama. Makanya kadang ada yang nanya, kalau misalnya nggak ada ebi, apa bisa ditukar aja dengan udang rebon?


Nggak cuma tentang ukurannya aja yang berbeda. Pada sebuah masakan, ebi dan udang rebon juga memiliki kegunaan masing-masing. Ada yang sebagai campuran masakan, kayak teri medan. Adapula yang gunanya sebagai penyedap masakan alami, layaknya MSG.


Yuk mari kita simak lengkapnya, bedanya ebi dan udang rebon. Serta, apa aja sih kandungan gizi yang terkandung di dalam keduanya...

 


Ebi – Udang Kering yang Diawetkan



Ternyata ebi diambil dari bahasa Jepang, yang artinya udang. Kalau dalam bahasa Hokkian disebutnya hebi.


Ebi merupakan udang berukuran kecil, yang dikeringkan untuk diawetkan. Jadi udang yang masih segar, setelah dibersihkan, kemudian direbus selama 30 menit. Lalu dijemur hingga kering.


Abis itu dilakukan deh pemisahan daging udang dari kulitnya. Caranya gimana? Nggak kita potesin satu-satu, pemirsahhh... Hahah... bisa nggak kelar-kelar ntar. Tapi dengan dimasukkan ke dalam karung, trus ditumbuk. Abis itu baru deh dikemas di dalam plastik.


Ebi ini juga warnanya kemerahan. Mirip dengan udang rebus ya. 


Saya biasanya beli udang ebi kemasan kecil di toko ini, karena pasar di kampung ini nggak ada yang jual ebi. Teman-teman bisa klik aja ya -) Udang Ebi 

 


Udang Rebon – Udang Kering yang Rasanya Asin



Udang rebon juga merupakan jenis udang yang kecil-kecil. Biasanya udang rebon ada di perairan Asia Tenggara.


Udang rebon ini ada 2 jenis, yaitu udang rebon basah dan udang rebon kering.


Kalau udang rebon, warnanya itu lebih ke krem atau kuning muda gitu lah. 

 


Bedanya Ebi dan Udang Rebon dalam Sebuah Masakan



Kalau dari sisi tampilannya, ebi memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang udang rebon.


“Wah tapi kok kalau lihat di fotonya Nita, ebi itu lebih besar?”


Iya, ternyata kalau sekarang ini, ebi pun menggunakan udang yang lebih besar dari udang rebon ya.

 


Lalu kalau dari kegunaannya untuk sebuah masakan, ebi dan udang rebon pun memiliki fungsi yang berbeda.


Ebi digunakan sebagai penyedap masakan alami. Biar masakan jadi lebih gurih, kayak pake MSG kemasan.


Ebi bisa digunakan secara utuh, adapula yang digiling halus. Tergantung dari jenis masakannya ya.


Biasanya ebi digunakan untuk masakan yang ditumis, masakan berkuah, atau untuk sambal juga bisa.


Lalu ebi kering juga bisa dijemur lagi, kemudian dioven, lalu disangrai, abis ditumbuk dan bisa digunakan untuk taburan makanan, kayak kue talam ebi.


Contoh masakan yang menggunakan ebi adalah sayur godog betawi dan mie sagu riau.

 


Sedangkan udang rebon digunakan untuk campuran masakan. Rasanya itu asin-asin kayak teri medan. Udang rebon bisa digunakan untuk masakan tempe kacang rebon pedas manis dan juga mie goreng padang. Bisa juga untuk dijadikan peyek rebon.


Oh ya cemilan sala lauak khas Minang juga bisa menggunakan udang rebon.

 


Manfaat Mengkonsumsi Ebi dan Udang Rebon



Selain untuk menambah cita rasa masakan, ebi dan udang rebon ternyata juga ada manfaatnya bagi kesehatan. Biar kita makin semangat menyantapnya nih, berikut ini beberapa manfaat dari ebi dan udang rebon...

 


Kandungan gizi pada ebi atau udang kering


Dalam 100 gram ebi, terdapat kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, serta C.


Kandungan mineral pada ebi, yang salah satunya adalah selenium, ternyata bisa untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.


Selain itu, selenium juga bisa untuk mencegah berbagai penyakit, kayak kardiovaskular. Bisa juga sebagai obat anti depresan bagi penderita depresi. Selain itu bisa juga untuk mencegah penyakit diabetes, apalagi kalau glukosanya rendah.


Pada ebi, terdapat 2 jenis kandungan omega 3, yaitu DHA dan EPA. Ini gunanya untuk menjaga kesehatan sistem syaraf pada tubuh. Serta untuk menjaga penyakit yang berkenaan dengan jantung juga.


Ebi juga memiliki kadar potein yang tinggi, yang bagus untuk pertumbuhan kuku, rambut, dan meningkatkan massa otot.


Ebi juga bagus untuk mengatasi anemia, serta vitamin B pada ebi juga baik untuk stabilkan tekanan darah.


Mineral seperti fosfor, kalsium, dan selenium yang tinggi pada ebi, bisa untuk menguatkan tulang dan gigi pada masa pertumbuhan.

 


Kandungan gizi pada udang rebon


Nggak cuma ebi, udang rebon pun juga turut menyumbangkan nutrisi bagi para penikmatnya. Udang rebon memiliki kandungan protein, lemak, energi, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, serta vitamin B1.


Protein pada udang rebon ternyata bisa untuk memperbaiki gizi pada anak-anak yang kena malnutrisi. Wow, nggak harus makanan yang mahal kan untuk tumbuh kembang anak.


Udang rebon juga bagus untuk menambah daya ingat anak, karena juga bisa untuk meningkatkan perkembangan sel otak.


Nah kalau abis kena luka atau memar, asam amino pada udang rebon juga bisa membangun sel yang rusak akibat luka atau memar.


Dalam 100 gram udang rebon, terdapat sekitar 2.300 mg kalsium. Ini bagus banget untuk menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis. Kemudian fosfornya juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

 


Oke, ini dia bedanya ebi dan udang rebon untuk digunakan pada sebuah masakan. Ternyata nilai nutrisi yang ada pada ebi dan udang rebon, banyak juga ya manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita.


Moga bermanfaat bagi teman-teman ya. Makasih banyak ya udah mampir...  


Pendukung materi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Ebi

https://id.wikipedia.org/wiki/Udang_rebon

https://www.kompas.com/food/read/2022/01/14/100900975/apa-itu-ebi-penyedap-masakan-berupa-udang-kecil

https://www.kompas.com/food/read/2021/03/29/170800975/bedanya-udang-rebon-dengan-ebi-dari-ukuran-sampai-fungsinya

https://manfaat.co.id/manfaat-udang-rebon

https://manfaat.co.id/manfaat-udang-kering

4 comments:

  1. Jadi tercerahkan nih dengan pembahasan udang rebon VS ebi, ternyata kandungan dan manfaatnya bagus banget ya buat kesehatan, jadi gak sekedar membuat masakan jadi enak ya.

    ReplyDelete
  2. Dan selama ini aku pikir sama ajaaaa wkwkwkwkkw. Untung baca tulisan mba Nita.

    Dulu itu aku pernah bikin mun tahu mba..hrsnya pake ebi. Tapi kayaknya aku salah beli jadi rebon 🤣. Hasilnya jadi gurih asin tapi eneg bangetttt 🤣. Mungkin Krn kebanyakan. Lah aku pikir rasanya sama aja 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya nanti bikin lagi Mba, haha... Ebi kayaknya juga dipake untuk masakan Chinese ya, buat penggurih alami.

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P