Resep Tempe Kacang Rebon Pedas Manis

Cara memasak orek tempe dan kacang tanah, dengan campuran udang rebon yang dimasak pedas manis. Rekomendasi masakan rumahan atau masakan harian yang murah meriah.



Apa kabar, teman-teman?


Dulu tiap kali di rumah ada yang ulang tahun, almarhumah nenek atau tante selalu masak nasi uduk.


Nasi uduk atau nasi kuning berlauk goreng ayam, irisan timun, irisan telur dadar, sambal kacang khas nasi uduk Betawi, serta yang nggak ketinggalan adalah orek tempe yang digoreng hingga garing, kemudian diaduk dengan bumbu kecap.


Walau lagi nggak ada yang ulang tahun pun, haha... orek tempe sering juga kami buat. Kami memang lebih suka orek tempe yang digoreng garing, kemudian dikasih irisan cabe merah.


Selain orek tempe bumbu kecap, kami juga suka masak orek tempe yang dicampurkan dengan kacang tanah, kemudian diaduk dengan sambal balado terasi dan gula merah. Rasanya tentu jadi pedas manis, dan mantappp...


Karena lagi ada udang rebon, jadilah orek tempe dan kacang tanahnya saya campurkan juga dengan udang rebon. Rasanya pun bertambah, jadi pedas manis dan agak asin khas udang rebon.

 


Udang Rebon - Nggak Sama dengan Ebi


Saya pun baru tau udang rebon pas udah di kampung ini. Karena memang lebih familiar dengan ebi, untuk salah satu bumbu Sayur Godog Betawi.


Lalu pas mau masak Mie Goreng Padang, saya lihat salah satu campurannya adalah menggunakan udang rebon. Jadilah saya nitip dengan mama. Saya baru tau kalau udang rebon itu lebih halus-halus ketimbang ebi.


Bukan cuma tentang ukurannya aja, kegunaan udang rebon dan ebi pun juga berbeda. Singkatnya, kalau udang rebon itu untuk campuran masakan, kayak ikan teri medan gitu lah. Sedangkan ebi itu untuk bumbu masak penggurih, misalnya untuk sayur godog.


Nanti saya mau bikin post terpisah ya tentang udang rebon dan ebi ini.

 


Memasak orek tempe dan kacang tanah memang terbilang gampang kok. Tapi terkadang, ada aja yang cerita kalau orek tempe yang mereka masak kok nggak garing, atau kehangusan, kadang jadi hancur juga. Ada juga yang cerita kalau kacang tanahnya masih belum matang, padahal kulitnya udah cokelat kehitaman. Bahkan kadang udah hangus pula.


Berikut ini, saya mau tips menggoreng orek tempe dan kacang tanah, serta udang rebon ya...

 


Tips Menggoreng Orek Tempe, Kacang Tanah, dan Udang Rebon yang Garing dan Nggak Hangus

 

Iris tempe jangan terlalu tebal dan tipis


Ketika mengiris tempe, usahakan jangan terlalu tebal. Karena nanti untuk garingnya jadi agak susah. Tapi jangan terlalu tipis juga, nanti jadi gampang hancur.


Biasanya saya mengiris tempe itu dengan menyerong, jadi akan terlihat panjang-panjang irisannya.

 


Goreng Tempe Menggunakan Teflon


Wajan teflon ini kan rata melebar, jadi bagus untuk menggoreng tempe biar nggak bertumpuk. Kalau melebar gini kita nggak perlu terlalu sering mengaduk kan.


Tapi kalau menggunakan wajan biasa pun juga nggak apa-apa, yang penting jangan terlalu banyak juga sih masukkinnya.

 


Perhatikan Apinya


Baik menggoreng tempe, ketika dimasukkan bisa menggunakan api sedang. Lalu kalau udah diaduk atau di pertengahan, pelankan ya apinya. Biar tempenya tetap kuning keemasan sampe garing.


Untuk kacang tanah, gunakan api pelan sejak awal aja. Biar nggak hangus juga dan matang.


Lalu kalau untuk udang rebon, gunakan api pelan aja sejak awal juga. Biar garing dan warnanya bagus kuning keemasan.

 


Perhatikan Cara Mengaduknya


Untuk tempe, ketika awal dimasukkan, jangan terlalu sering diaduk. Nanti bisa kelewat hancur. Kalau makin menjelang kuning keemasan, barulah sering diaduk biar nggak hangus dan garing merata.


Untuk kacang tanah, dari mulai dimasukkan langsung diaduk ya. Nanti kalau udah menjelang matang, diangkat aja lalu tiriskan. Karena kacang tanah ini biasanya akan matang di luar.


Lalu untuk udang rebon juga sama, mulai dari dimasukkan, sering-sering diaduk ya. Goreng hingga kelihatan kering dan warnanya pun agak kuning keemasan.

 


Itu dia tips untuk menggoreng orek tempe, kacang tanah, dan udang rebon biar garing, kuning keemasan, dan nggak hangus. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

 


Cara membuat orek tempe, kacang tanah, dan udang rebon pedas manis, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


150 gram tempe / 1 papan kecil

100 gram kacang tanah

30 gram udang rebon

1 keping kecil gula merah, sisir

 


½ sdt garam

½ sdt penyedap

2 ruas jeruk nipis

3 lembar daun salam

 


Seujung sendok gula

Secukupnya minyak goreng

 


Bumbu giling untuk tempe:


2 siung bawang putih

½ sdt lada

½ sdt ketumbar

¼ sdt garam

 


Bumbu giling untuk sambal:


20 buah cabe merah  

5 siung bawang merah

1 siung bawang putih

1 sachet terasi

 


Lalu ini ya cara memasak orek tempe, kacang tanah, dan udang rebon pedas manis:


Iris tempe jangan terlalu tipis atau tebal. Lalu aduk dengan bumbu giling untuk tempe.


Cuci kacang tanah, lalu tiriskan.


Cuci udang rebon, lalu tiriskan.


Panaskan secukupnya minyak goreng, lalu goreng tempe dengan api agak sedang. Ketika udah diaduk, pelankan apinya biar nggak hangus sampe matang garing kuning keemasan. Ketika masih putih, jangan terlalu sering diaduk ya, biar nggak hancur. Angkat, tiriskan.


Lanjut masak kacang tanah dengan api pelan. Diaduk terus aja biar nggak hangus. Kalau udah menjelang matang, angkat dan tiriskan. Kacang tanah biasanya akan matang sempurna di luar.


Kemudian goreng udah rebon dengan minyak sedikit aja. Gunakan api pelan dan sering-sering diaduk ya. Masak hingga udah kelihatan kering dan warnanya agak kuning keemasan.


Panaskan minyak yang baru, atau kalau minyak sebelumnya masih bagus ya pake aja, kemudian masukkan sambal, garam, penyedap, jeruk nipis, dan daun salam. Masak dengan api sedang sembari sering diaduk.


Kalau udah setengah matang, masukkan gula merah. Aduk hingga gula merahnya meleleh dan sambalnya udah matang.


Menjelang matang masukkan gula. Ini untuk penggurih juga ya.


Campurkan orek tempe, kacang tanah, dan udang rebon. Lalu aduk merata.

 


Ini rasanya perpaduan dari pedas, manis, ada asin dari rebon, plus rasa terasi. Nano nano ya, hehe... Jadinya cukup banyak, sepiring penuh.


Oke, ini dia resep orek tempe, kacang tanah, dan udang rebon pedas manis yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian atau masakan rumahan teman-teman ya. Makasih banyak ya udah mampir...

1 comment:

  1. Iyaaaa... kalau udah rebon kecil2, kalau ebi gede dia hihihi :) Aku sering dibagi mamahku nih tempe orek pakai kacang tanah. Rasanya pedas manis, terasa deh gula Jawa-nya hhmm.... :D Aku sendiri belum pandai masak menu ini. Tempenya mesti garing sih ya jadi motongnya jangan tebal2 :D

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P