Resep Puding Jagung Pandan

Cara membuat puding dari olahan jagung, santan, dan pandan. Rekomendasi cemilan kenyang dari olahan karbo.


Cara membuat puding jagung pandan
Puding jagung pandan

Apa kabar, teman-teman?


Adeknya Giva senang banget makan jagung manis. Mulai dari jagung rebus, sayur jagung, sampe bakwan jagung. Anaknya memang susah makan nasi, makanya disodorin karbo yang lain aja.


Melihat di warung ibu sayur ada jagung, saya pun jadi kepikiran untuk bikin puding jagung. Sekalian bisa untuk bekal kakak Giva sekolah. Eh ternyata pas mateng, adek kurang doyan, hahahah… Jadi kakak Giva aja yang makan bolak balik, plus dibawa sebagian untuk bekal.


Bagi teman-teman yang anak-anaknya susah makan, puding tentu bisa untuk membantu asupan karbo ya. Nanti santannya bisa ditukar dengan susu cair aja.


Nggak cuma untuk anak-anak aja, untuk kita-kita yang dewasa pun, menyantap puding jagung juga menyenangkan, yes. Bisa untuk cemilan sore yang lumayan kenyang, maupun untuk takjil berbuka puasa. Karena biasanya kalau abis buka puasa itu malas makan nasi ya.


Puding jagung yang saya buat ini, menggunakan campuran pasta pandan. Tadinya sih karena pasta kuningnya nggak ada, haha… Jadi pake pasta pandan aja, biar warnanya jadi hijau cerah kayak kulit jagung, hehe…


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya. Anyway kalau teman-teman mau bikin puding karbo yang lain, bisa mampir aja ya ke -) Resep Puding Ubi Ungu

 

Cara memasak puding jagung pandan
Cara membuat puding jagung pandan

Cara membuat puding jagung pandan, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


2 jagung yang besar, pipil kasar aja

1 bungkus agar-agar Swallow Globe atau sejenisnya, yang bening atau hijau

200 ml santan – saya pakai 65 ml santan instan dan sisanya air

600 ml air

 

8 – 10 sdm gula

1 sdt vanilla cair atau seujung sendok vanilli

Seujung sendok pasta pandan

 


Lalu ini ya cara memasak puding jagung pandan:


Masukkan pipilan jagung dan secukupnya air (dari yang 600 ml) pada panci. Masak sampe mendidih aja. Biar nggak langu, jagungnya dimasak dulu.


Tunggu biar adem, kemudian blender halus.


Campurkan blenderan jagung, bubuk agar-agar, santan, sisa air, gula, vanilla cair, dan pasta pandan. Aduk hingga merata, baru nyalakan kompor.


Masak hingga mendidih sembari sering diaduk ya. 


Kalau udah mendidih, tuang ke dalam loyang. Tunggu sampe panasnya hilang, kalau mau disimpan di dalam kulkas.

 


Ini rasanya perpaduan manis dan gurih, karena pake santan. Silakan teman-teman coba juga menggunakan susu cair, biar rasanya jadi creamy. Jadinya 1 loyang sedang ini.


Kalau teman-teman mau bikin puding buah, bisa mampir aja ya ke -) Resep Puding Nangka Santan dan Resep Puding Durian Pandan


Oke, ini dia resep puding jagung pandan yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi cemilan teman-teman ya, terutama yang penyuka puding. Makasih banyak ya udah mampir. 

2 comments:

  1. Seneeeng kalo ke blog mba Nita dan ada resep mudah 😄😄👍. Membantu banget buatku yg blm jago masak mba.

    Udah lamaaa ga bikin dessert sejak asistenku resign. Kayaknya mau sesekali bikin lagi deh, buat anak2. Ini gampang memang, dan anakku juga doyan jagung manis. Tapi mungkin aku ganti pake susu aja, soalnya memang mengurangi santan.

    Kalo masak makanan santan , itupun aku ganti pake fiber creme 😅. Makasiiih resepnya mba nit ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya seneng masak puding juga, karena bikinnya cepet, haha... Kadang kita udah capek kan masak makanan utama :D

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P