Resep Puding Durian Pandan

Cara membuat puding santan dengan campuran durian dan pandan. Rekomendasi cemilan dari olahan durian.

 

Pudding Durian Pandan
Cara membuat puding durian pandan

Apa kabar, teman-teman?


Rumah orang tua saya berada di tanah keluarga besar ibu. Mungkin teman-teman juga pernah mendengar, kalau tanah pusaka, cuma diwariskan untuk anak perempuan dan seterusnya. Makanya, misalnya bapak saya mau bangun rumah di tanah keluarga beliau, ya nggak bisa.


Nah pada tanah warisan keluarga besar ini, ada 1 pohon durian yang mungkin cukup besar. Karena saya sendiri nggak pernah melihat jelas. Memang agak jauh juga dari rumah.


Pohonnya cuma 1, tapi kalau udah panen, buahnya ini cukup banyak. Makanya bisa ditungguin secara bergantian oleh ibu saya dengan para sepupunya. Terkadang pas ibu saya nungguinnya barengan, durian jatuhnya itu bisa beberapa. Jadi bisa dibagi rata kan.


Karena pohonnya yang cuma 1 ini pula, jadi ya untuk dimakan aja. Lain kalau kayak kelapa. Pohonnya ada beberapa di tanah ini. Jadi kalau panen, hasilnya pun juga bisa dijual. Tiap Juli, duriannya ini akan mulai berjatuhan. Jadi rasanya panennya ini cuma setahun sekali deh.


Duren mateng pu’un. Begini orang Betawi biasa menyebutnya. Bisa dibilang, hampir nggak ada yang isinya jelek. Misalnya busuk atau dagingnya asam. Walau sesekali tetap ada ya. Begitupun dengan durian hasil kebun orang yang seringkali ibu saya beli.


Awalnya saya kaget loh, ngelihat ibu saya beli duren nggak dibukain, haha... Bahkan nggak ada bekas tusukan untuk pembeli nyobain.


“Emang udah pasti bagus ya, Mah?”


“Wehhh... duren kampung neh, jangan lu samain!” Hahah...


Paling yang membedakan itu, misal duren yang ini manis, lalu yang satunya manis banget. Atau yang 1 warnanya pucat, yang 1 kuning banget. Atau daging duriannya, ada yang tebal banget dan ada yang nggak gitu tebal. Cuma namanya mateng pu’un, duriannya lembut banget dan pulen.


Durian dan ketan
Durian disantap dengan ketan dan taburan kelapa


Orang Minang terbiasa makan durian pake ketan. Di sini disebutnya “durian jo katan”. Jadi kalau penjual durian itu biasanya udah sekalian dengan menjual ketannya.


Begitulah orang Minang, kalau uang bisa masuk 2, kenapa cuma 1, hahah... Walau memang harus usaha lagi dengan memasak ketan ya. Nggak lupa disiapkan kelapa parut yang diaduk dengan garam, untuk menyantap ketannya.


Karena terkadang kenyang juga kalau makan durian pake ketan, duriannya saya jadikan campuran puding aja. Lumayan bisa untuk cemilan sore kan.


Puding durian dari durian utuh yang mateng pu’un pula, tentu jauh lebih enak ketimbang menggunakan pasta durian. Oh ya, kalau teman-teman mungkin pas beli durian, eh kok ya rada hambar. Jangan dibuang ya. Mending dijadikan puding aja.


Karena menggunakan buah durian asli, tentu hasilnya akan beda-beda. Saya memang nggak kelotokin daging duriannya buat ditimbang, karena durian kampung ini kan cenderung lembek. Jadi nanti teman-teman bisa kira-kira aja, berapa potong durian yang diperlukan sampe rasa pudingnya pas. Ditambahkan pasta pandan, biar warnanya hijau cerah dan wangi pandan juga.


Sebelumnya saya udah berbagi cerita tentang puding tape yang dicampur pasta pandan juga. Mungkin bisa jadi rekomendasi lainnya. Mampir ke link ini aja ya -) Resep Puding Tape Pandan


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...


Pudding Durian Pandan
Rekomendasi puding dari olahan durian dan pandan


Cara membuat puding durian pandan, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:

6 potong durian (sesuaikan aja ya)

1 bungkus agar-agar Swallow Globe bening

200 ml santan

600 ml air


8-10 sdm gula pasir

Seujung sendok pasta pandan

1/2 sdt vanilla cair / pasta vanilla (kalau nggak ada, skip aja)

 


Lalu ini ya cara memasak puding durian pandan:


Campurkan durian termasuk bijinya, dan semua bahan. Lalu aduk merata.


Nyalakan kompor, kemudian masak hingga mendidih dengan api sedang sembari sering diaduk.


Kalau daging duriannya udah mengelupas, diangkat bijinya ya.


Tuang ke dalam cetakkan. Oh ya, kalau menggunakan loyang, pastikan loyangnya basah ya, biar nanti nggak susah kalau mau dibalik.


Tunggu panasnya hilang ya, kalau mau didinginkan di dalam kulkas.

 


Pas dimasak, wanginya mantep banget ini, haha... Apalagi pas dimakan, perpaduan rasa durian dan pandan. 


Kalau teman-teman kurang suka puding dari olahan durian, mungkin bisa mampir ke puding regal aja. Bisa langsung klik link ini aja ya -) Resep Puding Nutrijell Regal 


Ada juga puding dari olahan ubi ungu yang bikin kenyang. Mmapir ke link ini aja ya -) Resep Puding Ubi Ungu


Oke, ini dia resep puding durian pandan yang saya buat. Moga bisa menjadi rekomendasi cemilan sore teman-teman ya, terutama yang penyuka puding dan durian. Makasih banyak ya udah mampir...

2 comments:

  1. enak emang ya makan ketan pake durian, uww apalagi ketannya kalo anget. Bablas ahaha... ngebayangin makan puding durian pas dingin, nyess,,seger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wangi banget mba, pake duren mateng pu'un pula, hahah...

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P