5 Hidangan Unik Khas Tahun Baru di Dunia

Merayakan tahun baru seringkali dilewatkan dengan kumpul keluarga maupun teman-teman. Berbagai kuliner pun disajikan untuk melengkapi moment tersebut. Tapi pada beberapa negara, mereka menghadirkan hidangan unik khas tahun baru, yang lengkap dengan maknanya. Berikut ini 5 hidangan unik khas tahun baru, dari beberapa negara di dunia.

Apa kabar, teman-teman?


Kumpul keluarga maupun bersama teman-teman, rasanya nggak lengkap bukan, tanpa kehadiran makanan, hihihi… Apalagi saat moment perayaan malam tahun baru yang cuma setahun sekali. Berbagai hidangan nan lezat pun disuguhkan, entah memasak sendiri maupun pesan matang.


Kalau pada beberapa negara di dunia memiliki tradisi unik - kayak yang udah tertulis dalam artikel 5 Tradisi Unik Saat Merayakan Malam Tahun Baru, ternyata tradisi menyantap makanan dan minuman tertentu, saat malam pergantian tahun pun juga ada. Tentunya ada makna dan penuh harapan dibalik menyantap hidangan tersebut.


Ada makanan yang serba bulat, kemudian ada pula yang menghadirkan buah anggur. Roti dan mie yang biasanya dijadikan untuk menu sarapan, juga menjadi hidangan yang penuh makna. Nah buat tukang makan nih, hahaha… Ada pula di suatu negara yang punya tradisi makan berkali-kali pas 1 hari sebelum tahun berganti.


Uwww… kalau salah satunya juga diadakan di negeri ini, teman-teman akan pilih yang mana? Haha…


Oh ya untuk sejarah perayaan tahun baru pada awalnya, teman-teman bisa mampir dalam artikel Mengenal Asal Usul Perayaan Tahun Baru Masehi ya…

 


Berikut ini 5 kuliner khas perayaan malam tahun baru, dari beberapa negara di dunia:

 


12 Anggur


Di Spanyol, ada sebuah tradisi yang dinamakan las doce uvas de la suerte, yang udah dimulai sejak abad ke-19. Sebuah tradisi untuk menyantap 12 anggur dalam waktu 12 detik sebelum pergantian tahun. 12 anggur ini pun merupakan simbol dari 12 jam.


Mau anggur yang warna apa aja boleh. Trus siapa yang berhasil ngabisin itu anggur dalam waktu 12 detik, konon bakalan terhindar dari nasib buruk di tahun baru nanti.


Hemm… kira-kira kalau teman-teman disuruh ngabisin 12 anggur dalam waktu 12 detik juga, bakalan abis atau malah kurang ya? Hahaha…

 


Makanan yang Serba Bulat


Kalau di Filipina, mereka punya tradisi untuk menyantap makanan yang serba bulat. Begitupun dengan buah-buahan yang bentuknya juga bulat.


Nggak cuma kulinernya aja, orang-orangnya pun juga pada memakai pakaian yang motifnya bulat-bulat. Wow… tiap tahun brand fashion pada ngeluarin baju baru kali ya, haha…


Hidangan yang serba bulat ini merupakan harapan akan keberuntungan dan rezeki yang baik di tahun baru.

 


Makan Hingga 7 Kali Sehari


Nah ini untuk pecinta makan, haha… Di Estonia tuh kalau sehari menjelang tahun baru, ada tradisi untuk makan sampe 7 kali. Olalaaa… buat yang lagi program diet, harus dilupakan dulu ini…


Makan yang banyak merupakan harapan akan rezeki yang berlimpah di tahun baru nanti. Iyes… kita bisa makan sehari 3 kali pun tanda Tuhan ngasih rezeki yang cukup kan. Moga kita bukan orang termasuk orang yang senang mengeluh setelah makan, yes.

 


Roti yang Berisi Koin


Di Yunani juga ada sebuah tradisi vasilopita, yaitu menyambut tahun baru dengan makan roti yang berisi koin atau jimat tradisional.


Nanti kepala keluarga akan memotong roti tersebut, kemudian dibagikan untuk seluruh anggota keluarga. Harapannya biar seluruh anggota keluarga mendapatkan nasib baik di tahun baru nanti.

 


Mie Soba


Jepang juga punya tradisi menyambut tahun baru dengan menyantap mie soba. Mereka menyebutnya toshikoshi soba alias mie penyeberang tahun.


Mie soba yang tampilannya tipis memanjang ini, sebuah sebuah simbol biar panjang umur dan sehat-sehat selalu.


Uwww… saya suka banget makan mie, apalagi kalau ada tradisi makan mie begini…

 


Dari semua kuliner yang disajikan, harapannya berujung tentang permohonan pada Tuhan akan kebaikan di tahun yang baru nanti. Moga di saat kita menyantap hidangan tahun baru nanti, apapun itu moga nggak lupa kita mohonkan pada Tuhan, untuk kehidupan yang lebih baik di tahun mendatang nanti.


Tradisi merayakan tahun baru saat pertama kali, bisa disimak dalam artikel Tradisi Perayaan Tahun Baru Pada Awalnya ya…


Oke, itu dia beberapa hidangan unik khas tahun baru dari beberapa negara di dunia, beserta makna yang tersirat di dalamnya. Moga bisa menambah wawasan teman-teman juga ya. Makasih banyak ya udah mampir.

1 comment:

  1. Pantesan orang Jepang banyak yang ebrumur panjang. Ternyata mereka sering makan mie soba terutama saat tahun baruan. Yang seru banget makan sehari 7 kali ini gimana buat yang lagi diet? Wakakakakakaka kabur dulu ajalah daripada ga mau makan :D Di Filipina makanan serba bulat pasti khas. Kalau di kita bakso cocok banget hihihi :D

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P