Resep Nasi Goreng Tek Tek

Nasi goreng tek tek yang biasa dijual oleh abang-abang gerobak keliling, memiliki rasa yang gurih cenderung manis, serta pedas yang bisa disesuaikan. Mari simak cara memasak nasi goreng tek tek, dengan tampilan nasi yang berbulir, serta perpaduan bumbu yang pas.

 

Nasi goreng tek tek
Cara memasak nasi goreng tek tek

Apa kabar, teman-teman?


Pada post sebelumnya, saya udah berbagi cara membuat stok bumbu tek tek, yang bisa digunakan untuk memasak nasi goreng maupun mie goreng tek tek. Teman-teman bisa langsung mampir ke artikel Resep Bumbu Tek Tek aja ya…


Menyetok bumbu tek tek, bukan cuma perihal memudahkan saat memasak aja, tapi bumbu yang disimpan lebih dulu sebelum digunakan, akan mengeluarkan aroma bawang putih serta perpaduan bumbu yang blend. Hasilnya, nasi goreng maupun mie goreng tek tek yang kita masak, jadi lebih wangi dan gurih, mirip dengan yang dijual abang-abang gerobak keliling.


Kalau bumbunya udah disiapkan, selanjutnya kita tinggal menyiapkan nasi putih, serta bahan-bahan lainnya yang diperlukan. Nasi putih yang digunakan untuk membuat nasi goreng, memang bagusnya adalah nasi yang berbulir. Biasanya jenis nasi dari beras pera. Tapi bukan berarti kita nggak bisa memasak nasi goreng, dari nasi yang biasa kita santap.


Mengenai nasi putih yang digunakan untuk memasak nasi goreng, udah pernah saya ulas juga dalam post nasi goreng padang. Teman-teman bisa langsung mampir aja ya ke artikel Resep Nasi Goreng Padang


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya…


Nasi goreng tek tek
Cara memasak nasi goreng tek tek

Cara membuat nasi goreng tek tek, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


1 porsi bumbu tek tek

3 cabe merah, ulek

1 batang daun bawang, iris

250 gram nasi putih (+_ 1 piring)

1-2 sdt kecap manis


 

Pelengkap:


Telur Ceplok

Timun, Tomat atau acar

Kerupuk

 


Note:


Kalau teman-teman membuat bumbu tek tek nya udah langsung dikasih cabe merah, nggak usah ditambahkan lagi ya.

 


Lalu ini ya cara memasak nasi goreng tek tek:


Tumis bumbu dan daun bawang sampe wanginya menguar.


Masukkan nasi, aduk hingga bumbunya merata. Gunakan api sedang sedari awal ya.


Kalau bumbu udah merata, tuang kecap di pinggiran kuali, biar lebih wangi. Kemudian aduk merata.


Masak hingga nasi terlihat kering sesuai yang diinginkan.


Sajikan dengan telur ceplok, timun, tomat, serta kerupuk. Seharusnya memang disajikan dengan acar, tapi kadang nggak sempat bikinnya.

 


Rasanya itu perpaduan pedas, karena bumbunya saya tambahkan cabe merah, lalu ada rasa gurih manis dari kecap dan gula pasir.



Ini dia rekaman cara memasaknya…

 


Oke, itu dia nasi goreng tek tek yang saya buat. Moga bermanfaat untuk teman-teman juga ya, terutama penyuka nasi goreng dengan bumbu khas Indonesia. Makasih banyak ya udah mampir.

1 comment:

  1. Aku bikin bumbunya skr deh, biar besok bisa utk buat nasi gorengnya 😄. Jadi bumbu udah meresap yaaa👍. Cuma aku biasanya ga terlalu suka pakai kecap. LBH suka nasgor tanpa kecap.🤭. JD paling aku skip

    Thank youuuu mba Nita. Jadi banyak tahu tips memasak kalo baca2 tulisan di sini .

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P