Resep Sayur Godog Betawi

Cara memasak sayur godog betawi. Kuliner khas Betawi yang biasa dijadikan hidangan sayur ketupat saat lebaran tiba.

 


Apa kabar, teman-teman?


Menahun tinggal di lingkungan Betawi, saya pun terbilang akrab dengan beberapa kuliner khas Betawi. Salah satunya ketupat sayur atau lontong betawi, yang biasa dijual untuk sarapan. Ketupat atau lontong ini disantap dengan irisan pepaya muda berkuah santan, dengan rasa yang perpaduan pedas manis, serta gurih. Nggak lupa dilengkapi dengan kerupuk, bawang goreng, serta sambal bagi yang kepingin lebih pedas.


Sayur godog betawi, demikian nama sayur ketupat khas Betawi tersebut. Belakangan saya baru tau, kalau gulai sayuran papaya muda ini namanya sayur sambal godog betawi. Iyess, sambal tapi berupa gulai sayuran.


Sayur sambal godog betawi ini merupakan kuliner khas Betawi saat lebaran Idul Fitri tiba. Sepulang sholat, anggota keluarga akan menyantap ketupat lebaran berkuah sayur godog. Nggak lupa menunya dilengkapi dengan semur daging khas Betawi, sambelan kentang hati, maupun opor ayam.


Resep remur daging khas betawi bisa mampir ke sini, yes. Walau ini menggunakan hati sapi, tapi bumbu dan cara memasaknya sama kok, tinggal dilamain aja. Biasanya daging sapi matang kisaran 2,5 – 3 jam dengan api pelan. Mari mampir ke sini -) Resep Semur Hati Sapi Khas Betawi


Selain itu, ketupat sayur godog juga suka disajikan saat tahlilan, pada malam ke 15 dan 40 hari. Pada hari-hari biasa, bisa kita jumpai di warung khas Betawi saat waktu sarapan tiba.


Bumbunya pun terbilang simple. Yang terpenting, jangan sampe nggak dimasukkan ebi atau udang kering, yang diulek halus barengan bumbu lainnya. Anyway, ebi dan udang rebon nggak sama ya. Kalau mungkin teman-teman ada yang masih belum bisa membedakannya, bisa disimak di sini ya -) Beda Ebi dan Udang Rebon


Ebi inilah yang akan menyumbang rasa gurih pada sayur godog yang kita masak. Kalau di Jakarta sih, terbilang mudah membelinya. Di Padang ini, bisa dibilang nggak ada, haha… Alhamdulillah di toko online ada yang jual dalam kemasan kecil.


Tiap kali lebaran tiba, saya memang selalu memasak 2 macam sayur ketupat. Salah satunya selalu sayur godog ini, walau kami bukanlah orang Betawi, hehe… Nanti makannya pake semur daging khas Betawi, hantaran dari adek ipar.


Setelah beberapa kali memasak, pada akhirnya resep yang selalu saya gunakan adalah hasil diskusi dengan Mba Ade, yang merupakan Mpok Betawi asli. haha… Silakan mampir ke blognya, di www.adeufi.com


Sekarang mari kita siapkan bahan-bahannya. Oh ya, saya terbiasa memasaknya dengan labu siam, bukan pepaya muda. Karena terkadang pepaya muda ini suka pahit. Nanti teman-teman tinggal sesuaikan aja ya.

 


Cara membuat sayur godog ala Betawi, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


500 gram labu siam, iris korek api

1 papan pete, keluarkan isinya

1,5 liter santan dari 1 butir kelapa

3 lembar daun salam

 

1 batang sereh, geprek

½ ruas lengkuas, geprek

½ keping kecil gula merah

2 sdt garam

 

½ sdt kaldu bubuk

½ sdt gula


 

Bumbu gilingnya:


8 siung bawang merah

20 buah cabe merah

1 sdm ebi


 

Pelengkap:


Ketupat atau lontong

Bawang goreng

Kerupuk atau emping

 


Note:


Saya lebih suka kuah gulainya langsung pedas, jadi cabe merahnya saya masukkan langsung. Kalau teman-teman missal ada anak kecil yang belum bisa makan pedas, buat sambal terpisah aja ya.

 


Lalu ini ya cara memasak sayur godog khas Betawi:


Sayur godog betawi ini mirip dengan gulai khas Minang, bumbunya nggak ditumis. Siapkan kuali, kemudian masukkan bumbu giling, pete, daun salam, sereh, lengkuas, gula merah, garam, kaldu bubuk, dan gula.


Kemudian tuang santannya. Karena ini untuk sayur ketupat, jadi kuah santannya nggak perlu yang pekat amat.


Masak hingga mendidih dengan api sedang, sembari sering diaduk ya, biar santannya nggak menggumpal atau pecah santan.


Kalau udah mendidih, teruskan masak hingga 10 menit, biar nanti santannya benar-benar matang. Santan yang kurang matang ini, akan berpengaruh juga dengan rasa. Gunakan api agak pelan aja, aduknya sesekali aja nggak apa-apa.


Kalau udah 10 menit, masukkan labu siam. Kemudian masak 10 menit lagi, dengan sesekali diaduk aja. Aduk pelan aja ya, karena labu siam ini gampang hancur.


Misal teman-teman masaknya dengan pepaya muda, tambahin aja waktu memasaknya 5 menit lagi, karena pepaya muda lebih keras dari labu siam.


Siapkan ketupat atau lontong, beli matang, haha… Kemudian sajikan dengan sayur godog, bawang goreng, serta kerupuk. Akan makin enak kalau pake emping.

 


1 kuali sayur godog ini bisa untuk kisaran 8 – 10 buah ketupat ukuran besar. Biasanya kalau lebaran, saya masaknya malam, kemudian paginya dipanasin. Ini rasanya akan makin enak.


Ini dia video cara memasaknya…



Oke, itu dia resep sayur godog betawi yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi masakan teman-teman juga ya, baik untuk hidangan lebaran maupun masakan harian. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P