3 Resep Olahan Asam Padeh

by - August 09, 2019

Cara memasak asam padeh ikan, asam padeh daging sapi, dan asam padeh tulang iga.

Cara memasak asam padeh
3 Resep Olahan Asam Padeh

Apa kabar, teman-teman?

Asam padeh, kalau dalam bahasa Indonesia berarti asam pedas. Ini merupakan salah satu kuliner Minang yang juga nggak kalah lezatnya, dibandingkan dengan rendang atau ayam bakar. Mungkin teman-teman tiap ke warung nasi Padang juga memfavoritkan menu asam padeh ini ya.


Dibanding rendang atau gulai, asam padeh nggak dimasak dengan menggunakan santan. Jadi cukup pake air aja, lalu ditambahkan dengan cabe dan bumbu lainnya, biar rasanya makin maknyuss. Nggak lupa ditambahkan tomat dan asam kandis biar ada rasa asamnya.

Seberapa lama sih masak asam padeh biar kuahnya itu enak dan meresap ke ikan atau bahan lainnya? Di resep saya ada takaran air yang digunakan. Lalu nanti dimasak dengan api pelan sampe kuahnya kelihatan mengental. Mau sampe yang kuahnya tinggal sedikit atau masih berkuah agak banyak, ini tinggal diatur aja.

Kalau yang saya baca di Wikipedia, asam padeh merupakan masakan khas Minang yang kemudian menyebarlah kelezatannya hingga ke kawasan melayu, kayak di Kepulauan Riau, Jambi, Kalimantan Barat, serta Semenanjung Malaya.

Asam padeh biasanya dimasak menggunakan olahan ikan. Kalau di warung nasi Padang biasanya menggunakan ikan tongkol. Bisa juga dengan ikan kakap, tuna, atau ikan kembung juga enak.

Lalu nggak cuma menggunakan olahan ikan aja. Asam padeh yang menggunakan olahan daging sapi serta tulang iga pun juga nggak kalah mantepnya. Apalagi ditambah dengan campuran tempe dan belimbing wuluh. Hmm... agenda makan bisa jadi nggak kelar-kelar deh, haha...

Kali ini saya akan membagi 3 resep olahan asam padeh yang pernah saya masak. Untuk kadar pedas dan asamnya nanti tinggal disesuaikan aja ya...

Asam Padeh Ikan

3 Resep Olahan Asam Padeh
Asam Padeh Ikan
Demi mensukseskan gerakan makan ikan, haha... Mari kita masak asam padeh ikan yang maknyuss, biar makin semangat masak ikannya. Untuk asam padeh ikan ini yang saya masak adalah ikan tongkol. Nanti teman-teman tinggal sesuaikan aja ya dengan ikan kesukaan teman-teman.

Karena daging ikan itu cepet empuknya, jadi penggunaan airnya nggak perlu sebanyak pas lagi masak asam padeh daging. Matangnya juga tentu jadi lebih cepat.

Resep asam padeh ikan bisa ditengok di link ini ya -> Resep Asam Padeh Ikan

Asam Padeh Daging Sapi

3 Resep Olahan Asam Padeh
Asam Padeh Daging Sapi
Karena daging sapi itu lebih amis dari daging ikan, jadi penggunaan bawang putihnya pun ditambah. Dan lagi ada sedikit bumbu rempah lainnya, biar daging sapinya nggak berasa amis.

Tekstur daging sapi yang lebih keras, masaknya pun jadi agak lama ketimbang asam padeh ikan. Dengan api pelan, kuah cabenya pun meresap ke daging sapinya.

Cara memasak asam padeh daging sapi bisa ditengok pada link ini ya -> Resep Asam Padeh Daging Sapi

Resep Asam Padeh Iga

3 Resep Olahan Asam Padeh
Asam Padeh Iga
Bagi yang kurang menyukai daging padat, biasanya tulang iga menjadi favorit ya. Tulang iga dimasak asam padeh pun juga nikmatnya. Kuah asam padehnya pun jadi makin gurih karena dimasak pake tulangan.

Karena dagingnya lebih sedikit, jadi proses memasaknya pun lebih cepat ketimbang asam padeh daging sapi.

Cara membuat asam padeh tulang iga, bisa ditengok pada link ini ya -> Resep Asam Padeh Iga


Iyess, ini dia 3 resep olahan asam padeh yang saya sering buat. Mampir juga ya di resep masakan saya lainnya...

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masakan harian teman-teman ya, khususnya bagi yang penyuka masakan Padang.

You May Also Like

0 comments

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P