3 Resep Olahan Ketan untuk Sarapan dan Cemilan

Cara memasak ketan putih dengan menu pelengkapnya. Rekomendasi sarapan dan cemilan.

3 resep olahan ketan
3 Resep Olahan Ketan

Apa kabar, teman-teman?


Karena memang bisa bikin kenyang layaknya nasi, makanya ketan biasa dijadikan salah satu rekomendasi sarapan dan cemilan ya. Kalau saya, ketan lebih sering dijumpai pas bulan puasa, untuk dijadikan takjil atau menu pembuka puasa tentunya.


Sebenernya tiap pagi pun, mau di Jakarta ataupun di kampung ini, nggak sulit juga sih untuk menjumpai ketan yang dijual di kedai-kedai sarapan. Ada ketan yang ditaburi kelapa parut. Ada pula yang ditambahkan gula pasir di atas kelapa parutnya, biar rasanya jadi lebih manis. Serta ada juga yang diguyur sambal di atas kelapa parutnya. Rasanya pun jadi perpaduan gurih pedas, mantappp...


Kalau saya memang kurang suka dengan ketan yang ditaburi kelapa parut. Biasanya ketan itu saya makan dengan pisang ambon atau duren, kalau memang lagi musimnya. Lalu kalau memang lagi rajin, haha... Ketannya saya masak dengan 3 menu pelengkap yang saya mau share di bawah ini ya...

 


Memasak Ketan Putih dengan Takaran yang Pas


Sebenernya memasak ketan memang nggak jauh beda dengan memasak nasi. Cuma kalau saya, memang belum pernah nyoba masak ketan menggunakan magic com. Jadi kalau udah kepikiran mau masak ketan, keluarin dah tuh dandang, hehe...


Memasak ketan memang bisa tanpa menggunakan santan, cuma ya rasanya nggak segurih pakai santan. Kalau teman-teman mau tukar pakai fiber creme atau santan low fat ya juga bisa. Cuma ya tetap nggak segurih pakai santan peras ya.


Tapi terkadang saya juga pakai santan instant macam Kara aja, kalau memang masaknya sedikit atau santan perasnya lagi nggak ada. Pakai santan instant juga cukup gurih kok.


Lalu perhatikan berbandingan beras ketan putih dan santannya. Ini takaran perbandingannya 2:1. Misal 2 gelas beras ketan putih, berarti santannya 1 gelas. Santannya juga nggak usah yang kental banget. Kelewat gurih juga takutnya bikin begah, hehe...

 


Cara Membuat Ketan Putih, yang Perlu Disiapkan:


2 gelas beras ketan putih

1 gelas santan

¼ sdt garam

2 lembar daun pandan, sobek

 


Lalu ini ya Cara Memasak Ketan Putih:


Cuci beras ketan hingga bersih, lalu tiriskan.


Campurkan beras ketan, santan, garam, dan daun pandan ke dalam panci. Aron sembari sering diaduk, hingga airnya sedikit, lalu matikan api. Tunggu hingga kering. Ini biar nggak lengket atau hangus, jadi pas airnya udah kering banget, matikan aja apinya.


Kukus ketan kurang lebih 30 menit dengan api sedang.


Pindahkan ketan ke wadah saji, biar panasnya hilang.

 


Lalu berikut ini, 3 resep olahan ketan yang bisa teman-teman coba satu-persatu:

 


Ketan Srikayo Pandan Khas Palembang

Resep ketan srikayo pandan
Ketan Srikayo Pandan Palembang

Srikayo yang merupakan campuran dari telur dan santan, serta bahan lainnya, juga enak untuk disantap menggunakan ketan. Cemilan berwarna hijau cerah ini biasanya saya masak untuk menu lebaran.


Memasak srikayo pandan juga takarannya mesti pas, karena kalau air santannya kebanyakan, nantinya jadi nggak kering-kering. Atau kalau adukan telurnya masih ada yang gumpal, tampilan srikayo nya jadi kurang cakep juga.


Untuk resep serta cara memasak Ketan Srikayo Pandan Khas Palembang, teman-teman bisa klik aja ya...

 


Nasi Tuai

Resep nasi tuai
Nasi Tuai

Walau disebut nasi, tapi ini memang kuliner olahan ketan, hehe... Kalau dilihat dari fotonya, kuah Nasi Tuai ini mirip dengan kuah kolak ya. Hampir semua bahan-bahannya memang sama dengan cara masak kuah kolak. Cuma bedanya, kuah santan gula merah untuk Nasi Tuai ini juga pakai telur yang dikocok lebih dulu, sebelum dicampurkan. Rasanya? Tentunya lebih gurih legit.


Untuk resep serta cara memasak Nasi Tuai, silakan di klik aja ya...

 

Ketan Kolak Nangka

Ketan Kolak Nangka
Ketan Kolak Nangka

Kalau teman-teman biasa menyantap kolak dengan segala isi yang bermacam-macam, untuk ketan yang disantap dengan kolak, biasanya saya menggunakan 1 macam isiannya aja. Biasanya pakai yang wanginya cukup tajam, kayak nangka, pisang, atau duren. Jadi kuah kolaknya makin wangi, disantap dengan ketan pun jadi makin maknyuss...


Untuk resep serta cara memasak Ketan Kolak Nangka, mari diklik aja ya...

 

Oke, ini dia 3 Resep Kuliner Olahan Ketan yang mungkin bisa jadi rekomendasi sarapan atau cemilan kenyang teman-teman ya. Makasih banyak ya udah mampir...

2 comments:

  1. dari ketiga resep diatas, aku cuma pernah nyobain yang kolak ketan. dimakan pas anget,duh..enakk ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi Tuai waktu di Riau gak ada ya, Mba. Biasanya kuliner Riau dan Sumbar mirip2 nih, haha...

      Delete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P