Resep Sambal Balado Merah Masakan Padang

Cara membuat sambal balado merah kayak yang dijual di Nasi Padang. Tips memasak sambal goreng anti langu.

 


Apa kabar, teman-teman?

 

“Uda sambelnya banyakin ya...”


Hayooo... siapa nih yang suka bilang begini, kalau pas lagi jajan Nasi Padang, haha... Sambal balado merah, kalau orang Minang biasa bilangnya sambal goreng, karena masaknya memang digoreng. Sementara kalau sambalado merupakan sambal yang cabenya dikukus atau direbus. Nggak digoreng, tapi cuma diguyur minyak kelapa ya.


Kalau teman-teman mau masak sambalado hijau juga, bisa mampir ke link ini aja ya -) Resep Sambalado Hijau Masakan Padang


Selain untuk dijadikan sebagai pelengkap masakan, biasanya sambal balado merah ini juga dijadikan campuran ayam, udang, telur, maupun dendeng batokok. Kalau ikan balado, sambal baladonya ini dicampur dengan irisan tomat. 


Cara memasak dendeng lambok bisa mampir ke link ini ya -) Resep Dendeng Lambok 


Memasak sambal balado merah memang terbilang gampang. Tapi biasanya suka ada teman-teman yang bilang, “Kok pas masak rasanya beda ya Nit, dengan yang dibeli di Nasi Padang.”


Berikut ini sedikit tips untuk memasak sambal balado merah masakan padang, yang sering saya buat ya...

 


Tips Memasak Sambal Balado Merah Masakan Padang

 

Kasih Sedikit Jeruk Nipis atau Cuka


Ketika menggiling cabe dan bawang, tambahkan jeruk nipis atau cuka. Biasanya saya menggunakan jeruk nipis. Kalau nggak ada, baru dikasih cuka. Karena akan lebih enak kalau pake jeruk nipis. Sambal gorengnya nanti jadi ada rasa segarnya juga, karena pure pedas aja.

 


Nggak Menggunakan Gula


Khas kuliner Minang pada umumnya, sambalnya nggak menggunakan gula pasir maupun gula merah.

 


Diulek Akan Lebih Enak


Sambal balado merah ini nggak sampe halus banget, jadi akan lebih enak kalau diulek. Selain itu, juga akan menghasilkan rasa yang lebih enak, karena proses menggilas dari mengulek itu sendiri. Begitu dulu Chef Ari Galih bilang.


Tapi kalau teman-teman punya chopper, ini juga bisa, karena katanya chopper bisa diatur kadar halusnya ya. Kalau pake blender, kasih air sedikit aja nggak apa-apa.


Pake mana yang nyaman untuk temen-temen aja ya, hehe... Karena nggak semua orang bisa ngulek kan.

 


Masak Hingga Matang Benar


Memasak sambal yang cuma sebentar, selain rasanya jadi pedas banget, ini juga bau langu atau rasa mentahnya belum hilang. Ketika dimasak pun, kalau udah menjelang matang, wanginya akan beda. Akan lebih harum.

 


Cara Memanaskan Sambal Balado Merah


Sambal balado merah tanpa dikasih tomat, akan lebih awet bisa seharian. Misal besok masih sisa, panaskan dengan api pelan dan kasih sedikit minyak aja. Warnanya akan tetap merah dan nggak kering. Kalau misalnya dikasih air, nanti bisa jadi cepat basi juga, jadi kasih minyak aja.

 


Oke, itu dia sedikit tips memasak sambal balado merah yang saya buat. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

 


Cara memasak sambal balado merah masakan padang, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


20 buah cabe merah / 15 buah cabe merah + 5 cabe rawit merah

5 siung bawang merah

2 ruas jeruk nipis / 1 sdt cuka

 

½ sdt garam

½ sdt penyedap

Secukupnya minyak goreng


 

Note:


Cabe di Jakarta itu nggak pedas, jadi biasanya saya tambah dengan cabe rawit merah. Kalau di kampung ini saya pake cabe padang, jadi cuma cabe merah aja udah pedas.

 


Lalu ini ya cara memasak sambal balado merah khas Minang:


Giling cabe, bawang, dan jeruk nipis atau cuka. Jangan halus banget ya. Kalau misalnya susah, pas udah tergiling semua, nggak ada yang utuh-utuh lagi, kasih sedikit air aja biar lebih gampang halusinnya.


Panaskan minyak, lalu masukkan gilingan sambal, garam, dan penyedap. Masak sedang api sedang hingga 10 menit, sembari sesekali diaduk. Kalau sekiranya kering, tambah sedikit aja minyaknya. 

 


Ini jadinya kurang lebih ½ mangkok ayam. Nanti teman-teman bisa dabelkan aja takarannya, untuk sambal yang lebih banyak.


Kalau teman-teman mau bikin sambalado asam durian, bisa mampir ke link ini ya -) Resep Sambalado Asam Durian Khas Pariaman


Oke, ini dia resep sambal balado merah masakan padang. Moga bermanfaat bagi teman-teman ya, terutama penyuka sambal khas nusantara. Makasih banyak ya udah mampir 

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P