Resep Sapi Lado Mudo – Sapi Kuah Cabe Hijau Koto Gadang

Kuah lado mudo identik dengan masakan olahan bebek. Itiak lado mudo yang merupakan masakan khas Koto Gadang, Sumatera Barat. Membuat masakan lado mudo dari olahan daging sapi, tentu nggak kalah lezatnya. Berikut ini cara memasak sapi lado mudo yang empuk dan bumbunya pun meresap.


Sapi lado mudo
Cara membuat sapi kuah lado mudo Koto Gadang

Apa kabar, teman-teman?


Alhamdulillah, ini kali ketiga saya merayakan lebaran Idul Adha di kampung ini. Oh ya, kalau di kampung kami, orang-orang yang berkurban itu lebih banyak sapi. Walhasil daging yang kami terima pun semuanya daging sapi.


Sebenernya ini masak-masak daging kurban saya yang terlambat, haha… Jadi saat Kamis malam, saya ikut Giva ke Padang, karena Sabtunya mau ke grand opening-nya HokBen di Sawahan, Kota Padang. Jumatnya bisa diisi dengan kelayapan sama Giva.


Elalahh… ternyata undangan HokBen-nya dimajukkan jadi ba’da sholat Jum’at, hahah… Hal yang sepele begini aja udah Allah mudahkan loh, Masya Allah. Langsung saya iyakan bisa hadir, karena memang udah di Padang. Iya, walaupun dari kampung tetap bisa berangkat, tapi kan bakalan pontang panting, hahahah…


Cuma… karena saya udah janji sama Giva mau ke Silungkang Playground menjelang siang, jadilah saya bilang, “Ikut Bu Ita ke HokBen dulu aja ya. Nanti pulangnya baru kita ke Silungkang.”


Giva pun sabar nggak sabar nungguin acara saya kelar, hahahah… Sekalian dia lihat, macam mana menghadiri event itu. Mana tau nanti ada undangan ibu dan anak. Kan Bu Ita bisa minjam Giva sebagai anak, hahahah…


Cerita saya selama di HokBen, bisa mampir ke link ini ya -) HokBen Padang Bagindo Aziz Grand Opening


Senin balik kampung, barulah besoknya saya mulai masak-masak. Udah lama saya nggak masak kuah lado mudo. Mumpung ada daging sapi, jadilah dimasak sapi lado mudo aja.


Pernahkah teman-teman mencicipi itiak lado mudo? Atau ini malah makanan favorit teman-teman ya? Masakan dari olahan bebek yang dimasak dengan lado mudo alias cabe hijau. Itiak lado mudo merupakan masakan khas Koto Gadang di Sumatera Barat.


Daging bebek yang biasanya alot dan amis, tetap dong bisa empuk dan bumbunya pun meresap. Bagi teman-teman yang mau mampir, klik link ini aja ya -) Resep Itiak Lado Mudo Koto Gadang


Cara memasak sapi lado mudo, lebih mirip ke ayam lado mudo. Cuma bawang putihnya aja yang ditambah. Karena daging sapi empuknya pun lama. Sebelum saya share takaran bumbu lengkapnya, saya boleh ngasih sedikit tips memasak sapi lado mudo ya.

 


Tips Memasak Sapi Lado Mudo


 

Sebisa Mungkin Cabenya Diulek


Memasak cabe hijau, terkadang rasanya suka agak-agak pahit. Ini biasanya kalau diblender. Jadi sebisa mungkin cabe hijau diulek tangan ya. Kalau teman-teman nggak bisa ngulek, ya nggak apa-apa sih diblender aja. Apalagi kalau banyak, ya capek juga kan kalo ngulek ya, hehe…


Kalau ada, gunakan cabe hijau keriting aja. Ini untuk menghindari rasa langu juga, walau memang sapi lado mudo ini kan masaknya lama juga, jadi cabenya pun udah matang banget.

 


Masak dengan Api Pelan


Karena memasak daging sapi ini sampe 2,5 jam kalau saya ya, jadi masaklah dengan api pelan. Selain biar hemat gas, airnya pun cukup sampe dagingnya empuk.


Saya tetap memasak dengan cara yang jadul begini, api nyala pelan terus-terusan. Untuk rasa daging yang bumbunya lebih meresap, plus masakan pun akan lebih awet. Jadi kalau teman-teman punya tekhnik ini itu biar daging empuk cepat dan hemat gas, nggak apa-apa diatur aja ya…


Begitupun untuk yang bertanya, kalau misalnya dipresto gimana, Nit? Silakan dicoba aja, hehe...

 


Kurang lebih segitu aja ya tipsnya. Kalau nanti ada yang teman-teman mau tanyakan, mungkin nanti bisa saya tambahkan lagi ya. Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya.


Cara memasak lado mudo ini saya pelajari dari akun youtube Dapur Uni Et, dengan takaran yang saya sesuaikan dengan selera saya.

 

Sapi kuah cabe hijau
Cara memasak sapi kuah lado mudo Koto Gadang

Cara membuat sapi lado mudo, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


500 gram daging sapi, potong kotak macam rendang

500 ml air

1/2 bulatan bawang bombay, iris

1 ruas ibu jari lengkuas, geprek

 

3 lembar daun jeruk

3 lembar daun salam

1 lembar daun kunyit, sobek

1 batang sereh, geprek

 

Sedikit kayu manis

1 sdt garam

½ sdt kaldu bubuk

Secukupnya minyak goreng




Bumbu giling sambal hijau:


100 gram cabe hijau

15 gram cabe rawit hijau

3 ruas jeruk nipis


 

Bumbu giling:


8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

3 butir kemiri

½ ruas ibu jari jahe

 

½ ruas ibu jari kunyit

¼ bulatan pala 

5 butir cengkeh

½ sdt lada

 

1 sdt ketumbar 

2 buah bunga lawang

3 butir kapulaga

 


Lalu ini ya cara memasak sapi lado mudo:


Panaskan minyak, lalu tumis bumbu giling, lengkuas, daun jeruk, daun kunyit, sereh, daun salam, dan kayu manis. Tumis sampe wanginya menguar.


Masukkan gilingan sambal hijau, irisan bawang bombay, garam, dan kaldu bubuk. Tumis lagi sampe wangi.


Masukkan daging sapi, kemudian aduk hingga merata. Kurang lebih 10 menit ya.


Masukkan air. Segini dulu aja, kalau kurang, nanti bisa ditambah.


Masak daging sapi dengan api pelan hingga kurang lebih 2,5 jam. Biasanya segini udah empuk sih.


Cobain dulu ya rasa garamnya.

 


Daging sapi ini akan mengeluarkan minyak kaldu. Jangan dibuang minyaknya ya, terus masak aja sampai nanti kuahnya mengental. Menumis bumbunya, gunakan minyak yang ngepas aja, biar kuahnya nggak banjir minyak.


Ini rekaman cara memasaknya ya…



Kalau teman-teman mau memasak ayam lado mudo, bisa mampir ke link ini ya -) Resep Ayam Lado Mudo Koto Gadang


Oke, itu dia resep sapi lado mudo yang saya masak Moga bisa jadi rekomendasi masakan teman-teman ya, terutama penyuka kuliner Minang. Makasih banyak ya udah mampir. 

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P