Resep Mie Goreng Tek Tek

Selain nasi goreng, mie goreng tek tek juga merupakan salah satu jajanan favorit ala abang-abang gerobak keliling. Mie goreng yang dimasak dengan sayuran serta campuran lainnya, memiliki rasa yang gurih cenderung manis, serta pedas yang bisa disesuaikan. Mari simak cara memasaknya…

 


Apa kabar, teman-teman?


Pada post sebelumnya, saya udah berbagi cara memasak nasi goreng tek tek, alias nasi goreng yang biasa dijual oleh abang-abang gerobak keliling. Kalau teman-teman pingin memasaknya juga, bisa mampir ke artikel Resep Nasi Goreng Tek Tek aja ya.


Selain nasi goreng, mie goreng tek tek pun juga nggak kalah lezatnya. Apalagi bagi pecinta mie goreng macam saya. Terutama kalau pas sarapan, mie goreng seringkali menjadi pilihan.


Masih menggunakan bumbu tek tek yang udah saya post sebelumnya juga, kali ini saya pingin berbagi cara memasak mie goreng tek tek dengan takaran bumbu yang pas, serta mie-nya pun matang sempurna – nggak menjadi lodoh alias kematengan. Mie goreng yang diolah dengan bumbu, kalau kematengan biasanya akan jadi kurang mantap kala disantap.


Jadi sebelum memasak mie goreng tek tek ini, teman-teman bisa menyiapkan bumbunya dulu, yang bisa disimak pada artikel Resep Bumbu Tek Tek ya.


Kalau bumbunya udah disiapkan, bahan-bahan selanjutnya udah tinggal sedikit aja yang perlu ditambahkan. Yang paling utama tentu aja mie-nya. Kita bisa gunakan mie telur, maupun 2 keping mie instant untuk 1 porsi bumbunya.


Selanjutnya siapkan sayuran yang teman-teman suka. Kalau saya lebih suka menggunakan kol ketimbang caisim. Kemudian bisa juga ditambahkan bakso, sosis, maupun sejenisnya. Kalau yang saya masak ini, versi simple-nya aja menggunakan telur ceplok.


Mie goreng tek tek juga biasa disantap dengan acar. Tapi karena untuk makan sendiri maupun berdua dengan ibu saya, makanya jarang saya bikin acar. Jadi bisa ditukar dengan irisan timun dan tomat aja. Nggak lupa dilengkapi dengan kerupuk. Yuk kita siapkan bahan-bahannya…

 


Cara membuat mie goreng tek tek, ini dia yang perlu disiapkan:


1 porsi bumbu tek tek

140 gram mie mentah atau 2 keping mie instant

Secukupnya air

 

1 batang daun bawang, iris

¼ kecil kol, iris

1-2 SDM kecap manis

Secukupnya minyak goreng


 

Pelengkap:


Telur ceplok

Timun, Tomat

Kerupuk

 


Note:


Kalau bumbu tek tek yang teman-teman buat belum pedas, bisa ditambahkan 3 buah cabe merah.

 


Lalu ini ya cara memasak mie goreng tek tek:


Siapkan secukupnya air pada panci, kemudian masak mie. Nggak usah matang banget ya, biar nantinya nggak lodoh. Angkat dan tiriskan.


Masukkan 1 porsi bumbu tek tek dan daun bawang, tumis hingga harum. Gunakan api sedang ya.


Masukkan kol, tumis hingga layu.


Masukkan mie, aduk merata. Kalau agak susah, bisa ditambahkan sedikit air aja. Ini makanya masak mie-nya nggak udah matang banget.


Masukkan kecap, kemudian aduk merata.


Sajikan dengan telur ceplok, acar, serta kerupuk.


 

Ini rasanya pedas agak manis, dan tentunya gurih. Kalau teman-teman mau yang lebih pedas, bisa ditambahkan ulekan cabe rawit aja ya.


Ini rekaman cara memasaknya



 

Rekomendasi oalahan mie goreng lainnya, bisa langsung mampir aja ya pada artikel Mie Goreng Padang


Oke, itu dia resep mie goreng tek tek yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi menu sarapan maupun bekal ya, terutama bagi teman-teman penyuka mie. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P