Sore di Petaling Street dan Sri Mariamman Temple (Ngayap-Ngayap ke Kuala Lumpur dan Melaka with Pandra Tour Day 1C)

Traveling ke Kuala Lumpur

Ini urutan ceritanya ya:

Apa kabar, teman-teman?

Ketika matahari udah nggak gitu menyorot, saya dan Mba Cici siap-siap meninggalkan Masjid Jameek. Keluar dari area masjid, kembali kami berjalan menuju arah Central Market hingga ke depannya (rute dari Central Market menuju Masjid Jameek udah saya tulis ya di post “Siang di Dataran Merdeka”).

Pas udah videoin sebentar area depan Central Market ini, lanjut kami berjalan menuju Petaling Street. Saya lupa rute jalannya, cuma dari Central Market ini nggak jauh.

Petaling Street
Gerbang Menuju Petaling Street
Memasuki area Petaling Street ini suasananya sama kayak waktu saya ke Chinatown Singapur, tapi rasanya di Petaling Street ini lebih luas. Berjalan di tengah dengan kanan kiri penjual pakaian, sepatu, dan beragam souvenirs. Makanan minuman pun juga melengkapi. Di sepanjang jalan ini kepala kita juga nggak berhadapan dengan matahari langsung, karena ada atapnya dengan jejeran lampion yang cakep banget.

Atap dan lampion cantik di sepanjang Petaling Street
Saya kagak beli apa-apaan di sini mah, karena tujuan saya memang mau ke Sri Mariamman Temple. Rute jalannya kembali lupa, cuma ya ada di area Petaling St ini juga. Nggak jauh. Kami juga nanya-nanya kok untuk menuju ke sana.

Kembali kami menyeberang menuju Sri Mariamman Temple. Di sisi kiri pintu masuk, ada tempat penitipan alas kaki yang nggak perlu bayar. Masuk temple-nya memang harus buka alas kaki, sama kayak waktu saya masuk Sri Mariamman Temple di Chinatown Singapur.

Sri Mariamman Temple dari seberang
Karena ini temple wisata, jadi kita-kita yang bukan umat Hindu boleh masuk kok. Yang pakai celana pendek disediakan kain, pokoknya nggak boleh umbar dengkul apalagi paha ya, haha... Rasanya yang pakai baju ketekan juga nggak boleh deh, harus lilit kain juga.

Pas saya duduk, kan nggak jauh dari saya ada bule duduk trus kainnya tersingkap dikit, eh sama orang yang di sana diingatkan kalau kainnya suruh benerin, hehe...

Sri Mariamman Temple Kuala Lumpur
Sri Mariamman Temple di dalamnya. Maaf nggak foto tampak dekat karena lagi ada yang persiapan ibadah
Oh ya pas sore itu kami ke sana, lagi ada ritual ibadah menyiramkan air kembang ke sebuah patung. Ada musiknya juga yang mengiringi. Kalau ada teman-teman umat Hindu yang baca tulisan ini mungkin boleh ditambahkan ya infonya.

Kami boleh ikut melihat, bahkan boleh juga mengambil foto dan video. Tapi saya nggak mengambil foto dan videonya karena buat saya itu privacy orang yang lagi beribadah.

Makin sore, kami pun meninggalkan Sri Mariamman Temple dan lanjut berjalan menuju LRT station dekat Sri Mariamman Temple ini. Di sini Mba Cici ngajarin saya cara beli tiketnya. Ada rute-rute kereta yang perlu dilihat baik-baik dan lebih banyak jalurnya, hahah...

Sri Mariamman Temple Kuala Lumpur
Tiketnya berupa koin yang akan kami tap di mesin tiket. Untuk menuju ke Bukit Bintang, kami harus transit dulu di KL Central. Lagi-lagi tiketnya yang bayarin Mba Cici.

Rapid KL
Mari keliling Kuala Lumpur naik rapid KL
Karena memang tempat transit, jadi sore itu di KL Central cukup rame juga. Sebelum lanjut, saya muterin mall-nya dulu, haha... Mall yang cukup megah juga dan cukup saya lihat sekilas karena memang bukan anak ngayap mall, haha...

Dari KL Central lanjut kami menunggu kereta yang menuju Bukit Bintang. Lumayan sepi sih di dalam keretanya. Kami kebagian duduk dan ngobrol-ngobrol dengan seorang ibu berwajah Tionghoa.

“Kalau di Jakarta seronok macam ini juga?” Tanya beliau karena sore itu dari dalam kereta kami melihat jalanan yang lumayan macet.

“Almost all the time,” jawab saya sembari ketawa.

“Almost all the time? Wow...” balasnya melongo.

Hahaha... kereta pun akhirnya berhenti di Bukit Bintang station. Ini dekat dengan Sungei Wang. Untuk keluar dari station, kami nggak nge-tap coin-nya tapi dimasukkin macam masukin duit ke celengan, hehe...

Kami menyeberang lalu istirahat dan lanjut ngerumpi di lobby Hotel Royal, sembari saya nunggu rombongan Pandra Tour pulang dari Sunway Lagoon.

Sekitar jam 6 dengan langit yang masih terang, sebelum pulang, Mba Cici ngajak saya makan di salah satu food court di Sungei Wang. Rasanya ini ada di lantai 4. Menjelang malam itu food court-nya rada sepi. Saya memilih makan di Coffee Box karena ada paket nasi lemaknya, haha... Ini kali kedua di hari itu saya makan nasi lemak.

Review-nya ada di sini ya: Nasi Lemak Chicken Curry by Coffee Box

Kembali Mba Cici bilang, aku yang bayar padahal dia nggak makan. Eh maksudnya nasi yang saya pesan ini kami hajar berdua karena porsinya memang banyak banget.

Selesai makan, sekilas saya melihat Sungei Wang yang sama aja sih kayak Central Market. Tempat belanja, terutama souvenirs. Menyeberang lalu kembali lagi ke lobby hotel, duduk sebentar, lalu Mba Cici pun pamit pulang menuju rumahnya di daerah Batu Cave.

Really sad ketika kami bersalaman cipika-cipiki. Allah pertemukan saya dengan orang yang baik bangeeettt, walau pertemanan kami seperti yang dia bilang ke suaminya, “Baru ini Cici jumpa dengan Mba Nita. Kawan Cici di instagram.”

Moga akan ada ketemuan yang selanjutnya bersama Mba Cici di Kuala Lumpur lagi dan saya nggak boleh ngerepotin lagi, haha...

Nggak lama Mba Pipiet dan dua anaknya pun datang. Kami ambil gembolan yang dititipkan, lalu naik lift menuju kamar yang rasanya di lantai 16 deh, haha... Saatnya istirahat dan ngumpulin tenaga lagi untuk ke Melaka besok paginya.

Sri Mariamman Temple
Saya dan Mba Cici di Sri Mariamman Temple

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Nanti mampir ya di cerita selanjutnya tentang akhirnya saya kembali lagi ke Melaka. Moga teman-teman yang pingin ngayap ke Kuala Lumpur juga dimudahkan ya tabungan serta kesempatan lainnya.