10 Aneka Resep Minuman Dingin yang Praktis

Rekomendasi minuman dingin dengan bahan-bahan cukup mudah didapat, serta cara membuatnya yang praktis.


Apa kabar, teman-teman?

Selain makanan, membuat olahan minuman juga merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi saya. Terlebih kalau pas di bulan puasa maupun lagi ada kumpul keluarga. Bikin minuman yang praktis dengan bahan-bahan yang cukup mudah didapat, terlebih rasanya yang segar, tentunya enak banget.


Untuk berbuka puasa maupun kumpul keluarga, biasanya saya memang lebih sering menyuguhkan minuman dingin. Kalau yang lagi nggak bisa makan es dulu, ya udah nggak usah dimasukkan aja esnya. Karena untuk membuat minuman dingin, saya lebih suka memasukkan es batu yang terpisah. Untuk menjaga rasa manisnya yang pas juga.

Minuman yang sering saya buat juga menggunakan lebih banyak es batu, biasanya ½ atau 2/3 gelas. Jadi ada beberapa minuman yang memang dibuat sedikit lebih manis, biar ketika es batunya meleleh, rasanya tetap manis. Asal diaduk dulu ya sebelum diminum.

Berikut ini 10 aneka resep minuman dingin yang praktis - dengan bahan-bahan yang mudah didapat juga, yang pernah saya buat. Ada apa aja yaaa...


1. Es Pepaya Santan


Buah pepaya yang banyak manfaatnya, akan makin segar kalau dijadikan minuman dengan kuah santan. Kita bisa menggunakan santan instant, atau ditukar dengan fibercreme. Tinggal ditambahkan gula, jadilah minuman dingin dan manis. Minuman ini juga merupakan salah satu minuman khas Minang.


2Es Timun Cocopandan


Minuman khas Aceh dari mentimun yang diserut, lantas diberi air gula. Ditambah sirup cocopandan, rasanya pun akan lebih manis dan segar. Ditambah lagi mentimun yang juga nggak kalah banyak manfaatnya.

Bagaimana dengan takaran pembuatannya, mari mampir aja ke Cara Membuat Es Pepaya Santan dan Es Timun Cocopandan


3. Ais Sirap Bandung Malaysia


Minuman dingin berwarna pink yang merupakan campuran dari sirup merah, susu cair, dan juga krimer kental manis. Ais Sirap Bandung, salah satu minuman yang cukup populer di Malaysia, Singapura, dan katanya juga di Brunei.


4. Dalgona Milo


Minuman yang sebelumnya cukup populer di jagad sosial media, setelah pendahulunya yaitu Dalgona Coffee. Dalgona Milo bisa ditujukan untuk minuman anak-anak atau orang-orang yang belum bisa, atau nggak lagi minum kopi. Menggunakan bahan utama Milo, ditambah gula serta whipped cream untuk membantu proses mengembangnya. Disajikannya bisa dengan tambahan Milo juga maupun susu cair.

Untuk takarannya, teman-teman bisa mengunjunginya di Cara Membuat Ais Sirap Bandung Malaysia dan Dalgona Milo


5. Bubur Sagu Mutiara Kuah Pandan


Sagu mutiara atau yang juga disebuat pacar cina, memang enak untuk jadikan minuman. Entah untuk minuman hangat maupun dingin. Dengan kuah santan berwarna hijau aroma pandan, bubur sagu mutiara makin maknyuss untuk disantap. Santan instant-nya juga bisa ditukar dengan fibercreme.



6. Dalgona Coffee


Bagi kita-kita yang pecinta kopi, Dalgona Coffee merupakan salah satu penyajian minuman yang unik dan cantik, kalau kita benar-benar rapi menuangnya, haha... Iya, bagi saya ini lebih ke drink art, karena untuk menyantapnya ya tetap diaduk juga.

Kopi macam apa aja yang bisa dijadikan Dalgona Coffee, serta berapa takaran yang pas untuk membuat Dalgona Coffee anti gagal, mari simak di Cara Membuat Dalgona Coffee


7. Es Jelly Cincau Thai Tea


Nggak ada cincau beneran, kita bikin aja dari jelly Nutrijell rasa cincau. Walau memang rasanya nggak pure kayak cincau beneran ya, tapi ya tetap berasa kok cincaunya. Disantap dengan Thai tea, krimer kental manis, dan gula, minuman es jelly berwarna oranye ini makin mantap untuk di tengah hari nan haus...

Kayak gimana serta di mana rekomendasi beli teh khas Thailand ini, lantas gimana cara menyeduhnya, mari mampir di Cara Membuat Es Jelly Cincau Thai Tea


8. Es Palu Butung


Minuman es khas Makassar yang bisa dibilang juga minuman kenyang, hehe... Karena menggunakan bubur sumsum dan pisang kukus untuk bahan-bahannya. Agak banyak memang yang perlu disiapkan, tapi hasilnya akan jadi minuman yang segar dan cukup bikin kenyang juga.

Apa aja yang perlu disiapkan untuk menyajikan Es Palu Butung, mari disimak di Cara Membuat Es Palu Butung


9. Bajigur


Minuman khas Jawa Barat yang juga bisa disantap di saat hangat maupun dingin. Dengan campuran santan atau fibercreme, sedikit kopi, geprekan jahe, serta bahan-bahan lainnya, bajigur menjadi salah satu minuman tradisional yang maknyuss rasanya.

Takaran merebus bajigus, bisa dijumpai di Cara Membuat Minuman Bajigur


10. Es Nutrijell Cincau Santan



Dari olahan jelly Nutrijell rasa cincau juga, disantap dengan kuah santan atau fibercreme. Cara lain dari menikmati jelly dalam olahan minuman.

Resepnya bisa disimak ya di Cara Membuat Es Nutrijell Cincau Santan


Oke, ini dia 10 aneka resep minuman dingin yang praktis cara membuatnya. Dan pastinya udah saya bikin sendiri, hehe...

Moga bisa jadi rekomendasi ya bagi teman-teman yang senang membuat olahan minuman. Terima kasih banyak ya udah mampir...

3 comments:

  1. bubur sagu ini enak juga, lama udah nggak makan, kok jadi pengen ya hehehe

    ReplyDelete
  2. Es pepaya santan enak, tuh. Tapi saya sih lebih sering minum jus pepaya susu. Itu enak juga.

    ReplyDelete
  3. Dolgona dari wkt sempet viral sampe sekarang gk kesampean mau buat!

    ReplyDelete

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P