Sambal Terasi Daun Melinjo


Apa kabar, teman-teman?

Selain kulit melinjo, rasa yang khas dari daun melinjo bikin saya suka banget masak pakai daun melinjo, selain untuk sayur asem. Bahkan daun melinjo pula yang bikin resep masakan saya bisa tembus tabloid Saji. Ehciehhh... sekalian pamer ah, haha... Ini ya resepnya yang sempet mejeng di tabloid Saji:

Dan kali ini, daun melinjo saya padukan dengan sambal terasi pedas. Ini dia bahan-bahan yang mesti disiapkan:

30 lembar daun melinjo, kurang lebih, iris halus
10 buah cabe merah
5 buah cabe rawit merah
5 buah cabe rawit hijau
4 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1 buah tomat
1 terasi sachet
Sedikit garam
Secukupnya minyak goreng

Lalu cara masaknya:

Masukkan sedikit minyak, lalu tumis daun melinjo dengan api pelan hingga lunak. Kurang lebih 10 menit.

Masukkan minyak, lalu goreng cabe merah, rawit merah, rawit hijau, bawang merah, bawang putih, dan tomat, hingga layu dengan api sedang cenderung pelan.

Giling cabe merah dll yang digoreng, bersama terasi dan garam.

Letakkan dalam wadah, masukkan daun melinjo, lalu aduk hingga merata.



Ini rasanya cukup pedas kalau menurut saya. Kalau mau dikurangi pedasnya, gunakan 15 atau 20 cabe merah aja dan tomat besar yang merah banget. Cuma biasanya kalau tomat kayak gini nanti sambalnya rada berair, tapi sama enaknya kok. Untuk rasa, jadi perpaduan antara khasnya terasi dan daun melinjo.

Selamat mencoba, teman-teman. Makasih ya udah mampir... 

48 comments:

  1. Subhanallah....
    Adaaaaa aja bahannya

    Saya mah, masih masak pake bahan2 normal aja dulu. Kalau udah ahli, ntar baru mengombinasikan bahan2 yang ada di alam semesta
    Eaaaa

    Ditunggu terus kak nita, resepnya yang cihuuuy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ocha: haha gpp iseng2 aja coba2 padukan bahan ini itu 😁

      Delete
  2. WAIT WHAT!! Kenapa itu terlihat enak banget mba! hahahah glegh glegh glegh... baru jam 9 pagi rasanya pengen sarapan sambel melinjo pake nasi panas & kerupuk putih.... Hmmmm.... #ngayal Ntar nyoba bikin dirumah aaah!

    ReplyDelete
  3. Waa.. Kereenn... Aku gak kepikiran loh.. Hahaha (siapalah akuuu?).
    Kalo ketemu daun mlinjo pasti dibikin sayur asem, dan selalu sayur asem...
    Dapet pencerahan baru nih.. Insyaallah pasti kucoba..
    Thanks yaaakk...😊

    ReplyDelete
  4. Jadi lapar nih mba. Waktu itu kalau masak melinjo biasanya buat sayur asem aja. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Alida: iya buat divariasikan mba 😁

      Delete
  5. Waduuuh kayaknya enak banget deh mbaaaa
    sambal terasi aja udah enak apalagi di tambah daun melinjo yang khas banget itu :D

    ReplyDelete
  6. Aku suka sambell...cuma sekarang daun mlinjo makin sukar dicari ya mbak...
    Klo pas liat di pasar, pngen nyoba... Mksh resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Sulis: iya biasanya nyatu dg sayur asem ya 😁

      Delete
  7. Jadi daun melinjo ini yang biasa ada di sayur asem ya, Mbak? Saya ga familiar nih karena belum pernah bikin sayur asem sendiri. Hehehe... #GagapDapur.

    ReplyDelete
  8. Dimasak terpisah berarti ya mbak? Tadi awalnya saya kira dicampur daun bareng sambelnya...
    Setelah dibaca lagi baru ngeh... Hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyonyah: Iya, Nyah. Ditumisnya pisah trus disatuin deh 😁

      Delete
  9. Ngga pernah kepikiran daun melinjo dimasak sambal, hehe, dan ternyata mudah memasaknya. Pasti nambah lagi nambah lagi nih makannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Dini: iya masak yang simple aja 😁

      Delete
  10. Aku cobaaa ahhhh. Yg namanya sambel udh kayak menu utama soalnya mbak :p. Hidup ga komplit kalo mKan tanpa sambel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Fanny: iya ya kalau ga ada sambel, ga komplit deh makannya 😁

      Delete
  11. Duaduhh kayaknya enak banget tuh mbak. Kapan2 nyoba bikin juga ah

    ReplyDelete
  12. baru tahu sambal ini, kayaknya enak , tak coba ah

    ReplyDelete
  13. waduh lihat gambarnya saja sudah bikin ngiler, pengen nyoba juga nanti :)

    ReplyDelete
  14. duuh kayaknya enak banget...makannya pake nasi merah/item hangat, tempe goreng kering, tambahin lalapan seger...nyam nyam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Ophi: wah senang nasi merah dan nasi hitam ya, mba 😊

      Delete
  15. yg namanya sambal diapain aja teteup menggugah selera ya mba :D

    ReplyDelete
  16. Beuh sambalnya bikin pengen, makan disore hari dengan nasi yang anget muantab nih :)

    ReplyDelete
  17. Bikin makan nambah pasti yang beginianπŸ˜‚
    Apalagi makannya pas lagi lapar-laparnya tengah hari, sama nasi anget plus teh dingin. Ngiler, ntar coba ah juga dirumah ^^

    ReplyDelete
  18. Masakan bertema sambel2 udah pasti enak, saya percaya deh hihihi

    ReplyDelete
  19. Hoalaaah nyiksa banget liatnyaa, haduh mesti nahan berapa minggu lagi ya biar bisa makan sambel :(

    ReplyDelete
  20. Belum pernah nyobain daun melinjo... Kyanya enak bgt dibikin sambel gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Nathalia: enak, mba. Yuk coba 😁

      Delete
  21. Aku suka ini mbaa tapi blm pernah bikin..Sedap yaa mba nit inih.. mintaa

    ReplyDelete
  22. wah, saya suka sekali daun melinjo, tapi belum pernah kalau dicampur dengan sambal.
    Beneran ini mau nyoba, makasih ya mba resepnya :)

    ReplyDelete
  23. Bikin laper dan daun melinjo agak langka di Makassar :(

    ReplyDelete
  24. Yummy keliatannya Nit... 😍😍

    ReplyDelete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)