Citizen Journalism Workshop di EF Kuningan City

       
Apa kabar, teman-teman?

Kamis siang, begitu baca undangan workshop ini untuk tanggal 27 May 2016 di grup facebook-nya KEB, saya tertarik banget untuk ikutan. EF, yang ada dalam pikiran saya, nanti workhop-nya bakalan diisi oleh Sir atau Miss native teachers mereka. Menyenangkan banget kalau buat saya, apalagi free.

Lobby EF Kuningan City
Jumat pagi sekitar pukul 10, kami pun dipersilakan masuk dan menunggu teman-teman KEB lainnya sembari ngopi-ngopi di ruang tengah. Dari front area, saya berjalan sembari melihat ke sisi kanan yang terdapat dua atau tiga ruangan kecil berkaca, dengan sebuah meja dan tiga buah kursi. Ini katanya untuk kelas privat. Lalu di sebelahnya lagi ada ruangan berkaca juga dengan kira-kira terdapat enam buah kursi. Ada juga ruangan besar yang sama dengan ruang workshop yang kami masuki. Ya, kira-kira di dalamnya terdapat 15 kursi.

Private class di EF Kuningan City
Sebelum menuju ruang tengah, saya membaca tulisan besar di lantai yang bertuliskan:
Area for you ngemeng in English :P EF Kuningan City
Tiba dan melihat ke sekeliling ruang tengah, saya bicara dalam hati, “Wihhh... keren banget. Nggak kayak tempat kursus, tapi kayak cafe. Cozy banget.” Kami pun dipersilakan untuk mengambil kopi atau minuman lainnya yang terletak di pojokkan. Keren, gelas-gelasnya aja ada label EF-nya, haha...


EF, kalo ngadain event lagi, goodie bag-nya mug ini dong
Selesai ngambil kopi, kami duduk di sofa sembari ditemani Ms. Celly, marketing-nya EF. Sambil ngopi-ngopi plus cemilannya yang ada dua nampan (eh saya cuma makan kroket doang, lho.Beneran dehhh, haha...), kami pun ngobrol banyak tentang EF, khususnya sih EF Kuningan City.

Lebih kayak cafe ya di EF Kuningan City ini
EF di centre Kuningan City memang lebih fokus pada adults class, sama seperti di tiga centres lainnya, yaitu di FX Sudirman, Mall Taman Anggrek, dan Surabaya Town Square. Iya sih kalau misalnya saya jadi student juga mendingan lebih milih kelas yang khusus orang dewasa aja, jadi topik materinya juga nggak jauh-jauh dari dunia kantor, dan keseharian orang dewasa lainnya. Udah gitu, jadi berasa lebih pede aja kalau teman-teman belajarnya orang dewasa juga.

Mau gabung di ekskul yang mana? EF Kuningan City
Karena untuk kalangan profesional yang bisa aja mereka lagi ada urusan kantor, atau lainnya, waktu belajarnya juga dibuat lebih fleksibel. Belajarnya juga nggak cuma di kelas aja, tapi juga ada beberapa extra class yang bisa diikuti sesuai jadwalnya. Mereka juga ngadain fun cooking, nonton bareng, dan outing class.  Untuk teachers-nya, ada yang natives, ada yang foreigners, dan juga locals.

Yuk main ajah... EF Kuningan City
Pukul sebelas, Sir Andy pun mengajak kami untuk masuk kelas. Serasa lagi kuliah aja deh, haha... Tema workshop-nya tentang Citizen Journalism, karena memang penting juga untuk para blogger. Lebih kayak diskusi, kita kelompokkan dan tiap kelompok diminta untuk sharing.

Monthly newsletter di EF Kuningan City
Materi yang diberikan itu tentang apa sih good and bad-nya sebuah artikel bagi pembaca. Nah jangan sampe ya artikel yang kita buat malah bad untuk pembaca, walau saya juga nggak bilang ya kalau semua artikel yang saya buat di blog ini good. Tapi yang terpenting, kita udah menyaring ya, jangan sampe yang kita tulis malah tentang adu domba personal ini dengan si itu, atau profesi ini dengan profesi itu.

Trus tulisan kita itu target pembacanya siapa; individu, community, atau world. Individu misalnya sebuah tulisan ditujukan hanya untuk PakDe Presiden Jokowi, haha... atau cowok gebetan. Lalu community misalnya tulisan ditujukan untuk lingkup tertentu, kayak para ibu hamil (artikel parenting). Dan world untuk siapa aja bisa baca, contohnya tulisan-tulisan di blog ini, hahahahah... 

Dan point-point yang dipentingkan itu apa aja, misalnya apa berita yang disampaikan itu masih hangat, cara mendapatkan sumber berita, dan beberapa point lainnya. 

Ada tulisan yang ditulis ketika masih hangat, tapi mau dibaca kapan aja tetap bisa. Ada juga yang menghangat beberapa saat, abis itu kelar sudah, macam artikel gosip kali ya, haha... 

Lalu mendapatkan sumber berita, bisa dari pengalaman, cerita orang, atau yang kita baca. 

Follow EF Kuningan City
Asyik sih. Jarang-jarang kan saya ikut speaking class yang teacher-nya native. Gratis pula, hehe. Pulangnya juga dikasih goodie bag.

View di seberang EF Kuningan City
Thanks EF Kuningan City udah ngundang saya dan kita-kita untuk ngopi-ngopi dan ikut ngerasain belajar di EF. Semoga nanti ada lagi ya workshop dengan tema lainnya.

Makasih ya udah mampir...

Comments

  1. Dulu di Bekasi aku kursus beginner miss di EF aku kan dah gawe ealah sekelasnya ma bocah2 wkwkwk jadi gimana gitu. Baca paparan ini aku jadi pgn ambil lg kursus EF adult apalagi dikantor pernah aku dpt tlp dari LN speak english aku sampe gagap malu banget ga lancar :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha oh dulu belum ada for adult class mungkin ya, atau di centre-nya belum ada :D

      Delete
  2. Aku selalu lewatin ini kalo main ke kuncit. Gak nyangka dalamnya lumayan gede juga yaa mba. Ah kok jadi kangen kuncit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya dalemnya lumayan luas juga sih mba

      Delete

Post a Comment

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P