Martabak Tempe Jagung

Apa kabar, teman-teman?


Di hari rabu pekan lalu, saya bersama teman-teman bloggers dari Blogger Perempuan menghadiri simposium tentang kadar gizi dan pola hidup sehat bersama SunCo, minyak goreng baik yang dikit nempel di makanan. Apa aja pengetahuan yang saya dapat sepulang dari sana? Ceritanya udah saya tulis di:


Dalam rangka dikasih oleh-oleh minyak goreng sama SunCo, jadi saya pakai aja deh buat bikin gorengan. Dan gorengan yang saya buat kali ini adalah Martabak Tempe Jagung, perpaduan antara karbo dan protein, seperti pesan para narasumber kalau masak itu mesti diperhatikan kadar gizinya, termasuk untuk cemilannya juga kan.

Yang mau resep Martabak Rebung, yo mareee...

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk bikin Martabak Tempe Jagung ini nggak banyak kok:

20 lembar kulit martabak
300 gram tempe
1 buah jagung
1 buah telur
2 siung bawang merah
1 batang daun bawang
250 gram minyak goreng SunCo

Bumbu gilingnya:

2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1/2 sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam


Lalu cara masaknya:

Hancurkan tempe, dengan tangan aja biar lebih gampang.

Serut kasar jagung.

Kocok telur.

Iris tipis bawang merah dan daun bawang.

Campurkan semua bahan di atas beserta bumbu giling, lalu aduk hingga merata.

Ambil selembar kulit martabak, isi adonan +_ 1 sdm lalu lipat. 

Tuangkan minyak goreng SunCo lalu tunggu hingga panas.

Goreng adonan hingga kuning kecoklatan dengan api pelan, biar bahan isinya matang.


Kalau adonan isi masih ada sisa, bisa tinggal ditambahkan tepung dan air aja, lalu cobain lagi rasa garamnya. Bisa untuk dijadikan bakwan tempe jagung juga. Jadi nggak ada adonan yang terbuang kan. 

Untuk anak-anak atau yang nggak suka pedas... cabe merah, lada, dan ketumbarnya nggak usah digunakan aja. Adonan bisa dibuat dari malam lalu simpan di kulkas, asal jangan ditumpuk ya. Bisa untuk bekal yang praktis dan sehat juga kan. 

Makasih banyak ya udah mampir...


41 comments:

  1. Nggak hanya anak2 yg suka, aku juga suka banget mbak :)
    Tp jagung gini belum pernah bikin, biasana cincangan ayam or daging. Coba ah

    ReplyDelete
  2. Ini ngepas banget nemuin martabak, secara kemarin bakul belanjanya salah memasukkan belanjaan. Padahal aku nggak niat beli kulit pangsit, tapi karena posisinya dia di sebelah jamur akhirnya sama bakulnya diangkut semua ke dalam belanjaan padahal aku nggak tahu resep cara membuat martabak. Makasih ya Mbak Nita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Rani: iya sama2 mba. Selamat masak 😁

      Delete
  3. Martabaknya enak banget neh mba, aku harus coba bikin buat anak-anak neh

    ReplyDelete
  4. Nggak pakai bawang kah mbak? trus bumbunya itu diiris saja? nggak diuleg? Senangnya menemukan resep baru di sini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Giri: bumbu giling itu bumbu uleknya 😁

      Delete
  5. Kayaknya gampang banget ini bikinnya. Bisa ditiru kalo bosen sama bakwan. Makasih idenya

    ReplyDelete
  6. Mba Nita, aku suka bikin Dan makannya..hehe
    Tapi klo jagung belum pernah dijadiin martabak. Kpn2 nyoba ah

    ReplyDelete
  7. ada tempe sama jagungnya euy tapi males bikin kulit lumpianya sendiri miss :) keren pisan miss apapun jadi masakan euy

    ReplyDelete
  8. Saya pernah bikin martabak dan gagal. Hehehe.. Tapi suka pengin aja mencoba ya mbak kalau ada resep baru. Makasiih resepnya, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Hairi: wah ayo bikin lagi mba 😁

      Delete
  9. Pengen nyoba resep ini ah..... Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  10. Blum pernah bikin tempe & jagung dibikin martabak... Cobain ah...

    ReplyDelete
  11. wah, boleh juga nih resepnya.
    terimakasih sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  12. Waaa... Martabak tempe..? Tergoda saya untuk membuatnya mbak... Biasanya saya pake tahu atau orak arik telur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Miftha: orak arik telur saya belum nyoba 😁

      Delete
  13. Wahoooo kayaknya enak ya Mbak. Gampang pula cara bikinnya. Boleh deh nanti dicobain. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intan: gak susah buat anak kost ini 😁

      Delete
  14. Martabak Tempe Jagung, ini pasti enak banget. Apalagi aku suka jagung. Huhu...
    Tapi kalau aku yang biki, kayakya gak usah pake cabai, yah. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Nurlia: iya kalau nggak suka pedas, cabenya di-skip aja 😁

      Delete
  15. Wah, kurang kulit lumpia aja bisa bikin nih, mau ah juga ntar buat bahan cemilan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mom Syuna: tinggal beli kulitnya 😁

      Delete
  16. Wah baru kepikiran bikin martabak tempe jagung, hihihi sehat bikinnya pake minyak goreng sunco lagi.

    ReplyDelete
  17. Aku jga suka bikin martabak tapi isinya daging. Hemat banget klo isinya bisa diganti tempe 😚

    ReplyDelete
  18. Nyam...Nyam banget nih, seringnya sih aku cuma buat perkedel jagung hahaha wajib dicobain nih martabak, anakku pasti suka :D

    ReplyDelete

Makasih ya udah meluangkan waktu untuk berkomen. Semua komen melewati jalur sensor dulu ya sebelum mejeng di blog.

Memang tidak ada notif setelah klik posting, tapi komen teman2 tetap masuk ya :)