Resep Martabak Tempe Jagung

Resep Martabak Tempe Jagung

Apa kabar, teman-teman?


Di hari rabu pekan lalu, saya bersama teman-teman bloggers dari Blogger Perempuan Network menghadiri simposium tentang kadar gizi dan pola hidup sehat bersama SunCo, minyak goreng baik yang dikit nempel di makanan. Apa aja pengetahuan yang saya dapat sepulang dari sana? Ceritanya udah saya tulis ya di:

Dalam rangka dikasih oleh-oleh minyak goreng sama SunCo, jadi saya pakai aja deh buat bikin gorengan. Dan gorengan yang saya buat kali ini adalah Martabak Tempe Jagung, perpaduan antara karbo dan protein, seperti pesan para narasumber kalau masak itu mesti diperhatikan kadar gizinya, termasuk untuk cemilannya juga kan.

Yang mau resep Martabak Rebung, yo mareee...

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk bikin Martabak Tempe Jagung ini nggak banyak kok:

20 lembar kulit martabak
300 gram tempe, bejek-bejek halus
1 buah jagung manis, serut kasar aja

1 buah telur
2 siung bawang merah, iris
1 batang daun bawang, iris

Secukupnya minyak goreng.
1 sdm margarin


Bumbu gilingnya:

2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
3 siung cabe merah

1/2 sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam



Lalu ini cara masaknya ya:

Campurkan tempe, jagung, telur, bawang merah, daun bawang, dan bumbu giling. Aduk hingga merata.

Ambil selembar kulit martabak, isi adonan +_ 1 sdm, lalu lipat bentuk kotak atau bentuk risol. 

Panaskan minyak goreng dan margarin, lalu goreng adonan martabak hingga kuning kecokelatan.

Resep Martabak Tempe Jagung
Martabak Tempe Jagung
Menggorengnya menggunakan api pelan menuju sedang aja ya kalau untuk gorengan kloter pertama. Kalau yang selanjutnya, apinya dipelankan aja karena minyaknya akan udah lebih panas, jadi gorengannya bisa cepat gosong kalau apinya agak besar.

Jagungnya gunakan jagung manis aja biar lebih cepat matang tanpa harus ditumis dulu. Kalau penggunaan margarin di minyak goreng, biar rasa martabaknya jadi makin gurih.

Kalau adonan isi masih ada sisa, bisa tinggal ditambahkan tepung dan air aja, lalu cobain lagi ya rasa garamnya. Bisa untuk dijadikan bakwan tempe jagung juga. Jadi nggak ada adonan yang terbuang kan. 

Untuk anak-anak atau yang nggak suka pedas... cabe merah, lada, dan ketumbarnya nggak usah digunakan aja. Adonan bisa dibuat dari malam lalu simpan di kulkas, asal jangan ditumpuk ya. Bisa untuk bekal yang praktis dan sehat juga kan. 

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi masak cemilan dari olahan tempe dan jagung ya.

Comments

  1. Nyam...Nyam banget nih, seringnya sih aku cuma buat perkedel jagung hahaha wajib dicobain nih martabak, anakku pasti suka :D

    ReplyDelete
  2. Waah resep gorengan baru nih. Harus segera dirayakan dgn praktek. TFS :)

    ReplyDelete
  3. Pengen beli bahan biar istri nyoba masak dengan resep ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P