Resep Kembang Kol Saus Tiram dan Tumis Kecap

Resep Kembang Kol Saus Tiram dan Kembang Kol Tumis Kecap


Apa kabar, teman-teman?

Kembang kol merupakan salah satu dari sedikit sayuran yang saya suka. Ketimbang makanan lain, saya memang paling malas makan sayur. Selain dibikin sayur bening, biar lebih enak, biasanya sayuran saya bikin pakai bumbu aja.


Pas tante beli kembang kol yang satu bonggolnya itu cukup banyak juga, jadi saya bagi dua aja biar bisa dibikin dua masakan, dengan menggunakan saus tiram dan kecap manis. Yuk mari kita siapkan bahan-bahannya:

150 gram kembang kol, iris. Daunnya dipakai aja.
Secukupnya minyak goreng.

1 SDM margarin.
¼ siung bawang bombay, iris.
1 siung bawang putih, iris.

3 buah cabe merah, iris.
1 buah tomat merah, belah empat, iris.
3 SDM saus tiram.

½ SDT gula.
100 ml air.
Sedikit garam bila diperlukan.


Lalu ini cara memasaknya ya...

Panaskan minyak lalu goreng kembang kol hingga matang.

Lelehkan margarin, tumis bawang bombay dan bawang putih hinga matang.

Masukkan cabe merah dan tomat, lalu tumis hingga harum.

Masukkan saus tiram, gula, dan air, lalu masak hingga mendidih .

Masukkan kembang kol, lalu aduk hingga merata.

Sajikan hangat.


Ini dia hasilnya...

Kembang Kol Saus Tiram
Kembang Kol Saus Tiram
 Cobain dulu ya rasanya, kalau mungkin masih perlu ditambahkan garam. Kalau saya udah nggak perlu tambahkan garam lagi, karena dari margarin dan saus tiram udah berasa garamnya.

Kembang kol saus tiram ini memang sedikit berkuah dan kembang kolnya memang saya goreng dulu, jadi pas dimasukkin ke tumisan, cukup diaduk sebentar aja. Kalau teman-teman maunya ditumis aja juga bisa. Gunakan api pelan aja kalau kembang kolnya udah dimasukkan, biar empuk.


Lalu ini masakan yang kedua ya, kembang kol yang dimasak dengan kecap manis. Ini bahan-bahan yang perlu disiapkan...

150 gram kembang kol serta daunnya, iris.
Secukupnya minyak goreng.

¼ siung bawang bombay.
1 siung bawang putih.
3 buah cabe merah, iris.

1 buah tomat, belah empat, iris.
2 SDM kecap manis.
½ SDT gula.
Sedikit garam.


Ini cara masaknya...

Panaskan minyak lalu goreng kembang kol hingga matang.

Panaskan minyak lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga matang.

Masukkan cabe merah dan tomat, lalu tumis hingga harum.

Masukkan kecap, gula, dan garam, aduk.

Masukkan kembang kol, lalu aduk hingga merata.

Sajikan hangat.

Ini hasilnya...

Kembang Kol Tumis Kecap
Kembang Kol Tumis Kecap
Kalau kembang kol tumis kecap ini memang nggak pakai margarin dan nggak pakai tambahan air juga. Karena cuma asal diaduk aja, warna kembang kolnya ini nggak pekat dengan warna kecap.

Kedua masakan kembang kol ini rasanya enggak pedas. Kalau teman-teman mau lebih pedas bisa tambahkan ½ SDT bubuk lada hitam aja.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir dan selamat mencoba...

Comments

  1. saya baru tahu kembang kol bisa ditumis juga, biasanya kan dimasak untuk sup aja. keliatan enak nih mbak

    ReplyDelete
  2. Aku klo ngolah kembang kol, daunnya selalu dibuang. Emang enak ya daunnya?
    Nahh gini nih aku klo masaknya lagi gak keburu2. Bikin 2 versi. Pedan dan gak pedas. Yg gak pedas khusus utk krucils.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak kok, Mba. Macam makan caisin aja :D

      Delete
  3. Iya, biasanya saya masak buat sup. Tapi ini IDEnya oke juga nih biar gak bosen makan kembang kol. Kelihatannya enak juga tuh Mba dari fotonya

    ReplyDelete
  4. Biassnya aku sop atau orak-arik mb klo punya kmbang kol..
    Di pkein kecap enak juga to ternyta.. Mksih ya mb resepnya

    ReplyDelete
  5. Kadang suka bingung mau masak apa, saking bosen masak yang itu-itu aja. Nah, kembang kol bahan makanan yang jarang aku sentuh selain buat sop nih. Cobain aaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ninna buat variasi makan sayur :D

      Delete
  6. Wah kreasi baru ini kembang kol bisa digoreng dulu baru ditumis. Akupun kadang bingung mau diapain hehe kalo g disayur sop atau capjay pilihannya pling wkkw makasih resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gua lebih doyan gini, haha... Ga digoreng pun sama enaknya :D

      Delete
  7. Kayaknya saya naksir yang Kembang Kol Tumis Kecap nih. Makan pakai nasi anget enak banget itu~

    ReplyDelete
  8. Saus tiram dan margarine memang udh ada rasa asin2 gitu ya jadi ga perlu pakai garam lagi. Tapi kadang aku pakein juga trus cabe rawit orens nya yg buanyak mantap deh Nit.

    ReplyDelete
  9. Dan aku baru ngeh, di lemari es masih ada kembang kol yang belum diapa-apain. AKu sebetulnya kurang suka loh, dengan kembang kol ini

    ReplyDelete
  10. Ibuku biasa pakai kembang kol ini untuk capcai. Pengganti brokoli yang mahal katanya. :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P