Resep Telur Puyuh Kembang Kol Bumbu Tomat dan Tumis Tahu Kecambah

Resep Telur Puyuh Kembang Kol dan Tahu Kecambah


Apa kabar, teman-teman?

Kalau sebelumnya saya udah pernah nulis tentang sup tomat, kali ini kembali saya bikin masakan sayuran yang menggunakan blenderan tomat. Cuma bedanya ini nggak berkuah banyak macam sup.


Mampir juga ya di Sosis Jagung Sup Tomat

Untuk sayurannya, saya cuma menggunakan kembang kol dan telur puyuh, karena waktu itu di IG @thegaring.ig (upload foto makanan bareng) temanya tentang telur puyuh, jadi saya masak telur puyuh yang dicampur dengan kembang kol aja.

Masakan ini saya bikin enggak pedas, jadi mungkin bisa direkomendasikan untuk menu anak-anak ya. Yuk kita mulai aja siapkan bahan-bahannya.

Resep Telur Puyuh Kembang Kol Bumbu Tomat
Telur Puyuh Kembang Kol Bumbu Tomat

Bahan-bahan yang diperlukan:

10 butir telur puyuh yang udah direbus, kupas kulitnya
250 gram kembang kol, iris
2 buah tomat merah

Secukupnya minyak goreng
4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris

1 batang daun bawang, iris
100 ml air
1 sdt gula
Secukupnya garam


Lalu ini cara memasaknya ya...

Rebus tomat hingga kulitnya pecah atau matang. Terkadang entah karena kulitnya tebal, suka nggak bisa pecah. Kalau udah terlihat lembek nggak apa-apa angkat aja.

Kupas kulit tomat lalu blender atau giling halus.

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.

Masukkan daun bawang, lalu tumis hingga harum.

Masukkan tomat, air, gula, dan garam.

Masukkan telur puyuh dan kembang kol, lalu tutup sembari sesekali diaduk. Masak hingga kembang kol empuk.


Kalau saya masaknya menggunakan api sedang. Kalau teman-teman mungkin lebih suka yang agak berkuah, gunakan api pelan aja. Rasanya perpaduan dari asam manis dan pastinya segar.

Lanjut di masakan yang kedua ya. Kalau ini karena di kulkas ada sebungkus tahu pong dan kecambah, jadi keduanya saya bikin tumisan aja, biar sekalian masak.

Kalau mungkin teman-teman agak susah beli tahu pong, nggak apa-apa gunakan tahu biasa aja. Nanti pemakaiannya disesuaikan aja ya. Kecambahnya mau ditukar dengan toge juga bisa. Pokoknya kita gampangin aja ya masaknya, haha...

Resep Tumis Tahu Kecambah
Tumis Tahu Kecambah

Ini dia bahan-bahannya:

10 tahu pong, belah dua
1 genggam kecambah
Secukupnya minyak goreng

4 siung bawang merah, iris
1 siung bawang putih, iris
3 buah cabe merah, iris

3 buah cabe hijau, iris
1 batang daun bawang, iris
1 buah tomat, belah empat lalu iris

2 lembar daun salam
100 ml air
½ sdt gula
Secukupnya garam


Lalu ini cara masaknya:

Panaskan minyak goreng, lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang.

Masukkan cabe merah, cabe hijau, daun bawang, tomat, daun salam, gula, dan garam. Tumis hingga harum.

Masukkan air, kecambah, dan tahu, lalu masak hingga kecambahnya matang. Gunakan api sedang aja ya.


Ini rasanya nggak pedas karena nggak pakai cabe rawit. Kalau teman-teman mau yang lebih pedas, bisa ditambahkan irisan cabe rawit atau gilingan lada aja ya.

Makasih banyak ya teman-teman udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi untuk masak gampil yang sehat ya.  

9 comments:

  1. Tahu kecambah udah lama bnget ngga makan, tukang sayur sini jarang bawa,, noted u. resep telur puyuhnya selama ini cuma buat campursup

    ReplyDelete
  2. Yg resep pertama kayaknya bisa aku coba deh sama mas Gav dan adek Jo. Nah kalo resep kedua itu kesukaan aku banget miss tahu pong. Jadi menggoda gitu sepertinya ohhh pakai daun salam juga ya,oke noted karena biasanya aku masak kebanyakan lupa kasih salam hehe. Trims nice post

    ReplyDelete
  3. Menu yg kedua sering ade buat juga tuh dan jadi menu tumis kesukaan kita. Kecuali anak2. Hahaha.. yang oertama belum pernah coba kreasi pakai telur puyuhnya. Tapi boleh juga tuh pake telur puyuh. ^_^

    ReplyDelete
  4. Kebetulan aku punya stock telur puyuh dirumah bosen di buat sop sama opor mulu ada juga kembang kol bisa dicoba ini, btw kalau ga pake tomat dikukus n digiling apa mengurangi rasa y miss?soalnya aku yang ga terlalu doyan asem hahaha *justru tomatnya adalah qoentji ya miss :p

    ReplyDelete
  5. Default masakan toge di rumah adalah ditambah tahu cina atau ditambah suitan jambal asih goreng. Hehehe...
    Nambah ide lagi nih.

    ReplyDelete
  6. suka banget sama masakan yg berhubungan sama telor puyuh...

    tahu pong itu tahu apa yakkk???

    ReplyDelete
  7. Resepnya gampang ini, andalan buat ibu2 rempong macam saya, senengnya yg praktis :)

    ReplyDelete
  8. Resep kedua mba art ku srg bikin. Tp yg pertama boleh nih aku ksh resepnya kedia biar makin banyak variasi makananku di rumah nit :p. Apalagi sekeluarga suka ama telur puyuh

    ReplyDelete
  9. Mbak, tomatnya kenapa harus direbus dulu? Apa biar ga pakai kulitnya? Kalau langsung dipotong2 terus dicemplungin pas lagi dimasak, bisa?

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P