Resep Jengkol Teri Balado Masakan Padang

Cara memasak goreng jengkol biar nggak keras, serta ikan teri yang kering dan garing, dalam adukan sambal balado merah khas Minang.

 


Apa kabar, teman-teman?


Jengkol merupakan salah satu masakan yang memiliki bau menyengat. Baik di mulut maupun di kamar mandi. Makanya almarhumah nenek dulu rasanya nggak pernah masak jengkol. Jadi kami sekeluarga di rumah nenek dulu, nggak gitu familiar dengan masakan olahan jengkol.


Lalu di kampung ini, jengkol terbilang murah. Makanya dalam prasmanan pesta pernikahan pun, gulai jengkol atau goreng jengkol balado sering disajikan. Selain terbilang murah, jengkol di kampung ini juga nggak berbau menyengat. Jadi merebusnya pun nggak perlu pake ini itu, untuk mengurangi baunya.


Selain itu, jengkol di kampung ini juga nggak meninggalkan bau mulut permanen, haha... Apalagi kalau teman-teman juga terbiasa sikat gigi setelah makan, atau mau sholat. Apa bener-bener nggak bau sama sekali? Nggak juga. Cuma ya nggak menyengat.


Jadi biasanya almarhumah nenek dan om tante saya, kalau pas pulang kampung ini akan puas-puasin makan jengkol, haha... Kemudian ibu saya akan bikinin rendang jengkol untuk dibawa mereka ke Jakarta.


Gimana dengan saya di kampung ini? Haha... Misalnya ibu saya masak jengkol, kadang saya ikut makan satu atau dua keping. Kalau menjadikan makanan favorit, enggak sih, haha... Karena memang enggak terbiasa.


Nah kemarin itu pas ada jengkol, tapi ibu saya sibuk dengan urusan panennya. Ya udah saya masak aja, dicampur dengan ikan teri tawar - yang kalau di Jakarta dikenal dengan teri tawar padang.


Oh ya, dulu nenek juga pernah dibilangin dokternya, kalau teri tawar padang ini cukup banyak kalsiumnya.


“Mumpung ibu orang Padang juga, sering-sering makan teri tawar padang ya. Bagus untuk menjaga kesehatan tulang.”


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

 


Cara membuat goreng jengkol teri balado padang, ini dia bahan-bahan yang diperlukan:


150 gram jengkol

50 gram teri

½ sdt garam

½ sdt penyedap

Secukupnya minyak goreng

 


Untuk merebus jengkol:


1 gelas kecil air

Sedikit garam

 


Bahan untuk gilingan sambal:


20 buah cabe merah

5 buah cabe rawit merah

5 siung bawang merah

2 ruas jeruk nipis / 1 sdt cuka

 


Lalu ini ya cara memasak goreng jengkol balado campur teri khas Minang:


Kupas jengkol lalu belah dua. Cuci, kemudian aduk dengan sedikit garam.


Buang kotoran teri, tapi kepalanya nggak usah dibuang. Cuci lalu tiriskan. Jangan direndam, nanti lembek.


Siapkan panci, campurkan jengkol, air, dan sedikit garam. Rebus hingga kurang lebih 30 menit, atau sampe empuk ya. Gunakan api pelan aja. Teman-teman bisa cari info lainnya ya, cara merebus jengkol biar nggak bau. Kalau saya pake jengkol padang, ya begini aja.


Kalau udah empuk, tiriskan, lalu geprek pelan aja sampe merekah. Yang khas dari jengkol balado Minang ini jengkolnya digeprek, jadi agak tipis melebar.


Panaskan minyak goreng, lalu goreng jengkol dengan api sedang. Kalau saya gorengnya 5 menit aja, jadinya nggak kering banget.


Lanjut goreng teri. Oh ya, menggoreng teri ini ada 2 cara. Pertama terinya udah dicuci, goreng dengan api pelan hingga kering dan garing. Kalau teman-teman nggak terbiasa goreng teri, lalu takut lembek, terinya nggak usah dicuci, tapi setelah digoreng minyaknya dibuang ya. Jadi pake minyak sedikit aja.


Karena saya pake teri yang udah dicuci, jadi minyaknya masih bening. Lanjut goreng sambal, tambahkan garam dan penyedap. Gunakan api sedang aja, masak hingga kurang lebih 10 menit, sampe warna sambalnya agak oranye dan wanginya pun menguar. Cobain ya rasa garamnya.


Kalau sambalnya udah matang, matikan kompor. Masukkan goreng jengkol dan teri, kemudian aduk merata.

 


Sambal yang dimasak hingga benar-benar matang, biasanya seharian pun nggak basi. Ini jadinya satu piring sedang.


Oke, ini dia resep jengkol teri balado padang yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi masakan teman-teman ya, terutama yang penyuka jengkol. Makasih banyak ya udah mampir.

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P