Martabak Jamur Jagung


Apa kabar, teman-teman?

Selain jamur kuping, jamur tiram putih merupakan makanan yang saya suka banget. Selain biasanya dibuat sup atau ditumis, jamur tiram putih juga sering saya jadikan isian martabak. Cara masaknya juga gampang kok. Yuk kita siapkan bahan-bahannya...


Oh ya, sebelumnya saya juga udah pernah nulis Martabak Tempe Jagung dan Martabak Rebung. Ini dia ya link-nya...




Ini ya bahan-bahannya:

20 lembar kulit martabak
400 gram jamur tiram putih, iris
1 buah jagung manis, serut kasar
2 siung bawang merah, iris
1 batang daun bawang, iris tipis
1 butir telur
Secukupnya minyak


Bumbu gilingnya:

2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
3 buah cabe merah
½ sdt lada
1 sdt ketumbar
Secukupnya garam

Lalu cara masaknya...

Campurkan jamur tiram, jagung, bawang merah, daun bawang, telur, dan bumbu giling. Lalu aduk hingga merata.

Ambil selembar kulit martabak. Kalau kulitnya kelewat tipis, gunakan 2 lembar aja ya, daripada nanti meletus balon hijau pas digorengnya.

Ambil adonan kurang lebih 1 sdm lalu letakkan ke bagian tengah kulit. Isiannya juga jangan terlalu numpuk macam gundukan di tengah juga ya, agak dilebarin sedikit.

Lipat kulit ke atas, bawah, lalu kiri, dan kanan.

Panaskan minyak lalu goreng adonan martabak hingga kuning kecoklatan.


Martabak Jamur Jagung ini rasanya perpaduan dari rasa khas jamur tiram dengan rasa manisnya jagung. Rasa dari keseluruhannya enggak pedes, karena cuma pakai cabe merah. 

Biasanya martabak atau gorengan lainnya kami santap dengan saus sambal, sambal kecap, atau sambal kacang. Makanya nggak mau kalau bikinnya langsung pedas sekalian.


Makasih banyak ya udah mampir. Moga bisa jadi rekomendasi teman-teman yang mau masak martabak atau masak olahan jamur tiram putih. 

22 comments:

  1. Sy jg suka nih bikin martabak.. To biasanya isiannya ngasal. Kalo ada sisa lauk daging/jamur/ayam masukin aja sm kocokan telur bebek buat isian martabak.. :)

    ReplyDelete
  2. Waa..aku klo punya jamur biasanya cuma tak tumis.. Oke deh, sip! Makasih resepnya.. Soalnya aku juga pecinta jamur. Tapi ya itu..ngolahnya cuma tak tumis atau goreng krispi doang☺

    ReplyDelete
  3. aku biasanya bikin dari ikan. kaya nya enak nih buat cemilan tagjil dan hbis tarawih

    ReplyDelete
  4. Ini,,, endess memang mba,. Dh prnh coba,, klo gk ada jamur biasanya pakai kentang n wortel, jamur susah klo gk d pasar mba nita rajin euy

    ReplyDelete
  5. aku bikin martabak tahu ceritanya inovasi miss, gegara yang waktu liat martabak tempe dari resep miss nita nah karena kulitnya beli jadi eh tipis pake 1 lembar malah pecah giliran pake 2 kulit ketebelan udah kek odading wkwkwk *duh aku kok yah minim kreatif klo masak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti bikin lagi kulitnya dabel. Jangan menyerah, haha...

      Delete
  6. Glek... Neguk ludah bacanya :D. Janur itu memang enaaaaak mau diapain aja ya mba.. Sama kayak keju :D. Mbak ku di rumah biasanya suka bikin cemilan martabak, tp slalunya pake daging giling ato ayam.. Aku mau suruh pake jamur ah utk bukaan nanti :D

    ReplyDelete
  7. Aku pernah tuh bikin martabak tahu pake kulit lumpia/martabak gini eh malah berantakan pas digoreng. Nanti mau coba ah pakai jamur dan jagung siapa tau bisa jadi bagus bentuknya. Dicelup ke telur dulu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berantakan biasanya karena kulit kelewat tipis ya atau isinya terlalu banyak.

      Delete
  8. Baru kpikiran nih miss. Biasanya jamur kl gak di saos tiram, digoreng kriuk2 gitu.. boleh lah nih dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang goreng kriuk juga pernah nyoba cuma baru digoreng gitu aja sih :D

      Delete
  9. Wah, boleh-boleh nih dicoba. Keluarga saya suka perkedel jagung. Kali aja ini juga bisa jadi pilihan dalam masak jagung. TFS...

    ReplyDelete
  10. Catet dulu ah resepnya, kapan-kapan cobain. Martabak bisa dibuat bermacam variasi ya, aku biasanya cuma ayam + telur doang hehehe,

    ReplyDelete
  11. Haha iya bener banget makainya 2 lembar biar g tipis banget dan naruhnya agak diratain jangan menggunduk di tengah2 wkwkkw. Tahu aja miss kebiasaan mahmud yg belum pinter masak banget kayak aku ini haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha kan proses belajar jadi Chef keluarga :D

      Delete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P