Resep Puding Nangka Santan

Cara membuat puding dari olahan nangka dan santan. Rekomendasi puding buah untuk cemilan dan hantaran.

 


Apa kabar, teman-teman?


Saya suka banget buah nangka. Biasanya kalau udah musim nangka, selalu saya beli. Entah untuk dicemilin langsung, dimasak kolak untuk disantap dengan ketan, lalu nggak ketinggalan pula untuk dibikin puding.


Teman-teman kalau mau memasak kolak nangka dan ketan, bisa mampir ke link ini ya -) Resep Ketan Kolak Nangka


Dibanding cake, saya memang lebih suka makan puding. Rasanya yang lebih segar, ditambah bikinnya pun jauh lebih gampil, menjadikan saya senang untuk memasak puding dengan beragam olahan, termasuk puding dari olahan buah nangka.


Kemarin itu pas lagi morning walk, bertemulah mata saya dengan sepiring sala lauak, haha... Oh ya, sala lauak ini sejenis gorengan dari olahan ikan teri dan tepung beras. Kalau teman-teman mungkin mau nyoba memasak sala lauak juga, bisa mampir ke link ini aja ya -) Resep Sala Lauak Anti Meledak


Lalu pas lagi ngambil sala lauak, mata saya pun melihat baskom di sebelahnya. Ahaaa... ternyata ada tusukan nangka, haha... Saya hepi banget karena beberapa kali mau nitip sama mama di pasar, nggak ada melulu.


Satu tusuknya ada 4 potong, harganya seribu. Saya belinya 4 tusuk, seharga Rp. 4 ribu. Adanya tinggal segitu, haha... Sampe rumah langsung saya bagi 2, untuk dicemilin dan  dimasak puding.


Biasanya saya bikin puding nangka santan, pake pasta pandan juga. Jadi warna pudingnya hijau cerah. Rasanya di kulkas itu ada stok pasta pandan. Lalu pas mau masak, lah kok nggak ada, haha... Apa habis ya, tapi perasaan baru beli.


Ternyata emak saya, pemirsah, hahahah... Dia bawa itu pasta ke heler (gudang beras tempat ibu saya seharian di sana). Mama emang lagi panen timun, jadi mau bikin es timun pake air gula pandan.


Puding Nangka juga bisa dikasih pasta kuning atau pasta nangka, untuk ngasih warna kuning cerah. Tapi karena nggak ada keduanya, ya udah saya bikin puding nangka tanpa pasta aja. Warnanya jadi lebih pucat ya. Soal rasa ya tetap enak dong, hehe...


Yuk sekarang kita siapkan bahan-bahannya...

 


Cara membuat puding nangka santan, ini dia bahan-bahan yang perlu disiapkan:


200 – 250 gram nangka, buang bijinya, potong dadu

1 bungkus agar-agar Swallow Globe atau sejenisnya

200 ml santan – saya pakai santan instant 65 ml + 135 ml air

8 – 10 sdm gula

1 sdt vanilla cair

600 ml air


 

Note:


Kalau nangkanya kurang manis, gunakan sampe 250 gram aja ya.


Kalau untuk puding, saya biasanya pakai santan instant aja.

 


Lalu ini ya cara memasak puding nangka santan:


Blender nangka dengan air hingga halus.


Campurkan blenderan nangka, bubuk agar-agar, santan, gula masukan 8 sdm dulu aja ya, vanilla cair, dan sisa air. Aduk hingga merata, bubuk agar-agarnya jangan ada yang masih menggumpal ya.


Nyalakan kompor, masak hingga mendidih dengan api sedang.


Cobain dulu ya rasa manisnya.


Tuang puding ke dalam loyang. Tunggu hingga panasnya hilang, kalau mau didinginkan ke dalam kulkas.

 


Teman-teman juga bisa nonton videonya ya...



Puding nangka santan ini enak untuk cemilan sore, maupun untuk bekal ke sekolah dan bekerja. Kalau mau ditambah irisan nangka lagi, tentu akan makin enak.


Mampir juga ya di resep puding tape pandan. Bisa klik link ini aja -) Resep Puding Tape Pandan


Oke, ini dia resep puding nangka santan yang saya buat. Moga bisa jadi rekomendasi cemilan teman-teman ya, terutama yang penyuka puding. Makasih banyak ya udah mampir. 

No comments:

Post a Comment

Hai, temans... Makasih banyak ya udah mampir. Semua komen lewat jalur moderasi dulu ya :D Don't call me "mak" or "bund", coz I'm not emak-emak or bunda-bunda :P