Ikan Goreng Sambal Kecap

Ikan Goreng Sambal Kecap

Apa kabar, teman-teman?

Kalau sebelumnya saya udah nulis 4 Resep Gulai Ikan, kali ini saya mau nulis resep ikan gorengnya ya. Untuk ikan yang saya pilih adalah ikan kue. Kalau teman-teman mau ganti dengan jenis ikan favorit teman-teman juga bisa ya.

Untuk resep gulai ikan ada di link ini ya -> 4 Resep Gulai Ikan

Bahan-bahan dan cara pengolahannya juga simple banget kok. Yuk mari kita siapkan bahan-bahannya...

3 ekor ikan kue, bersihkan
3 sdm kecap manis
3 siung bawang merah, iris

5 buah cabe rawit, iris
1 buah tomat merah kecil, belah empat lalu potong
1 ruas jeruk nipis

Sedikit garam
Secukupnya minyak goreng


Bumbu giling untuk ikan:

1 siung bawang putih besar atau 2 yang kecil
Secukupnya garam


Lalu ini cara masaknya ya...

Lumuri ikan dengan bumbu giling. Penggunaan bawang putih ini untuk menghilangkan rasa amis pada ikan.

Panaskan minyak goreng lalu goreng ikan dengan api kecil, biar garing.

Campurkan bawang merah, cabe rawit, tomat, jeruk nipis, dan garam bersama kecap, lalu aduk. Diamkan kurang lebih 3 menit. Pengunaan kecap disesuaikan aja ya. Mungkin teman-teman mau menambahkan lebih banyak kecap juga bisa. Tinggal diatur aja penggunaan garamnya.

Siram sambal kecap ke atas ikan goreng.


Ikan goreng sambal kecap ini jadinya untuk 3 porsi. Untuk pedasnya level sedang karena menggunakan rawit ijo dan nggak digiling pula kan. Mungkin teman-teman pecinta pedas bisa tukar aja dengan rawit merah, biar makjlebbb pedasnya, haha...


Makasih banyak ya udah mampir dan selamat mencoba.

24 comments:

  1. bumbu gilingnya cmn bawang putih y miss?baru tau bisa jg soalnya aku suka pke sgl macem biar ga amis malahan pke jahe hahaha resep dri ART ini mesti dicoba mudah dan ringkes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ikannya digoreng doang tanpa bumbu, iya pakai jahe dan bumbu kuning juga. Ini bumbu kecap udah resap ke ikannya :D

      Delete
  2. Bumbu gilingnya cuma bw putih garem aja mba? Rasanya akan lbh banyak didapat dr sambel kecapnya mungkin ya..
    Sambel kecap gini enak juga nih dimakan pake telor dadar atau tempe goreng doang. Duuhh kayanya pas nih buat utk bukanpuasa nanti. Ikannya diganti tempe mendoan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau didiamkan sebentar, bumbu kecapnya meresap kan :D Iya sambel kecap buat cocolan pun enak ya :D

      Delete
  3. Ini aku suka banget, tapi kalo anak2ku harus nyuapin takut durinya nancep Mbak. Btw aku jarang kasih jeruk nipis, biasanya nggak punya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau buat anak2 mending ikan potong aja ya. Saya juga lebih suka ikan potong, haha...

      Delete
  4. waa makasih resepnyaaa mba Nita, pas nih buat aku yang gak bisa masak, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gampang kan ya, Kak. Ayuk cobain, Kak :D

      Delete
  5. aih... jadi laper..
    magrib masih lama. :D

    ReplyDelete
  6. Gampiiil... Eksekusi di rumah. Kalau ikannya ga pakai mujair misal bawal bisa ya?

    ReplyDelete
  7. Wah simple ya trnyata cara masaknya. Tp aku sndirian paling nih yg makan, pada ga bgitu suka ikan d rumah, padahal proteinnya tinggi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak 1 aja kalau gitu, Mba. Atau bisa disimpan di kulkas kan :D

      Delete
  8. Resepnya mudah tapi aku belum pernah buat resep ini mba. Biasanya ikan mujair aku goreng kering dan dimakan dengan sambal pedas dan nasi panas. Aih jadi lapar :)

    ReplyDelete
  9. Wahhhh cobaaaa ahhhhh. Mksh bun resepnya 👍

    ReplyDelete
  10. Baca ini aku kangen mama.. Dulu pas msh sekolah, ini ikan mujaer pake sambel kecap sering banget dimasakin.. Digoreng kering luarnya.. Tp dagingnya masih lembut.. Enak ya mbaaa.. Di pasar deket rumh susah nyari mujaer.. Makanya g pernah masak ini mba ART ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau apinya pelan, walau garing tapi dalamnya tetap lembut :D Tukar ikan yg lain aja mba :D

      Delete
  11. Paling menderita klau ngunjungi blog ini pas puasa, ,, 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jerman puasa lama juga apalagi ya :D

      Delete
  12. wiii gampilnya resep ini. Pengen coba ah di rumah. Selama ini bosen juga makan ikan goreng+sambel terasi doang. TFS ya mbak

    ReplyDelete

Makasih banyak ya teman-teman udah meluangkan waktu untuk mampir. Semua komen akan melewati jalur sensor dulu yaaa...

BTW don't call me "Mak" or "Bunda" cause I'm not Emak-Emak or Bunda-Bunda :P